Partisipasi Aktif Koramil Kemlagi Kodim Mojokerto Kawal Percepatan Vaksinasi Covid–19

24 Jun 2021 20:25 869 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dalam upaya menekan laju penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah, Koramil 0815/06 Kemlagi Kodim 0815/Mojokerto, melaksanakan pengawalan dan pendampingan vaksinasi bagi perangkat desa dan Lansia, di wilayah Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

Mojokerto, - Dalam upaya menekan laju penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) pemerintah telah meluncurkan program vaksinasi bagi masyarakat secara nasional, tidak terkecuali di Mojokerto Raya. Vaksinasi di Tlatah Majapahit ini, kini menyasar wilayah Kecamatan Kemlagi, kawasan bagian utara Sungai Brantas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (21/06/2021).

Demi kelancaran pelaksanaan vaksinasi di wilayah binaan, Koramil 0815/06 Kemlagi Kodim 0815/Mojokerto bersama Polsek dan unsur Tiga Pilar lainnya (Kecamatan) setempat, melaksanakan pengawalan dan pendampingan vaksinasi tahap pertama bagi perangkat desa dan Lansia.

Vaksinasi kali ini berlangsung di Pendopo Balai Desa Pandankrajan, dengan melibatkan Tenaga Kesehatan (Nakes) dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Kemlagi dan Bidan Desa setempat, Tutik Kristin Agustini, A.Md., Keb., dengan pengawalan dan pendampingan dari Babinsa Pandankrajan Serda Rasiman, Bhabinkamtibmas dan Perangkat Desa setempat.

Pantauan di lapangan, dalam vaksinasi Covid-19 dosis pertama tersebut, tercatat sedikitnya diberikan kepada 50 orang penerima vaksin, terdiri dari perangkat desa tujuh orang, 20 orang kader kesehatan desa dan 23 orang Lansia.  Para Lansia tampak sangat antusias saat melaksanakan vaksinasi, mereka rela mengantri mulai registrasi, screening, penyuntikan hingga observasi dan tahap akhir mendapatkan kartu vaksinasi sebagai bukti telah divaksin.

Masih di wilayah Kemlagi, vaksinasi Covid-19 bagi Lansia juga berlangsung di Balai Desa Mojowiryo. Pemberian vaksin dilakukan Nakes UPT Puskesmas Kedungsari, Kemlagi, dipimpin dr. Farida Wahyu Utami, dibantu Bidan Desa setempat, Dewi Ardya, A.Md., Keb.,  dengan pengawalan dan pendampingan Babinsa Mojowiryo Serda Gunardi, Bhabinkamtibmas Mojowiryo Brigadir Nurul serta Perangkat Desa.  Terpantau, di lokasi ini, para Lansia penerima vaksin tahap pertama dosis pertama sejumlah 109 orang sedangkan untuk vaksin dosis kedua hanya diberikan kepada satu orang kader kesehatan desa setempat.

Danramil 0815/06 Kemlagi Kapten Inf Slamet Utomo, menjelaskan bahwa ditugaskannya para Babinsa dalam pelaksanaan percepatan vaksinasi Covid 19 ini, sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap program pemerintah yang berlaku secara nasional, termasuk di wilayah Kemlagi, Mojokerto.

Masih kata Danramil, percepatan vaksinasi ini merupakan upaya pemerintah yang ditindaklanjuti pemerintah daerah melalui UPT Puskesmas Dinkes setempat, dengan tujuan untuk menekan laju penyebaran Covid-19. Dalam pendampingan vaksinasi ini, para Babinsa bersinergi dengan Bhabinkamtibmas dan Kades setempat.

Danramil juga menghimbau kepada warga masyarakat agar jangan ragu untuk divaksin karena vaksinasi ini merupakan salah satu upaya untuk mengatasi pandemi Covid-19.  "Jangan ragu untuk divaksin, dengan divaksin maka kita akan memiliki kekebalan tubuh sehingga bisa terhindar dari serangan penyakit", ajaknya.

Tags

About The Author

anan alkarawangi 56
Expert

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel