Burger Vegetarian Semakin Mudah Dicari

5 Jul 2021 17:50 1136 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Burger Vegetarian Semakin Mudah Dicari

Tren gaya hidup kekinian yang mengikuti pola makan berbasis nabati rupanya sempat menarik perhatian jaringan restoran cepat saji yaitu Burger King. Signature Burger yang dikelola oleh Burger King yakni Whopper hadir dalam versi plant-based yaitu sejak tanggal 7 Mei 2021 lalu, Whopper tanpa daging yang lezat bermunculan di semua restoran Burger King di area Jabodetabek. Pada pertengahan bulan depan, menu ini akan tersedia secara nasional di seluruh gerai Burger King sebanyak 175 gerai. Sebelumnya plant-based Whopper bekerjasama dengan The Vegetarian Butcher (Unilever) yang menjadikannya semakin sukses dan pertama kali diluncurkan di negara Barat.

Apabila dilihat dari penampilannya maka plant-based Whopper ini tidak berbeda dengan Whopper biasa. Bedanya terletak pada patty berbahan dasar kedelai yang digunakan dengan sisanya memakai teknik masak dan bahan-bahan yang sama. Apabila tidak mengkonsumsi telur, maka anda bisa meminta untuk meniadakannya dari serangkaian item yang harus tersedia.

Adalah Vaibhav Punj, CEO Burger King Indonesia menjelaskan bahwa menu ini tidak ditujukan bagi segmen pelanggan tertentu saja namun dihadirkan bagi seluruh pelanggan. Hal ini dilakukan setelah melihat tren para konsumen dan tanggapan-tanggapan para pelanggan untuk dijadikan sebagai bahan pemahaman bahwa mereka menginginkan opsi menu berbasis nabati.

Cara Membuat Burger Vegetarian

Burger vegetarian bisa dibuat dari bahan kacang-kacangan, beras, kedelai, jamur, dan bahan lainnya yang bisa dengan mudah dibentuk menjadi lempengan dan dipanggang atau digoreng. Beberapa orang lebih suka burger vegetarian yang rasanya mirip dengan burger daging sapi, sementara yang lainnya menyukai rasa kacang-kacangan dan sayuran yang segar karena kualitasnya yang unik.

Bereksperimenlah dengan tiga jenis burger vegetarian sederhana ini untuk menemukan jenis burger favorit anda seperti burger kacang kedelai hitam, burger lentil, dan burger tempe.

Bahan Membuat Burger Kacang Kedelai Hitam

2 cangkir kacang hitam yang sudah dimasak (1 cangkir = 240 ml)

2 sendok makan minyak zaitun

½ cangkir bawang bombay

1 siung bawang putih

1 cangkir jamur cincang

½ cangkir paprika hijau cincang

1 sendok makan kecap manis

1 sendok makan mayones

1 sendok makan kecap asin

2 sendok teh bumbu steik

½ sdt garam

1 cangkir remah-remah roti

½ cangkir nasi

 

Cara Memasak Burger Kacang Kedelai Hitam

1/ Panaskan sesendok makan minyak zaitun dalam wajan. Lalu tempatkan wajan di atas api sedang dan panaskan minyak sampai mulai mendidih pelan-pelan.

2/ Tambahkan irisan bawang bombay dan paprika hijau ke dalam wajan. Tumis bawang bombay, paprika hijau dan tambahkan cabai, aduk sesekali hingga bahan melunak. Ini akan membutuhkan waktu sekitar 5 menit.

3/ Tambahkan irisan jamur ke dalam wajan. Tumis jamur dengan sisa irisan bawang bombay dan sedikit irisan bawang putih lalu masak sekitar 3 menit sampai jamur lunak dan telah mengeluarkan cairannya.

4/ Masukkan sisa bawang putih dan selama satu menit dimasak, jika anda menambahkan bawang putih terlalu cepat, bawang akan mudah menjadi gosong, maka dari itu bawang putih hanya perlu dimasak selama semenit setelah sayuran matang.

5/ Matikan api kompor. Setelah semua sayuran dimasak sisa bahan-bahan lainnya akan dicampur dalam alat pengolah makanan / food processor.

6/ Pindahkan campuran ke dalam alat pengolah makanan. Hati-hati karena isi wajan masih panas.

7/ Tambahkan sisa bahan. Masukkan kacang hitam, kecap, mayones, Tambahkan sisa bahan. Masukkan kacang hitam, kecap manis, mayones, kecap asin, remah-remah roti, beras dan rempah-rempah lainnya ke dalam alat.

8/ Tambahkan sisa bahan seperti kacang hitam, kecap manis, mayones, kecap asin, remah-remah roti dan rempah lainnya ke dalam alat.

9/ Haluskan sekali lagi campuran hingga menjadi benar-benar hancur dan kasar. Cukup hanya beberapa kali putaran saja, jangan terlalu lama. Jika anda ingin teksturnya menyerupai daging sapi giling, jadi berhati-hatilah untuk tidak menghaluskan campuran terlalu lama karena bisa menghasilkan adonan yang encer.

10/ Selanjutnya membentuk campuran menjadi lempengan berukuran sedang. Gunakan sendok untuk mencampur dan membentuknya menjadi lempengan seukuran telapak tangan memakai tangan anda. Buat lempengan cukup besar agar pas di roti hamburger standar.

11/ Panaskan sisa minyak dalam wajan. Biarkan minyak mendidih pelan-pelan sebagai pertanda sudah cukup panas, selanjutnya minyak sudah siap dipakai.

12/ Goreng lempengan dengan memasukkan satu per satu le dalam wajan dan digoreng setiap tiga menit atau sampai bagian luarnya menjadi berwarna cokelat dan renyah.

13/ Sajikan burger vegetarian. Lempengan ini cukup lezat dinikmati di dalam belahan roti hamburger dengan semua bahan-bahan pelengkap burger pada umumnya seperti saos tomat, moster, acar, selada dan tomat.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul ‘Burger Vegetarian Semakin Mudah Dicari’ dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel