Kuliner Khas Surabaya yang Legendaris dan Murah Meriah

7 Jul 2021 11:33 1388 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Kuliner Khas Surabaya Yang Legendaris Dan Murah Meriah 

Kuliner khas Surabaya memang banyak sekali jenisnya namun melalui artikel ini kami hanya akan membahas tentang kuliner khas Surabaya yang legendaries dan murah meriah.

Apabila anda berencana akan berlibur ke Surabaya dalam waktu dekat ini ada satu hal yang tidak boleh terlewatkan ketika anda berlibur di wilayah Jawa Timur ini yaitu wisata kulinernya. Kali ini kami akan memberikan rekomendasi kuliner yang wajib anda coba ketika berkunjung ke kota pahlawan ini.

1/ Lontong Balap Pak Gendut Surabaya

Kuliner khas Surabaya yang satu ini memang sangat diidentikkan dengan kondisi Kota Surabaya yaitu lontong balap. Merupakan salah satu kuliner legendaris pilihan yang terdiri dari campuran lontong, tahu, dan toge yang disiram dengan bumbu petis khas Surabaya sudah menjadi kuliner wajib dicoba sejak dulu. Ada satu tempat lontong balap yang sudah melegenda di Surabaya yaitu tempat ini adalah Lontong Balap Pak Gendut. Cita rasa dari lontong balap yang dijual di sini adalah sangat enak sekali sehingga membuat para pelanggan yang berkunjung ke sini akan merasa ketagihan apalagi ditambah sate kerang sebagai pelengkapnya.

Alamat : Jalan Prof. Dr. Moestopo 11 Surabaya

Jam buka : setiap hari dari 09.00 s/d 21.00

Kisaran harga : Rp. 30.000 s/d 40.000 (rata-rata untuk 2 orang)

2/ Pecel Semanggi Taman Bungkul

Kuliner khas Surabaya legendaris kedua yang wajib untuk anda coba adalah Pecel Semanggi Taman Bungkul. Sebenarnya kata semanggi berasal dari salah satu makanan khas Jawa Timur dimana tidak hanya di Surabaya saja, sajian ini bisa dengan mudah ditemukan di kota-kota seputaran Jawa Timur lainnya seperti di Kediri dan Banyuwangi. Yang menonjol dank has dari semanggi Surabaya ini adalah bumbunya yang khas. Apabila pecel pada umumnya berbahan dasar kacang maka bumbu semanggi Surabaya menggunakan bahan dasar telo alias ubi jalar. Di samping itu pecel semanggi disuguhkan dengan taburan taoge dan kerupuk puli yang terbuat dari sisa nasi. Penjual pecel semanggi banyak dijumpai di sekitar Taman Bungkul yaitu biasa dijajakan oleh para ibu-ibu.

Alamat : Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo, Surabaya

Jam buka : setiap hari antara jam 06.00 s/d 20.00

Kisaran harga : Rp. 20.000 s/d 30.000 (rata-rata untuk 2 orang)

3/ Rawon Kalkulator

Merupakan salah satu kuliner khas Surabaya yang dengan mudah anda jumpai di setiap sudut kota pahlawan ini yaitu rawon. Salah satu rawon yang cukup terkenal di Surabaya adalah Rawon Kalkulator. Rawon jenis ini memiliki kuah yang berwarna cokelat kehitaman yang dihasilkan dari kluwek, sama seperti rawon lainnya. Namun yang membuatnya menonjol diantara rawon jenis yang lainnya adalah potongan daging berukuran lebih besar dengan porsi nasi yang besar juga. Untuk cita rasa kuah yang kental, tak usah ditanya lagi, sangat lezat. Rawon Kalkulator terletak di jajaran warung-warung makan Sedap Malam di Taman Bungkul. Nama kalkulator diberikan hanya untuk menunjukkan ketangkasan para penjualnya dalam menghitung berapa uang yang harus dibayar oleh pengunjung yang makan dalam porsi banyak.

Alamat : Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo, Surabaya

Jam buka : setiap hari jam 11.00 s/d 03.00

Kisaran harga : Rp. 30.000 s/d 50.000 (rata-rata untuk 2 orang)

4/ Soto Cak Har

Kuliner khas kota Surabaya yang satu ini wajib untuk anda coba ketika kebetulan sedang berkunjung ke Kota Surabaya yaitu namanya adalah Soto Cak Har. Kuliner yang satu ini sebenarnya adalah sejenis Soto Lamongan dimana yang menjadikannya khas adalah rasa kuah soto yang gurih kental yang ditaburi ebi. Rumah makan yang satu ini tidak pernah sepi dari para pengunjung setiap harinya. Di sini anda akan diberikan banyak pilihan untuk bisa disantap bersama dengan teman-teman atau keluarga seperti ceker ayam, jeroan ayam, dan brutu. Silahkan coba sendiri, dijamin anda tidak akan pernah menyesal.

Alamat : Jalan DR. Ir. H. Soekarno (MERR) Surabaya

Jam buka : setiap hari antara pukul 06.00 s/d 23.00

Kisaran harga : Rp. 30.000 s/d 50.000 (rata-rata untuk 2 orang saja)

5/ Bebek Tugu Pahlawan

Kuliner legendaris yang terakhir khas Surabaya yang cita rasanya tidak perlu diragukan lagi dan sudah tidak asing lagi terkenalnya se-Kota Surabaya adalah Bebek Tugu Pahlawan yaitu bebek goreng dengan bumbu lezat yang meresap hingga ke daging dan tulang kremesnya. Meskipun ada banyak sekali tempat makan bebek goreng di Surabaya, namun ada satu tempat yang selalu ramai dikunjungi yaitu warung tenda yang berada tepat di depan Tugu Pahlawan. Bebek Tugu Pahlawan menawarkan bebek goreng dengan ukuran yang cukup bervariasi yakni paha biasa, paha super, dada super, dan protolan. Bebek gorengnya sangat pas, dagingnya empuk, kulitnya garing, dan tidak amis. Bumbunya meresap hingga ke dalam, gurih dan biasanya disajikan dengan nasi panas, taburan serundeng, sambal pedas, dan tentu saja lalapan. Wajib dicoba.

Alamat : Jalan Tembaan No 17 (Depan BCA Pahlawan), Surabaya

Jam buka : setiap hari jam 18.00 s/d 00.00

Kisaran harga : Rp. 40.000 s/d 50.000 (rata-rata untuk 2 orang)

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Kuliner Khas Surabaya Yang Legendaris Dan Murah Meriah’ dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga ada manfaat bagi para pembaca.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel