Tips Traveling di Musim Hujan

28 Jun 2021 18:30 1083 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips Traveling Di Musim Hujan

Musim di Indonesia saat ini agak sulit untuk diprediksi, meskipun ramalan cuaca menunjukkan cuaca cerah namun ternyata hujan deras datang secara tiba-tiba. Tidak ingin liburan anda rusak karena hujan ? Berikut di bawah ini kami akan memberikan beberapa tips bepergian atau traveling di musim hujan.

Cari destinasi yang tepat

Ketika sedang musim hujan maka destinasi yang tepat untuk dikunjungi adalah destinasi wisata indoor. Jika merencanakan untuk berwisata di alam terbuka, maka pilihlah objek wisata yang tidak mendapat gangguan saat sedang musim hujan. Air terjun misalnya kurang cocok dikunjungi saat sedang musim hujan, selain licin akses menuju ke lokasi kemungkinan juga kurang baik. Bepergian dengan menggunakan kapal laut juga kurang baik, biasanya kapal tidak berani mengambil resiko apabila ombak sedang tinggi di musim hujan. Hindari pula daerah-daerah yang rawan bencana alam.

Sedangkan destinasi seperti taman bermain, museum, kunjungan villa, agrowisata sangat cocok dikunjungi ketika sedang musim hujan. Juga wisata kuliner atau mempelajari budaya di daerah tertentu juga merupakan referensi guna menghabiskan liburan di musim hujan.

Siapkan payung, jas hujan dan bag over

Payung dan jas hujan merupakan barang-barang wajib dibawa saat traveling di musim hujan. Kemanapun destinasinya maka 2 barang ini harus dibawa untuk melindungi diri dari air hujan. Di samping itu juga membawa rain cover untuk tas penting untuk diperhatikan guna melindungi barang-barang yang disimpan di dalam tas. Hindari membawa barang yang tidak berlebihan juga menjadi hal yang harus diperhatikan sehingga liburan di musim hujan pun tetap menyenangkan dilakukan.

Gunakan alas kaki yang tepat

Perhatikan pemilihan alas kaki merupakan hal yang krusial untuk traveling di musim hujan. Hindari memakai sepatu atau sandal dengan hak tinggi serta hindari penggunaan alas kaki dengan bahan yang mudah kotor atau mudah menyerap air sehingga mudah basah. Memakai sandal gunung, sepatu anti air, sepatu berbahan rubber atau jellies adalah pilihan yang tepat. Pilih alas kaki yang datar agar tetap nyaman saat traveling di kala hujan.

Bekali diri dengan membawa obat-obatan

Meskipun sering disepelekan, dengan membawa persiapan obat-obatan sangat penting untuk diperhatikan karena cuaca di musim hujan sangat tidak menentu sehingga menyebabkan daya tahan tubuh menjadi lebih lemah. Sediakan obat-obatan untuk penyakit ringan bagi yang sering mengalaminya di saat sedang musim hujan seperti masuk angin, flu atau demam.

Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit

Kondisi tubuh yang fit merupakan salah satu poin terpenting untuk berwisata di musim hujan. Jika kondisi badan sedang tidak fit namun memaksakan untuk berwisata maka virus-virus penyakit akan dengan mudah menyerang tubuh anda. Jangan sampai nanti pada waktunya melakukan traveling justru anda tidak dapat menikmati suasana keindahan lokasi berlibur karena kondisi badan yang tidak fit. Untuk itu selalu makan makanan yang bergizi dan konsumsilah vitamin guna menjaga stamina tubuh.

Perhatikan ramalan cuaca

Perkiraan cuaca akan memberikan bantuan kepada anda untuk menghindari hujan datang ditambah apabila anda memilih tempat traveling outdoor. Meskipun tidak selalu akurat, ramalan cuaca dapat dijadikan acuan memperkirakan cuaca disaat sedang musim hujan. Pasang aplikasi perkiraan cuaca untuk memudahkan anda mendapatkan informasi cuaca tempat tujuan traveling anda. Untuk berjaga-jaga maka tetap bawa perlengkapan traveling saat musim hujan agar kegiatan traveling anda tetap nyaman.

Jangan lupa untuk membawa baju hangat dan pakaian tambahan

Ketika sedang musim hujan, udara di luar rumah akan semakin dingin, baju hangat ini akan membuat anda lebih nyaman traveling ketika sedang musim hujan. Diperlukan juga baju tambahan karena terkadang walaupun sudah menggunakan jas hujan / payung, baju tetap terkena cipratan air. Atau saat anda sedang berada di dalam outdoor tiba-tiba hujan datang, pakaian tambahan digunakan sehingga anda terhindar dari pemakaian baju basah yang dapat membuat anda mudah terkena sakit seperti flu atau masuk angin.

Action cam jadi alternatif

Saat ini banyak dijual action camera yang dilengkapi oleh fasilitas waterproof. Kamera ini bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mendokumentasikan kegiatan-kegiatan traveling anda sebagai ganti menggunakan kamera DSLR atau smartphone. Di samping itu kamera jenis ini memiliki bentuk yang kecil akan membantu memudahkan anda dalam membawanya.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul ‘Tips Traveling Di Musim Hujan’ yang dirangkum dari dua sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel