Kendalikan Laju Pertumbuhan Penduduk Kodim 0815/Mojokerto Bersama DP2KBP2 Gelar Baksos Pelayanan KB MOW

21 Jun 2021 10:50 539 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Keluarga Berencana (KB) Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) melalui Metode Operasi Wanita (MOW) merupakan salah satu upaya untuk menekan laju pertumbuhan penduduk sekaligus untuk mewujudkan keluarga sejahtera. 

Mojokerto, - Untuk memaksimalkan upaya pengendalian penduduk, khususnya menurunkan tingkat kelahiran, Kodim 0815/Mojokerto bersama Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (DP2KBP2) Kabupaten Mojokerto menggelar Bakti Sosial KB di RSUD Prof. DR. Soekandar, Jalan Hayam Wuruk.Nomor 25, Mojosari Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (19/06/2021) pagi hingga petang.

 

Bakti Sosial Pelayanan Keluarga Berencana (KB) Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) melalui Metode Operasi Wanita (MOW), yang populer disebut Tubektomi atau Steril ini, diikuti 208 Akseptor KB MOW dari 18 kecamatan se-wilayah Kabupaten Mojokerto.

 

Pelaksanan Bakti Sosial KB MOW ini dihadiri langsung Kepala DP2KBP2 Kabupaten Mojokerto, Drs. Joedha Hadi S, S.E., S.B., M.Si., Staf Dinas P2KBP2, Petugas PLKB, serta melibatkan Tim Medis RSUD Prof DR. Soekandar, Mojosari serta 40 personel TNI dari Kodim 0815/Mojokerto.

 

Dandim 0815/Mojokerto melalui Perwira Seksi Teritorial Kodim 0815/Mojokerto Kapten Inf Herman Hidayat, mengatakan, TNI dari Kodim 0815/Mojokerto bersama DP2KBP2 Kabupaten Mojokerto berupaya secara maksimal dalam pengendalian laju penduduk di wilayah Kabupaten Mojokerto, khususnya menekan dan menurunkan angka kelahiran.

 

Masih lanjutnya, harapan kita masyarakat berpartisipasi aktif dalam upaya menekan laju pertumbuhan penduduk, dengan cara mengikuti KB MOW atau metode lainnya, demi terwujudnya keluarga sejahtera.  "KB MOW ini salah satu upaya pemerintah untuk menekan laju pertumbuhan penduduk demi terwujudnya keluarga kecil bahagia dan sejahtera", ujarnya.

 

Sekedar informasi, kontrasepsi Metode Operasi Wanita (MOW) ini memiliki banyak keuntungan, antara lain lebih aman karena keluhan lebih sedikit dibanding alat kontrasepsi lain serta praktis dan efisien lantaran hanya memerlukan satu kali tindakan dan tidak ada efek samping jangka panjang.

 

Metode kontrasepsi ini diyakini lebih efektif karena tingkat kegagalan sangat rendah dan ekonomis, juga tidak ada efek samping jangka panjang setelah operasi dan tidak akan mengganggu hubungan seksual suami istri.

 

Pantauan di lapangan,  pelaksanaan Baksos Pelayanan KB MOW, terbagi dalam dua gelombang, pagi pukul 06.30 hingga  13.00 WIB dan siang pukul 13.00 hingga 17.00 WIB. 

 

Saat Baksos berlangsung, tampak puluhan personel TNI dari Kodim 0815/Mojokerto, melakukan penyiapan dan pemasangan velbet (tempat tidur) dan membantu penanganan para akseptor pasca menjalani operasi MOW.

Tags

About The Author

anan alkarawangi 51
Expert

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel