TNI-Polri-Nakes Lakukan Tracing Kontak Erat Pasien Positif Covid-19 Di Dawar Mojokerto

28 Jun 2021 14:40 1102 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Terjadinya lonjakan kasus Covid-19 disikapi serius Jajaran TNI-Polri dan Pemda di berbagai wilayah, tidak terkecuali di Mojokerto Raya.  Selain memperketat penerapan protokol kesehatan sampai level RT dan penyemprotan disinfektan secara masal, Satgas Covid-19 mulai tingkat Kabupaten/Kota hingga desa gencar melakukan tracing.

Mojokerto, - Terjadinya lonjakan kasus Covid-19 disikapi serius Jajaran TNI-Polri dan Pemda di berbagai wilayah, tidak terkecuali di Mojokerto Raya.  Selain memperketat penerapan protokol kesehatan sampai level RT dan penyemprotan disinfektan secara masal, Satgas Covid-19 mulai tingkat Kabupaten/Kota hingga desa gencar melakukan tracing.

 

Salah satunya di wilayah Dawarblandong Kabupaten Mojokerto Jawa Timur,  TNI-Polri melalui para Babinsa dan Bhabinkamtibmas bersinergi dengan tenaga kesehatan (Nakes) UPT Puskesmas Dawarblandong Dinkes Kabupaten Mojokerto melakukan tracing terhadap puluhan warga kontak erat dengan pasien Covid-19.

 

Satgas Covid-19 Kecamatan Dawarblandong melakukan tracing di Dusun Ngemplak Desa Randegan, Jumat (25/06/2021), dengan sasaran 10 orang anggota keluarga dan tetangga yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

 

Babinsa Randegan Koramil 0815/08 Dawarblandong Kodim 0815/Mojokerto, Serta Sunari yang terjun langsung di lapangan, mengatakan, tracing yang dilanjutkan testing melalui rapid test antibodi dilakukan Nakes dari UPT Puskesmas Dawarblandong, dr. Brahma beserta tim dibantu Bidan Desa setempat. “Testing terhadap 18 orang warga di wilayah RT 001 RW 007 tersebut, hasilnya non reaktif”, terang Babinsa, bersama Kades Gathot Dwitanto dan Bhabinkamtibmas setempat.                     

 

Masih di wilayah Dawarblandong, kegiatan tracing juga dilakukan bagi 20 orang warga di wilayah RT 02 RW 05 Dusun/Desa Pucuk, yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19, dengan hasil seluruhnya non reaktif.

 

Di lokasi ini, tracking dilakukan Kepala UPT Puskesmas Ninik Munawati, S.Tr., Keb., M.Kes., beserta tim dibantu Bidan Desa Lilik Siswatin S.Tr. Keb., serta didampingi Kades Nanang Sudarmawan, S.T., Babinsa Serda Sumarjono dan Bhabinkamtibmas Bripka Andry Sahara.

 

Pantauan di lapangan, selain tracing di kedua lokasi tersebut, di hari yang sama, personel TNI-Polri-Satpol PP-Nakes melakukan pengecekan suhu tubuh dan pembagian masker di Masjid Baiturrohim Dusun/Desa Temuireng serta melaksanakan operasi penegakan disiplin protokol kesehatan di Jalan Raya Desa Simongagrok.

 

Pgs. Danramil 0815/08 Dawarblandong Letda Inf Subini, mengatakan, kegiatan tracing ini dilakukan dalam upaya menekan laju penyebaran dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Melalui tracing dan testing ini dapat diketahui secara dini, bila terinfeksi virus corona sehingga dengan segera dapat ditangani”, ujarnya.

 

Tak lupa Pgs. Danramil juga mengajak semua warga untuk mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan 5M dalam melakukan aktivitas keseharian, berjemur, berolahraga yang cukup dan teratur dan menjaga pola makan sehingga imunitas tubuh tetap terjaga.

Tags

About The Author

anan alkarawangi 56
Expert

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel