Manfaat Sirsak Bagi Kesehatan

1 Jul 2021 16:15 1700 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Manfaat Sirsak Bagi Kesehatan

Manfaat dan khasiat buah sirsak untuk tubuh anda sangat banyak sekali, dimana diketahui bahwa sirsak menyimpan beberapa manfaat seperti yang menonjol adalah mengatasi rasa sembelit hingga pencegahan munculnya penyakit kanker yang ganas sekalipun.

Sekilas tentang buah sirsak yaitu buahnya terdiri dari 68 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 9 persen biji buah dan 4 persen inti buah yang banyak mengandung karbohidrat.

Buah sirsak di Indonesia memiliki nama berbeda-beda di berbagai daerah yaitu di Jawa dikenal dengan nama buah nangka landa atau nangka walanda, di daerah Sunda dikenal dengan nama sirsak sedangkan di Madura dipangil dengan nama nangka buris. Panggilan sirsak di Bali adalah srikaya sedangkan di daerah Aceh disebut dengan nama populer yaitu boh lona. Panggilan unik berasal dari Nias yaitu durio ulondro. Sedangkan di Minangkabau disebut durian betawi, serta jambu landa di Lampung. Semoga tidak membingungkan karena meskipun beda penyebutannya namun manfaat sirsak sangatlah banyak.

Mengenal Beberapa Manfaat Sirsak

Manfaat sirsak untuk menjaga kesehatan tubuh sangat banyak, sirsak telah dipercaya puluhan tahun difungsikan untuk mengobati berbagai penyakit sekaligus mencegah terjadinya penyakit berbahaya yang bisa menyerang tubuh manusia. Berikut beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan tubuh manusia antara lain sebagai berikut :

1/ Mencegah dan mengobati kanker.

Seperti halnya terhadap manfaat manggis yang cukup ampuh sebagai anti-kanker, sirsak bisa mencegah dan mengobati kanker atau tumor. Sirsak dipercaya mempunyai zat antioksidan yang ampuh buat mencegah terjadinya serangan kanker, sedangkan daun sirsak dipercaya dapat mengobati kanker akut yang terlanjur menyerang tubuh.

2/ Meningkatkan daya tahan tubuh dan menunda proses penuaan dini.

Buah sirsak mempunyai kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga bisa membantu menjaga daya tahan tubuh dan menunda proses penuaan dini pada wanita.

3/ Mengatasi rasa sembelit.

Kandungan serat tinggi di dalam buah sirsak bisa menunjang dan memperlancar pencernaan serta menghilangkan rasa sembelit.

4/ Mengobati sakit ambien.

Buah sirsak ampuh buat mengobati sakit ambien yaitu dengan minum sari buah sirsak yang sudah tersedia di mall-mall tinggal anda beli dengan takaran satu gelas lalu minum minimal satu kali sehari atau bisa membuat sendiri dengan air putih, madu, dan buah sirsak yang sudah sangat matang.

5/ Mengobati penyakit liver pada tubuh.

Buah sirsak dapat digunakan untuk mengobati penyakit liver. Penggunaannya adalah dengan meminum juice sirsak sebagai pengganti minuman kira-kira dalam waktu seminggu dengan rutin.

Dengan konsumsi buah sirsak akan menambah daya tahan tubuh dan kesehatan anda, konsumsilah buah ini dengan rutin karena akan memberikan banyak manfaat kesehatan di samping itu imbangi dengan memanfaatkan air putih, kunyit, dan memanfaatkan buah-buahan segar lainnya guna menjaga kesehatan karena manfaat kesehatan anda sangat berharga.

Penelitian Tentang Manfaat Buah Sirsak

Penelitian yang sudah dilakukan terhadap buah sirsak sangat mendukung potensi manfaat sirsak sebagai obat untuk berbagai serangan penyakit. Dalam studi yang diterbitkan oleh Journal of Ethnopharmacology menjelaskan bahwa ekstrak sirsak ampuh untuk menghambat pertumbuhan virus Herpes. Di samping itu, Pusat Kanker merangkum beberapa temuan yang menunjukkan bahwa ekstrak sirsak bisa membantu memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker atau membuat mereka lebih rentan terhadap obat anti kanker.

Contohnya adalah dalam sebuah penelitian yang diterbitkan sekitar tahun 2020 lalu dalam Journal of Medicinal Chemistry menjelaskan bahwa senyawa dari buah sirsak diuji terhadap sel-sel kanker payudara dan ditemukan hingga 250 kali lebih efektif dalam membunuh sel-sel dari beberapa obat kemoterapi. Studi di laboratorium terhadap buah sirsak sangat mendukung berbagai potensi ini tetapi penelitian dengan subyek pada manusia membutuhkan untuk pengkonfirmasian potensi manfaat buah sirsak ini.

Kandungan Gizi Yang Ada Dalam Sebutir Sirsak

Bukan hanya gizi dan vitamin saja, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen lain yang sifatnya non gizi. Salah satu diantaranya adalah banyak mengandung serat dietary fiber / serat pangan yaitu mencapai ukuran 3,3 g / 100 g daging sirsak.

Buah yang satu ini juga sangat kaya akan kandungan senyawa fitokimia dimana kandungan senyawa ini sudah dapat dipastikan menjadikan buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Apabila anda mengkonsumsi 100 g daging buah sirsak maka anda sudah memenuhi 13 persen kebutuhan serat pangan sehari-hari, maka dari itu jangan ragu lagi untuk memulai mengkonsumsi buah sirsak sekarang karena manfaat yang akan dikumpulkan sangat besar.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Manfaat Sirsak Bagi Kesehatan’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca artikel ini.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel