Sehat dengan Mengkonsumsi daun Mangga

29 Jun 2021 15:25 929 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Sehat Dengan Mengkonsumsi Daun Mangga

Banyak yang belum mengetahui manfaat dan khasiat dari daun mangga. Tidak seperti buahnya yang termasyur khasiatnya kaya akan kandungan vitamin C.

Tanaman mangga merupakan salah satu jenis tanaman yang mampu melalui kehidupan dengan sangat mudah. Bisa ditanam begitu saja di halaman-halaman rumah atau di tegalan dan pinggir ladang ketika sudah musim berbuah pastilah akan menghasilkan buah yang lebat. Namun bagian daun dari tanaman mangga biasanya jarang digunakan padahal khasiat daun mangga ini ampuh untuk membantu mengobati berbagai gangguan kesehatan di dalam tubuh yaitu sebagai pengobatan herbal.

Berikut ini kami berikan beberapa manfaat daun mangga untuk kesehatan tubuh.

1/ Bisa untuk mengobati diabetes.

Daun mangga diketahui banyak mengandung zat tanin dan anthocyanin yang ampuh buat membantu mengobati sakit diabetes awal. Teh daun mangga sangat bagus guna membantu untuk mengobati diabetes angiopati dan retinopati diabetes. Ini bisa juga membantu mencegah dan mengobati hiperglikemia. Daunnya banyak mengandung senyawa yang disebut dengan istilah taraxerol-3beta dan etil asetat ekstark yang bersinergi dengan insulin guna mengaktifkan GLUT4 dan menstimulasi sintesis glikogen.

Menurut penelitian kesehatan menjelaskan bahwa teh daun mangga telah lama digunakan oleh tim dokter dari Eropa guna membantu mengobati diabetes dan masalah pembuluh darah yang erat hubungannya dengan diabetes. Para peneliti mengklaim bahwa teh daun mangga erat hubungannya untuk memperlambat perkembangan diabetes dan juga terkait dengan penyembuhan pembuluh darah di area dalam dan sekitar pankreas yang sudah rusak sebagai akibat diabetes.

2/ Menurunkan resiko hipertensi.

Para peneliti kesehatan menjelaskan bahwa dengan rutin minum teh daun mangga bisa membantu mengobati penyakit hipertensi, juga dapat membantu memperkuat pembuluh darah yang rapuh menjadi penyebab utama munculnya penyakit hipertensi. Direkomendasikan minum secangkir teh daun mangga setiap hari guna membantu mengobati hipertensi. Daun mangga ampuh buat menurunkan tekanan darah karena mempunyai sifat-sifat hipotensi. Ini juga membantu untuk memperkuat pembuluh darah dan mencegah masalah varises.

3/ Mengatasi masalah stres yaitu gelisah.

Bagi orang-orang yang menderita masalah kegelisahan karena kecemasan, daun mangga menyediakan obat rumah yang ampuh. Caranya adalah dengan menambahkan 2 hingga 3 gelas teh daun mangga panas ke dalam air mandi maka akan membantu untuk mengobati kegelisahan dan menyegarkan tubuh.

4/ Masalah empedu dan batu ginjal.

Daun mangga membantu mengobati empedu dan batu ginjal. Untuk minuman harian bisa dengan mengambil bubuk daun mangga yang sudah digiling dan dikeringkan di tempat teduh dengan mencampur memakai air satu gelas ukuran sedang lalu disimpan semalaman. Lakukan secara rutin setiap hari selama sakit sehari sekali akan membantu dalam memecahkan batu ginjal.

5/ Masalah pernafasan.

Daun mangga bagus untuk mengobati semua jenis masalah pernafasan. Ini terutama sekali berlaku untuk sekelompok orang yang menderita sakit bronchitis dan asma. Ramuan tradisional yang dibuat sangatlah mudah yaitu dengan cara merebus daun mangga dalam air secukupnya saja hingga tersisa satu gelas sedang lalu saring dan minum dengan manambahkan sedikit madu ke dalamnya. Ramuan ini bisa membantu menyembuhkan sakit batuk secara efektif dilakukan selama sakit sekali dalam sehari. Bisa juga untuk menyembuhkan hilangnya suara.

6/ Bisa untuk menyembuhkan sakit disentri.

Daun mangga setengah tua bisa difungsikan untuk mengobati perdarahan karena anda terserang sakit disentri. Bersihkan daun mangga yang akan digunakan lalu keringkan daun mangga tersebut pada tempat yang teduh untuk selanjutnya rebus dengan air bersih secukupnya saja hingga tersisa satu gelas sedang. Saring dan minum untuk menghentikan disentri selama anda sakit dengan rutin satu kali sehari.

7/ Mengobati nyeri pada bagian telinga.

Jika anda mendapatkan kondisi buruk yaitu telinga sakit tentu saja bisa membuat anda merasa jengkel, maka dari itu jangan dianggap remeh, gunakan obat rumah untuk mengurangi bahkan bisa menghilangkan rasa sakit. Caranya adalah ambil satu sendok teh sari daun mangga sebagai obat tetes telinga yang sebelumnya sudah di panaskan sedikit hingga menjadi hangat-hangat kuku.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Sehat Dengan Mengkonsumsi Daun Mangga’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel