Manfaat Pisang Bagi Kesehatan dan Pengobatan Penyakit

12 Jul 2021 14:41 1457 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Dan Pengobatan Penyakit

Manfaat dan khasiat pisang bagi manusia sudah tidak diragukan lagi, inilah yang menjadi penyebab pohon pisang menjadi salah satu tanaman buah yang disebut-sebut sebagai tanaman buah primadona di Indonesia. Dimana hampir di setiap pelosok daerah terdapat berbagai jenis buah pisang. Bahkan di pinggir ladang atau di setiap kebun terdapat setidaknya 1 rumpun pohon pisang. Buah yang satu ini memang memiliki sifat yang multi guna, berbagai jenis makanan dan minuman sari buah menggunakan buah yang satu ini sebagai bahan dasar pengolahan ataupun hanya sebagai pendamping saja.

Mengenal Kandungan Gizi Buah Pisang

Buah pisang adalah salah satu jenis buah yang terbanyak dikonsumsi di seluruh dunia untuk alasan yang baik. Buah dibungkus kulit berwarna kuning ini memiliki bentuk melengkung yang mengandung segudang gizi dalam jumlah yang sangat besar. Pisang tumbuh dengan subur di sekitar 107 negara dan menempati peringkat keempat diantara dunia tanaman pangan yang dapat dinilai secara moneter.

Manfaat kesehatan yang bisa dikumpulkan dari anda rutin mengkonsumsi buah pisang adalah salah satunya yaitu untuk menurunkan risiko terserang kanker, asma, menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan kesehatan jantung. Adapun rincian gizi pisang yang berukuran sedang yaitu sekitar 126 gram dianggap satu porsi mengandung rata-rata 110 kalori, 30 gram karbohidrat dan 1 gram protein. Di samping itu buah pisang menyediakan berbagai vitamin dan mineral antara lain sebagai berikut :

Vitamin B6 sebesar 0,5 mg

Mangan sebesar 0,3 mg

Vitamin C sebesar 9 mg

Kalium sebesar 450 mg

Serat rata-rata sebesar 3 g

Protein rata-rata sebesar 1 g

Magnesium sebesar 34 mg

Folat rata-rata 25 mcg

Riboflavin rata-rata 0,1 mg

Niacin sebesar 0,8 mg

Vitamin A sebesar 81 IU

Besi rata-rata sebesar 0,3 mg

Adapun asupan pisang yang direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin oleh orang dewasa adalah 4700 mg per hari.

Manfaat Dari Buah Pisang

Pisang merupakan salah satu buah tropis berkalori tinggi dimana 100 gram dagingnya mengandung 90 kalori. Di samping itu juga mengandung serat yang bagus untuk kebugaran dan kesehatan tubuh yang menguntungkan bagi si pengkonsumsi karena di dalamnya juga ada kandungan antioksidan, mineral dan vitamin dalam jumlah yang seimbang.

Buah pisang terdiri dari daging berwarna kuning keputihan yang lembut dan sangat mudah dicerna terdiri dari gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa sehingga ketika anda mengkonsumsinya secara langsung akan mengisi energi untuk merevitalisasi tubuh. Jadi untuk kondisi ini diwajibkan untuk makan satu buah pisang setiap hari khususnya bagi para atlet guna mendapatkan energi instan. Ini juga bisa merupakan salah satu makanan suplemen yang direkomendasikan termasuk ke dalam rencana perawatan untuk anak-anak kurang gizi.

Buah pisang mempunyai sejumlah serat makanan yang mudah larut di dalam tubuh yaitu sekitar 7 persen DRA per 100 gram yang membantu dalam buang air besar lebih teratur sehingga mengurangi masalah sembelit.

Pisang mengandung banyak antioksidan polifenolik flavonoid seperti lutein, zeaxanthin, alfa, dan beta-karoten, meskipun masing-masing dalam jumlah kecil. Bersama-sama, senyawa ini akan membantu bertindak sebagai pelindung terhadap radikal bebas yang diturunkan dari oksigen dan spesies oksigen reaktif / ROS memegang peranan penting dalam menangkal penuaan dini pada wanita dan berbagai serangan penyakit.

Pisang adalah menjadi sumber vitamin B6 yang baik bersifat pyridoxine, menyediakan sekitar 28% tunjangan kesehatan harian yang direkomendasikan. Pyridoxine adalah vitamin B kompleks yang sangat penting memegang peranan besar dalam sistem pengobatan neuritis dan anemia. Selanjutnya ini akan membantu menurunkan homosistein yang menjadi salah satu faktor pemicu penyakit arteri koroner / PJK dan episode stroke di dalam tubuh manusia.

Pisang segar adalah sumber potasium yang sangat kaya akan kandungan potassium yaitu setiap 100 g buah akan memberikan sekitar 358 mg potassium. Kalium merupakan komponen penting cairan sel dan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah serta melawan efek berbahaya dari sodium.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Dan Pengobatan Penyakit’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel