Investasi ETF di Masa Paceklik

21 Jun 2021 09:39 1243 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Banyak dari kita lantas banyak yang berpikir, gimana mau investasi, mau makan saja susah. Banyak orang menjadi kelimpungan hingga frustasi.

Ekonomi global yang sedang lesu juga sangat dirasakan secara konkret di Indonesia, khususnya sampai ke tataran lapisan masyarakat paling bawah. Kesulitan ekonomi yang tak kunjung berakhir karena tersandera Covid-19 memaksa banyak usaha gulung tikar.

Tak melulu jenis usaha besar, berbagai jenis usaha yang dijalani pelaku UMKM pun terdampak. Alhasil, ekonomi keluarga pun ikut seret. Banyak keluarga mengalami paceklik keuangan, kondisi dimana pengeluaran uang yang terus terjadi tak terimbangi secara baik dengan pemasukan atau pendapatan.

Tragisnya, akibat kondisi ekonomi keluarga yang sedang terjepit, sejumlah orang menjadi putus asa hingga ada yang mengakhiri hidupnya.

Banyak dari kita lantas banyak yang berpikir, gimana mau investasi, mau makan saja susah. Banyak orang menjadi kelimpungan hingga frustasi. Namun, investasi di masa paceklik bukan sesuatu yang sulit dilakukan.

Investasi di pasar modal kini sudah sangat ramah kantong dari sisi modal dan sudah sangat mudah dari sisi menjalankannya, sehingga bukan hal mustahil hal ini dilakukan oleh siapa pun.

Mereka yang memiliki duit banyak atau yang memiliki duit terbatas sama-sama bisa merasakan kemudahan dan keuntungan investasi di pasar modal. Masalahnya, bagi mereka yang memiliki dana terbatas tentu sepertinya akan sulit untuk mengoleksi saham-saham terbaik. Namun faktanya tidak demikian adanya.

Mereka yang memiliki dana terbatas di masa paceklik seperti saat ini justru bisa mendapatkan saham-saham yang terbaik karena saat ini sudah ada yang namanya ETF. Dengan karakter dasar Efisien, Transparan dan Fleksibel, reksa dana rasa saham ini menawarkan cara efektif mengakumulasi saham-saham terbaik atau unggulan dengan harga terjangkau. ETF telah dikreasi sedemikian rupa dari saham-saham unggulan sebagai underlyingnya.

Saham-saham yang kalau dibeli secara langsung terasa mahal, kini sudah sangat terjangkau berkat ETF yang merupakan pilihan saham-saham terbaik. Apalagi saham-saham underlyingnya sangat transparan sehingga bisa dicek dan ditransaksikan setiap saat di jam bursa.

Lebih dari itu, keterjangkauan harga ETF ini tentu cocok sebagai pilihan di tengah masa paceklik. Investor tinggal melakukan transaksi dengan mudah secara online, semisal melalui aplikasi IPOT milik sekuritas karya anak bangsa dengan slogan #SemuaBisaInvestasi yakni Indo Premier Sekuritas.

Platform transaksi ETF telah resmi diintegrasikan ke dalam aplikasi IPOT, sehingga memudahkan siapa pun untuk memulai investasi ETF dengan mudah.

Tags

About The Author

Johanes Sutanto 40
Ordinary

Johanes Sutanto

Pembelajar dalam menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel