Tips Desain Blog agar Terlihat Lebih Menarik

22 Jun 2021 10:10 779 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips Desain Blog Agar Terlihat Lebih Menarik

Saat anda memutuskan untuk membuat sebuah blog, ada salah satu tantangan terbesar dalam membuatnya menjadi desain sesuai dengan keinginan anda. Apabila anda menciptakan desain secara sembarangan tanpa memperhatikan berbagai aspeknya maka blog anda bisa saja menjadi kurang diminati oleh para pengunjung. Maka dari itu perlu menerapkan beberapa tips desain blog yang akan kami bagikan di bawah ini, maka setidaknya bisa membuat blog anda enak untuk dilihat oleh para pembaca anda. Penampilan dari sebuah blog bisa mempengaruhi tingkat bounce ratenya.

Anda harus benar-benar menentukan tujuan dari blog anda, maka dari itu disarankan untuk terlebih dahulu menentukan akan memakai font, warna atau header yang seperti apa. Perhatikan juga tujuan dari blog ini penting dalam menentukan apakah desain blog anda disukai oleh para pengunjung. Rata-rata tujuan yang ingin dicapai adalah menjadi dasar dalam menentukan desain blog secara keseluruhan. Apakah anda ingin membuat blog untuk berbagi pengalaman, perjalanan wisata atau yang lainnya ? Jika ada kebingungan ingin menentukan blog seperti apa maka anda bisa melihat beberapa rekomendasi blog yang ada di beberapa contoh website milik orang lain. Dalam dunia blogging ini diistilahkan dengan sebutan Niche Blog. Penting bagi anda untuk mengetahui tujuan yang ingin dicapai pada blog anda terlebih dahulu. Selanjutnya tentukan tips desain blog agar terlihat lebih menarik antara lain sebagai berikut :

1/ Perbaiki struktur blog

Setelah anda bisa memahami tujuan membuat blog maka tips desain blog pertama yang harus diperhatikan adalah anda wajib bisa memahami struktur blog lalu memperbaiki bila terdapat kesalahan.

Dimana pada umumnya sebuah blog terdiri dari header, sidebar, konten utama dan footer. Masing-masing blogger bisa memodifikasinya sesuai keinginan dan selera pengelola. Bagian header pada umumnya berisikan judul atau nama blog beserta deskripsi singkat tentang blog. Menu di dalamnya juga harus terlihat jelas agar memudahkan pembaca dalam mengunjungi blog anda. Bila memungkinkan, anda bisa menambahkan menu pencarian. Yang kedua adalah pada bagian sidebar, anda bisa memberikan tambahan berupa profil media sosial agar para pembaca bisa lebih mudah dalam menjangkau blog anda seperti artikel-artikel terpopuler, artikel berdasarkan kategori atau tombol untuk subscribe.

Berikutnya adalah konten utama yang sudah pasti berisikan konten-konten yang anda ingin bagikan kepada para pembaca, usahakan untuk membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat agar pembaca betah berada di blog anda. Bagian terakhir adalah footer. Di footer anda bisa mengisinya dengan info blog anda, informasi kontak, copyright dan lain sebagainya yang saling berhubungan.

2/ Navigasi harus jelas

Pembaca tidak akan menjadi kebingungan ketika berada di blog anda jika navigasi yang terlihat adalah jelas dan mudah digunakan. Saat pembaca anda ingin membaca atau mencari blog berdasarkan kategori ataupun yang sedang populer, anda bisa menambahkan menu tersebut di bagian navigasinya. Navigasi dalam hal ini memegang peranan penting terhadap user experience pembaca yang merupakan pengalaman pembaca atau pengunjung blog ketika sedang berada di website / blog anda, maka user experience akan dinilai bagus. Intinya adalah anda wajib membuat navigasi yang sederhana dan mudah untuk dipahami oleh semua orang baik itu orang-orang awam ataupun yang bukan. Ini penting untuk diperhatikan dan memudahkan pengunjung blog untuk berpindah-pindah dari satu halaman ke halaman lain, dari satu artikel ke artikel lain, ataupun yang lainnya.

Apabila para pengunjung dapat dengan mudah membaca blog anda maka tentulah mereka akan betah untuk menghabiskan waktu lebih lama di dalam blog anda. Hindari membuat navigasi yang terlihat rumit dan sulit untuk digunakan apalagi jika tujuannya hanya untuk terlihat keren dan menarik. Apabila anda benar-benar peduli dengan tingkat pengunjung blog anda, maka anda akan mengesampingkan masalah apakah terlihat keren dan akan cenderung mempertimbangkan kenyamanan pembaca.

3/ Usahakan menggunakan 3 font saja

Sebenarnya jenis font untuk blog tidak perlu terlalu banyak. Disarankan untuk menggunakan hanya sampai 3 saja. Apabila anda menggunakan lebih dari 3 font, ini akan menjadikan blog anda terlihat kurang rapid an tidak enak untuk dilihat. Usahakan ketika akan memilih font, pilihlah font yang mudah dibaca dan jangan menggunakan font yang membuat para pembaca kesulitan ketika membacanya.

4/ Hindari warna jangan terlalu banyak

Perhatikan warna dianjurkan untuk tidak terlalu banyak dan mencolok pada blog anda. Jangan menggunakan beragam warna yang dapat membuat para pembaca merasa pusing melihatnya. Warna-warna yang penting untuk anda pilih adalah warna primer dimana warna ini berhubungan dengan identitas blog yang sedang anda kelola. Misalnya logo blog anda berwarna hijau, anda bisa memilih warna hijau sebagai warna primer blog anda agar para pembaca semakin familiar bahwa hijau adalah identitas blog anda. Untuk warna yang lainnya, anda bisa memilih warna yang sekiranya cocok dengan warna primer tadi agar warnanya bisa pas dengan blog anda. 

5/ Bisa memanfaatkan white space

Apabila anda belum mengetahui apa itu white space, pada dasarnya adalah bagian dari sebuah desain yang tidak digunakan sehingga terdapat ruang-ruang pemisah antara dua bagiannya. Secara sederhana yang dimaksud dengan white space adalah ruang kosong dalam desain blog anda. Keberadaan white space ini cukup penting agar blog anda tidak terlihat terlalu ramai karena memuat banyak konten. White space membantu para pembaca agar lebih mudah dalam membaca artikel-artikel blog.

6/ Bisa membedakan warna link dengan konten

Saat anda membuat konten dan ingin memasukkan beberapa link ke dalamnya, anda harus bisa membedakan warnanya dengan warna teks konten anda. Hal ini bertujuan agar para pembaca dapat dengan mudah membedakan mana link yang aktif di dalam konten anda dan mana tulisan biasa.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel berjudul ‘Tips Desain Blog Agar Terlihat Lebih Menarik’ dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Tags Internet

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel