Manfaat Sari Buah Merah

8 Jul 2021 16:20 2851 Hits 3 Comments Approved by Plimbi

Manfaat Sari Buah Merah 

Tomat, stroberi, apel, semangka dan bit merupakan buah-buahan yang memiliki warna merah dan tentunya sangat sering anda jumpai di pasar-pasar tradisional hingga supermarket. Tetapi ada salah satu buah-buahan berwarna merah yang mungkin sangat jarang anda lihat yaitu namanya adalah buah merah. Dari namanya saja anda sudah bisa menebak bahwa buah yang satu ini pastilah berwarna merah. Tetapi anda belum terlalu mengetahui bagaimana karakteristik dari buah yang satu ini.

Buah merah merupakan sejenis tanaman buah yang banyak tumbuh subur di daerah Pegunungan Jayawijaya di Papua. Buah merah ini memiliki nama latin pandanus conoideus karena bentuknya yang tergolong ke dalam tanaman pandan-pandanan. Memiliki panjang buah bisa mencapai ukuran 55 cm dengan diameter sekitar 10 sampai dengan 15 cm dan berat hingga mencapai 2 sampai dengan 3 kg, buah ini akan mempunyai warna yang semakin merah ketika sudah matang di pohon. Buah merah kerap disajikan untuk makanan dan mencampur minuman pada saat ada pesta adat oleh masyarakat di daerah Wamena.

Masing-masing buah-buahan dikonsumsi karena di dalamnya mengandung banyak khasiat. Tidak kalah dengan buah-buahan yang lainnya, buah merah mengandung manfaat dan khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh beserta organ-organnya. Dimana buah merah ini pada umumnya dikonsumsi dengan cara diminum sarinya yang menyerupai minyak. Nah berikut ini adalah beberapa manfaat sari buah merah antara lain sebagai berikut :

1/ Sebagai senjata pembunuh kanker

Seperti diketahui bahwa kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan tetapi bisa disembuhkan. Kandungan tokoferol dan betakaroten di dalam buah merah sangat bagus diberikan kepada para penderita penyakit kanker. Senyawa-senyawa tersebut adalah antioksidan yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

2/ Menurunkan tekanan darah tinggi

Apabila anda memiliki penyakit darah tinggi, maka anda disarankan untuk rutin mengkonsumsi sari buah merah. Sari buah merah ini ampuh buat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara memperlancar aliran darah dan mencegah penumpukan flek pada aliran darah arteri.

3/ Meningkatkan stamina bagi para lelaki

Buah merah saat ini sedang diteliti oleh salah seorang dosen dari Universitas Cendrawasih yaitu Bapak Drs. I Made Budi M.Sc. dimana beliau memfokus mengamati penduduk Wamena yang suka mengkonsumsi buah merah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa banyak dari masyarakat Wamena khususnya para lelaki mempunyai tubuh kekar, stamina yang tinggi dan bebas dari penyakit degeneratif meskipun mereka dalam kondisi serba terbuka seperti berbusana minim dan hidup di lingkungan alam yang mengalami perubahan ekstrim. Ini menjadi bukti bahwa sari buah merah sangat berkhasiat untuk meningkatkan stamina tubuh khususnya bagi para lelaki yang ingin tetap kuat, sehat dan bugar.

4/ Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh

Apakah anda adalah penyuka makanan berlemak yang mengandung kadar kolesterol tinggi ? Jangan anggap hal ini terdengar sepele, dimana kadar kolesterol jahat atau lemak jenuh yang melebihi level normal akan menyebabkan terjadinya penipisan pembuluh darah di bagian jantung, otak, dan ginjal. Sari buah merah dapat menangkal kolesterol jahat / LDL dan meningkatkan kolesterol baik / HDL dalam darah.

5/ Mengobati asam urat

Penyakit asam urat muncul karena kondisi hati yang buruk yaitu memproduksi asam urat secara berlebihan. Pada akhirnya, asam urat tertutup oleh batu ginjal dan terbawa hingga ke ujung-ujung jari dan kaki tangan. Ini pada umumnya akan memicu munculnya rasa nyeri, ngilu, linu, kesemutan, bahkan sampai bengkak pada bagian persendian. Buah yang dijuluki buah kuansa oleh masyarakat Wamena ini ampuh untuk mengobati penyakit asam urat kronis dengan cara mengencerkan darah dan memulihkan sistem kerja hati dengan normal.

6/ Mengobati penyakit diabetes mellitus

Penyakit diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit yang muncul karena disebabkan oleh meningkatnya kadar gula darah di dalam tubuh sehingga tubuh tkurang mampu menghasilkan insulin yang berfungsi untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. Proses pemulihan diabetes mellitus bisa dibantu dengan rutin mengkonsumsi sari buah merah karena di dalamnya mengandung zat tokoferol yang bagus untuk meningkatkan sistem kerja pankreas dalam pembuatan insulin menjadi lebih maksimal.

7/ Mencegah penyakit mata

Apakah anda mempunyai masalah seperti pandangan mata mulai kabur dan agak buruk saat melihat ? Sari buah merah menjadi salah satu solusi sama seperti khasiat yang tersimpan dalam sayur wortel, sari buah merah banyak mengandung zat betakaroten yang berkhasiat untuk mencegah penyakit mata.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Manfaat Sari Buah Merah’ yang dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga memberikan manfaat bagi para pembaca.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel