Dua Skill Analisis Saham yang Wajib Dimiliki Guna Mengelola Risiko Kerugian

24 Jun 2021 12:22 933 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Lantas keputusan semacam apa yang akan membuat seseorang menjadi kaya dengan berani mengambil risiko

Orang yang berani mengambil risiko akan mengubah dunia, karena pada dasarnya hanya sedikit orang yang kaya tanpa mengambil risiko. So, mengambil risiko adalah salah satu langkah strategis untuk menjadi kaya bagi siapa pun yang tak terlahir dalam keadaan sudah kaya raya.

Pada dasarnya hanya mereka yang mau mengambil risiko lah yang bisa mengubah nasib menjadi menjadi lebih baik. Hanya mereka yang berani menaklukkan risiko lah yang akan berlimpang cuan dan menjadi kaya.

Resiko yang dimaksud di sini adalah berani untuk rugi. Lantas keputusan semacam apa yang akan membuat seseorang menjadi kaya dengan berani mengambil risiko?

Salah satu contoh konkretnya adalah investasi saham. Investasi saham yang biasanya menawarkan cuan menggiurkan, pada saat uang sama sebenarnya memberikan potensi kerugian yang sama besarnya. Namun tak perlu khawatir, yang namanya kerugian itu pada dasarnya bisa dihindari atau diminimalkan yaitu dengan mengelola risiko itu sendiri.

Pada dasarnya dalam investasi saham berlaku yang namanya strategi mengelola risiko (kerugian) yakni dengan mempelajari cara mengendalikan kerugian tersebut. Kerugian pada dasarnya bisa dikelola dengan dua ilmu dasar yang ada dalam investasi saham.

Kedua ilmu dalam investasi saham tersebut adalah analisis fundamental dan teknikal. Dengan dua analisis ini maka investasi saham yang saat ini sudah sangat mudah dan terjangkau, semisal dengan aplikasi IPOT besutan sekuritas karya anak bangsa dengan slogan #SemuaBisaInvestasi PT Indo Premier Sekuritas, tentunya akan mendatangkan cuan dan kerugian pun bisa ditekan.

Menariknya, kedua analisis dalam investasi saham ini bisa didapatkan dan dipelajari secara gratis dengam bimbingan ahlinya, seperti yang disediakan Indi Premier melalui berbagai kegiatan training gratisnya. Lantas seperti apa dua analisis tersebut?

Analisis fundamental pada dasarnya menelisik seputar laporan keuangan perusahaan sampai ke rasio-rasionya, mulai dari rasio kecukupan modal, rasio utang hingga rasio profitabilitasnya.

Analisis fundamental mengurai analisis ekonomi, industri dan keuangan perusahaan untuk menelaah kesehatan perusahaan sebagai dasar untuk mengambil keputusan membeli sahamnya atau tidak.

Selanjutnya, analisis teknikal secara khusus menelisik histori pergerakan harga sahamnya. Analisis ini dipakai untuk melihat historis harga dalam rangka untuk memprediksi tren pergerakan harga di masa depan. Analisis ini efektif untuk mengetahui fluktuasi harga saham dalam rentang waktu tertentu.

Analisis teknikal biasanya dekat dengan istilah-istilah chart, candle stick, elliot waves hinga fibonacci.

Dua analisis ini adalah dasar guna mendapatkan saham-saham yang terbaik dan pada saat yang sama menjadi strategi untuk mengelola risiko (kerugian) karena yang namanya investasi saham pasti tujuan utamanya adalah cuan.

Tags

About The Author

Johanes Sutanto 40
Ordinary

Johanes Sutanto

Pembelajar dalam menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel