Manfaat Vitamin A bagi Kesehatan

8 Jul 2021 12:25 2880 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan

 

Beberapa sumber gizi di Bumi umumnya terlihat hanya terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral saja. Adapun vitamin yang larut dalam air terdiri dari dua jenis yaitu vitamin B kompleks dan vitamin C. Sedangkan vitamin larut dalam lemak / minyak adalah vitamin A, D, E, dan juga vitamin K.

Dalam kesempatan ini kami akan membahas mengenai manfaat salah satu vitamin tersebut di atas yaitu vitamin A dimana belum ada banyak orang yang mengerti betul manfaat dari vitamin A. Vitamin A sebagai vitamin larut lemak / minyak identik terdapat dalam sayur wortel dan bahan-bahan pangan lainnya yang memiliki warna merah. Juga vitamin A sangat mudah ditemukan dalam bahan pangan yang lainnya karena vitamin yang satu ini mempunyai sifat aktif.

Dikenal ada bermacam-macam bentuk yang dimiliki oleh vitamin A yang semua bersifat aktif antara lain retinol, retinal, asam retinoat, dan ester retinil. Untuk lebih jelasnya tentang manfaat dari vitamin A maka sebelumnya anda perlu mengetahui tentang karakteristik dari vitamin yang larut dalam lemak / vitamin tersebut.

Mengenal Karakteristik Dari Vitamin A

Sangat penting mengetahui vitamin apa saja larut dalam lemak / minyak karena menjadi tepat dalam pengolahan dan konsumsi. Menjadi tidak akan bermanfaat saat vitamin A diolah dengan cara-cara yang salah dan akan menyebabkan hilangnya seluruh gizi yang terkandung di dalamnya. Maka dari itu perlu melihat dengan seksama seperti apa karakteristik dari vitamin A tersebut.

1/ Vitamin A adalah sebagai vitamin yang memiliki sifat-sifat aktif dan stabil dalam suhu tinggi, keadaan asam, dan kondisi basa.

2/ Vitamin A meskipun terbilang stabil tetapi juga memiliki sifat kurang sempurna karena akan menjadi labil dalam suhu yang terlalu tinggi bercampur dengan udara, terkena sinar, serta bercampur dengan lemak berbau tengik.

3/ Vitamin A yang banyak dan mudah ditemukan di alam adalah vitamin A dalam bentuk karoten yang meliputi alfa-karoten, beta-karoten, dan gamma-karoten.

Sumber Vitamin A Di Dalam Bahan Pangan

Sayur-sayuran segar banyak mengandung vitamin A meliputi wortel, labu, ubi jalar, dan tomat mempunyai kandungan lebih tinggi jika dibandingkan dengan sayuran jenis lainnya. Jangan salah dalam memahami sayuran bervitamin A harus berwarna merah dimana ada juga sayuran lainnya yang memiliki warna hijau tua dan kuning tua mengandung vitamin A dalam bentuk karoten yang lebih tinggi.

Buah-buahan segar yang bervitamin A meliputi pepaya, buah naga merah, dan buah-buahan berwarna merah mempunyai kandungan vitamin A dalam jumlah yang cukup tinggi.

Sedangkan pangan hewani yang mengandung vitamin A dalam jumlah besar adalah meliputi keju, kuning telur, susu, hati dan ikan.

Beberapa Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan

Sebagai antioksidan yaitu pertahanan terhadap kesehatan tubuh anda

Zat karoten di dalam bentuk beta-karoten memegang peranan penting sebagai fungsi antioksidan alami dari vitamin A. Dengan mengkonsumsi antioksidan dalam bentuk beta-karoten akan menjadikan kesehatan tubuh selalu terjaga kebugarannya. Anda tidak akan mudah terserang oleh penyakit karena antioksidan mampu menjadi penahan dari serangan berbagai jenis penyakit. Tubuh yang cukup mempunyai antioksidan tidak akan mudah mengalami sakit. Meskipun aktivitas anda sesibuk apa pun di dalam dan di luar rumah tetapi saat asupan antioksidan sudah terpenuhi maka tidak perlu khawatir tubuh akan menjadi drop.

Membantu menambah jumlah antibodi

Tubuh mempunyai sistem imun yang berfungsi untuk mengoptimalkan sistem pertahanan kesehatan. Peran antibodi di sini adalah untuk dapat meningkatkan pertahanan sistem imun tubuh. Semua ini bisa diperoleh dengan cara mengkonsumsi vitamin A secara rutin.

Mata anda menjadi sehat dan cemerlang

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel ini bahwa bentuk vitamin A ada dalam kondisi retinol. Peranan retinol dalam hubungannya dengan bahan pangan akan mampu menyehatkan indra penglihatan anda. Jika rutin dikonsumsi dalam takaran yang tepat akan menjadikan anda memiliki sepasang mata cantik terlihat lebih cemerlang.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel berjudul ‘Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan’ yang dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel