Komsos dengan Komponen Masyarakat, Dandim 0815/Mojokerto Sampaikan Ini

22 Jun 2021 11:25 858 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Kodim 0815/Mojokerto menggelar kegiatan Komunikasi Sosial Bersama Komponen Masyarakat, di Aula Makodim 0815, Jalan Majapahit Nomor 1 Kota Mojokerto, Jawa Timur.  Kegiatan bertema “Merajut Persatuan dan Kesatuan Bangsa”, dihadiri perwakilan sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan undangan lainnya se-wilayah Mojokerto Raya. 

Mojokerto, -  Kodim 0815/Mojokerto menggelar kegiatan Komunikasi Sosial Bersama Komponen Masyarakat, di Aula Makodim 0815, Jalan Majapahit Nomor 1 Kota Mojokerto, Jawa Timur, Jum’at (18/06/2021).  Kegiatan bertema “Merajut Persatuan dan Kesatuan Bangsa”, dihadiri perwakilan sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan undangan lainnya se-wilayah Mojokerto Raya. 

 

Saat membuka kegiatan Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, S.H., mengatakan, komunikasi sosial dengan komponen masyarakat bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan harmonisasi hubungan antara prajurit Kodim 0815/Mojokerto dengan segenap komponen masyarakat.  

 

“Terjalinnya hubungan yang harmonis antara Prajurit TNI AD khususnya Kodim 0815/Mojokerto dengan segenap komponen masyarakat, khususnya para tokoh dan pimpinan Ormas di Mojokerto Raya, guna mendukung tugas pembinaan teritorial dalam rangka pembinaan wilayah untuk kepentingan pertahanan negara pada aspek darat serta dalam upaya menjaga keutuhan NKRI”, jelasnya.

 

Letkol Dwi Mawan Sutanto, S.H., juga menegaskan, kegiatan ini sebagai sarana sharing guna menyamakan persepsi, berkaitan dengan perkembangan situasi yang kian dinamis serta diharapkan mampu memberikan kontribusi positif bagi terpeliharanya kondusifitas wilayah, yang akan berdampak positif bagi keberlangsungan pembangunan di daerah sesuai yang diprogramkan pemerintah.  

 

Selain itu, lanjutnya, dengan pertemuan ini diharapkan semakin terbangun pemahaman positif terkait permasalahan geografi, demografi dan kondisi sosial masyarakat saat ini.  Tak hanya itu, masih lanjutnya, peran serta dan partisipasi aktif segenap komponen masyarakat, juga sangat diperlukan dalam menyelesaikan setiap persoalan atau problem di wilayah, baik melalui pemikiran, ide atau gagasan maupun melalui aksi nyata.

 

“Hal ini tidak bisa dilakukan sendirian, melainkan butuh kebersamaan dan kerja sama antara TNI-Polri-Pemda, segenap tokoh, Pimpinan Ormas serta komponen masyarakat lainnya yang ada di wilayah Mojokerto Raya”, tandasnya.

 

Dengan digelarnya pertemuan ini, paling tidak dapat diperoleh kesamaan pandangan dalam memahami, mensikapi dan mencari solusi setiap persoalan yang terjadi. “Kesamaan visi, persepsi dan interpretasi sangat diperlukan bagi para pemangku kepentingan dalam menyelesaikan setiap persoalan, termasuk dalam pemberdayaan wilayah pertahanan di daerah, tuturnya.

 

Usai memberikan sambutan, pria kelahiran Purbalingga Jawa Tengah ini, juga memberikan materi bertajuk Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara dalam upaya penguatan kesadaran untuk membangun ketahanan nasional.

 

Selain materi tersebut, pada kesempatan tersebut, Dandim 0815 juga mengupas materi Kebhinnekaan guna mendorong terciptanya perdamaian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Gotong royong sebagai upaya dalam membantu kesulitan rakyat, menjadi materi terakhir dalam kegiatan tersebut.

 

“Di tengah perbedaan dan keberagaman yang ada, kita harus berpegang teguh dan menerapkan semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan keseharian, sehingga dapat menerima perbedaan dan terhindar dari perpecahan”, tutupnya.

 

Sementara itu, perwakilan tokoh agama yang hadir, yakni Ketua LDIl Kabupaten Mojokerto, Drs. H. Johan Abdilah, SH., Pdt. Samuel Hosea dari Gereja Alah Baik, Perwakilan Agama Hindu, Katiran dan dari Maha Vihara Majapahit, Sariyono, secara senada memberikan apresiasi positif atas dilangsungkannya pertemuan yang diinisiasi Kodim 0815/Mojokerto, yang diyakini dapat memotivasi semangat kebersamaan dan gotong royong, untuk membangun Mojokerto Raya secara bersama-sama, yang dilandasi akhlak dan budi pekerti yang luhur.

 

“Ke depan, kita akan mengalami pergeseran lintas generasi, untuk itu, demi tetap terjaganya NKRI dalam kerangka Pancasila yang ditopang dengan kerukunan antar umat beragama, maka kegiatan seperti ini harus sering digelar”, harap Bante Sariyono dari Maha Vihara Majapahit.

 

Penyerahan cinderamata secara simbolis oleh Dandim 0815/Mojokerto kepada perwakilan tokoh agama dan perwakilan Ormas, serta ramah tamah menjadi penutup kegiatan Komunikasi Sosial Kodim 0815/Mojokerto dengan komponen masyarakat se-Mojokerto Raya.

Tags

About The Author

anan alkarawangi 56
Expert

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel