Biji Semangka Ternyata Bisa Dimakan dan Bermanfaat Buat Kesehatan

21 Jun 2021 15:40 779 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Biji Semangka Ternyata Bisa Dimakan Dan Bermanfaat Buat Kesehatan

Mungkin selama ini ada beberapa orang terbiasa makan buah semangka dengan membuang biji-bijinya, tidak menyangka biji semangka bisa dimakan dan berkhasiat untu kesehatan tubuh. Biji semangka ternyata bisa dimakan yang berfungsi untuk merawat kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. 

Seperti dilansir dari Pink Villa menjelaskan bahwa biji semangka bukan hanya bisa dimakan tetapi juga kaya akan kandungan beragam vitamin, protein, seng, tembaga, magnesium dan kalium.

Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat biji semangka yang bagus untuk kesehatan tubuh antara lain sebagai berikut :

1/ Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Biji-biji semangka kaya akan kandungan zat mineral dan zat besi yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh, juga kaya akan kandungan magnesium yang membantu melindungi tubuh dari reaksi alergi dan memperkuat sistem kekebalatn tubuh.

2/ Membuat kulit menjadi awet muda

Mengkonsumsi biji semangka bisa membantu mencegah berbagai masalah kulit, seperti jerawat, kulit kekeringan, kusam dan penuaan dini. Meningkatkan elastisitas kulit serta keberadaan antioksidan di dalam biji-bijinya membantu memberikan kulit bercahaya dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.

3/ Melindungi tubuh dari penyakit tulang

Biji-biji semangka kaya akan kandungan mineral seperti potasium, tembaga, dan mangan yang bermanfaat untuk membantu memperkuat tulang dan meningkatkan kepadatan tulang. Konsumsi biji semangka bisa membantu mencegah terjadinya berbagai penyakit yang erat hubungannya dengan penyakit tulang seperti osteoporosis.

4/ Menjaga kesehatan jantung

Biji-biji semangka kaya akan kandungan zat magnesium yang membantu menjaga kesehatan jantung, mengatur tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi darah. Juga kaya akan kandungan asam lemak guna melindungi jantung dari penyakit ganas seperti serangan jantung atau stroke.

5/ Sebagai zat anti inflamasi

Khasiat biji semangka yang kelima adalah sebagai biji herbal yang di dalamnya mengandung sifat-sifat anti inflamasi. Biji buah yang satu ini mampu memberikan penyembuhan terhadap beragam jenis penyakit peradangan yang menyerang tubuh anda terutama radang pada usus, mulut, dan bagian tubuh yang lainnya.

6/ Melancarkan saluran kemih

Biji buah semangka membantu membuat saluran kemih anda tetap dalam kondisi bersih dari kuman-kuman penyakit sehingga anda tidak akan terganggu kesehatannya ketika buang air kecil. Biji-biji buah semangka akan memberikan perlindungan lebih terhadap saluran kemih anda.

7/ Menyehatkan syaraf

Manfaat biji semangka yang ketujuh adalah menyehatkan sistem syaraf. Kandungan alami dalam biji buah ini akan membantu syaraf anda tidak tegang dan tetap sehat. Beberapa penyakit syaraf pun bisa anda cegah sehingga kesehatan tubuh tidak terganggu dan bisa beraktivitas setiap hari dengan lancar.

8/ Mencegah sembelit

Biji-biji semangka bisa berfungsi dalam mencegah penyakit sembelit. Penyakit yang menyerang organ pencernaan ini akan dengan mudah diatasi jika anda mengkonsumsi biji buah semangka dimana buang air besar anda pun akan senantiasa lancar dan sehat.

9/ Menyehatkan organ usus

Manfaat biji semangka selanjutnya adalah dapat membuat organ pencernaan anda menjadi lebih sehat terutama usus. Biji buah yang unik ini akan menyumbangkan gizi yang lebih banyak untuk kesehatan organ usus sehingga usus bisa bekerja dengan lebih optimal di dalam menyerap asupan nutrisi makanan yang anda makan.

10/ Anti kanker

Manfaat biji-biji semangka yang kesepuluh adalah bisa sebagai media anti kanker secara alami. Kandungan menyehatkan dalam biji buah ini cukup ampuh untuk menyehatkan sel-sel tubuh sehingga tidak mengalami kerusakan yang bisa memicu munculnya sel-sel kanker. Tubuh anda pun akan menjadi lebih sehat tanpa penyakit kanker.

11/ Melancarkan sirkulasi darah

Kondisi sirkulasi darah yang kurang sehat dapat anda atasi dengan cara mengkonsumsi biji semangka. Biji-biji buah ini akan menyebabkan aliran darah ke seluruh tubuh anda menjadi lancar dan penyakit penyumbatan darah pun bisa anda cegah dengan lebih alami tanpa adanya efek samping yang mengganggu.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul ‘Biji Semangka Ternyata Bisa Dimakan Dan Bermanfaat Buat Kesehatan’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga berguna bagi para pembaca.

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel