Manfaat Bayam yang Banyak Orang Belum Ketahui

29 Jun 2021 16:30 1478 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Manfaat Bayam

Bayam memiliki banyak manfaat yang sangat penting bagi pertumbuhan anak-anak pada umumnya, ibu-ibu hamil, dan bagi semua orang dengan segala usia. Bayam merupakan salah satu sayuran yang menjadi favorit bagi keluarga di Indonesia.

Sayur bayam sangat mudah dijumpai pada pasar-pasar tradisional dimana untuk memasaknya juga tidak sulit. Menu bayam rumahan biasanya di tumis dengan beberapa tambahan bahan-bahan lain seperti jagung dimana membuat tumisan bayam bervariasi dan sekaligus bisa mendapatkan manfaat dari beragam sayuran yang dimasak dalam satu menu.

Sayuran yang dicampur dengan bayam tersebut di atas dapat dikreasikan dengan daging ayam menjadi nugget sayuran. Menu seperti ini biasanya sangat disukai oleh anak-anak dengan kandungan gizi bayam ternyata memang baik untuk tubuh.

Kandungan Di Dalam Sayur Bayam

Bayam adalah salah satu bahan makanan yang padat nutrisi, inilah yang menjadikannya tak kalah dari sayuran yang lainnya seperti pada manfaat sayur kangkung, kacang panjang atau pun manfaat wortel. Pada seikat sayur bayam terdapat kandungan kalori, zat besi, vitamin B, vitamin A, vitamin E, magnesium, kalium, asam folat, kalsium, dan masih banyak nutrisi penting yang lainnya.

Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat dan khasiat bayam sudah terlihat dari beragam kandungan gizi yang sangat tinggi di dalamnya dimana manfaat bayam sangat banyak dan bagus bagu tubuh terlebih lagi untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Beberapa manfaat bayam antara lain sebagai berikut :

1/ Penting untuk menjaga kesehatan mata.

Sayur bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat tinggi kandungan vitamin A dimana anda ketahui bahwa vitamin ini sangat penting bagi kesehatan mata agar penglihatan tetap optimal.

2/ Menjaga kesehatan tulang.

Vitamin K yang terkandung di dalam sayur bayam membantu kelancaran penyerapan zat kalsium untuk kesehatan dan kekuatan tulang. Untuk orang-orang yang sudah lanjut usia sangat rentan terserang penyakit osteoporosis, maka dari itu sangat penting mengkonsumsi bayam terutama terhadap anak-anak yang sedang tumbuh kembang. Seimbangkan juga dengan rutin mengkonsumsi susu untuk keseimbangan jumlah kalsium di dalam tubuh yang penting bagi pembentukan tulang.

3/ Menjaga kesehatan jantung.

Plak kolesterol di dalam pembuluh darah arteri akan meningkatkan resiko penyakit jantung menyerang seseorang. Antioksidan pada bayam mencegah menumpuknya kolesterol dan juga mampu mengontrol tekanan darah yang menjauhkan anda dari serangan penyakit jantung disertai hipertensi alias stroke.

4/ Mencegah kanker.

Manfaat bayam yang keempat adalah mencegah kanker. Dimana seperti diketahui bahwa bayam banyak mengandung flavonoid yang mampu meredam infeksi pada tubuh yang menyebabkan munculnya sakit kanker. Beberapa diantaranya kanker ovarium, kanker paru-paru, dan kanker kolon. Di samping itu beberapa penelitian juga menjelaskan bahwa sayur bayam dipercaya ampuh mengurangi resiko kanker kulit.

5/ Pencegahan terjadinya penuaan dini pada wanita.

Vitamin A dan kandungan anti oksidan yang terdapat di dalam sayur bayam sangat membantu untuk mencegah dan mengatasi penuaan dini yang disebabkan oleh adanya radikal bebas di luar rumah.

6/ Melancarkan pencernaan.

Sayur bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang sangat tinggi kandungan seratnya dimana hal ini memiliki dampak bagus terhadap kesehatan pencernaan di dalam tubuh manusia. Jika anda mengalami masalah BAB atau pencernaan lainnya yang buruk maka disarankan untuk rutin mengkonsumsi bayam sebagai menu harian anda.

7/ Bagus untuk anemia.

Bayam diketahui banyak mengandung zat besi yang sangat baik untuk memproduksi sel-sel darah merah yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kekurangan darah merah atau yang lebih dikenal dengan istilah anemia disarankan untuk dari sekarang memulai mengkonsumsi sayur bayam dengan rutin agar terbebas dari anemia.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Manfaat Bayam’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga berguna bagi para pembaca.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel