Tips Desain Web agar Terlihat Elegan dan Profesional

25 Jun 2021 12:35 837 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tips Desain Web Agar Terlihat Elegan Dan Profesional

Ada salah satu cara guna membuat contoh desain web yang elegan yaitu anda harus rajin melakukan riset dan pengamatan ke website-website lain lalu mengaplikasikannya di website anda sendiri. Anda wajib mengumpulkan referensi tentang tips-tips desain web dan tren contoh desain web yang saat ini diminati oleh banyak orang sehingga nantinya website anda mampu menarik minat dan perhatian para pengunjung.

Beberapa Tips Desain Web Agar Tampil Menarik

Untuk dapat mengelola website mungkin anda mengira perlu membayar seorang web programmer atau web designer. Sebenarnya dengan adanya platform yang mudah digunakan maka anda sudah bisa mengelola website sendiri. Ini erat hubungannya dengan homepage yang merupakan salah satu komponen website terpenting untuk diperhatikan. Homepage akan menentukan bagaimana penilaian konsumen terhadap bisnis anda. Membuat sebuah homepage merupakan pekerjaan besar bagi masing-masing pemilik website khususnya pemilik online shop. Maka dari itu perlu memperhatikan beberapa tips desain web membuat homepage yang menarik dengan harapan bisa menarik minat pengunjung untuk betah berlama-lama di website dan akan berakhir menjadi konsumen anda. Juga bisa untuk meningkatkan trafik website. 

1/ Perhatikan design harus clean

Kreasikan situs anda dengan desain yang bersih dan elegan yaitu hindari terlalu banyak menempatkan iklan, banner, ikon, badge, pop-up, tombol dan lain sebagainya yang berhubungan. Ini akan membuat berat desain anda juga akan menyebabkan situs anda terlihat ribet dan kacau. Ciptakan situs yang membuat para pengunjung anda akan merasa nyaman dan tidak stres ketika mengunjungi situs anda karena situs tertata dengan rapid an terlihat tidak berantakan. Gunakan desain situs yang flat atau datar yang didominasi oleh warna putih. Cobalah untuk menjaga situs anda tampak sederhana atau hanya menonjolkan konten atau informasi yang penting saja.

Optimalkan white space atau ruang kosong yang merupakan jarak antara elemen grafis. Ruang kosong ini tidak wajib berwarna putih, selama ada jarak yang bebas dari segala elemen desain maka bisa diartikan sebagai white space. Contohnya adalah desain web yang elegan banyak menggunakan teknik untuk menampilkan kesan simpel, bersih dan modern. Banyak berisikan ruang kosong namun tetap terasa harmonis karena adanya keselarasan antara peletakan foto, teks, dan tombol-tombol CTA. Desain ini menampilkan kesan elegan dan berkelas sehingga akan menimbulkan persepsi bahwa produk yang dijual adalah berkualitas.

2/ Perhatikan font yang mudah dibaca

Sama halnya seperti warna, anda juga harus cerdas memilih jenis font yang akan digunakan. Usahakan agar anda tidak memakai lebih dari 2 jenis font jika menginginkan contoh web yang elegan dan simpel. Pilihan font terpopuler adalah jenis serif atau sans serif. Serif adalah huruf yang mempunyai kait di bagian ujung huruf sehingga lebih cocok untuk menuliskan teks-teks singkat atau header. Sedangkan sans serif adalah jenis huruf tegak tanpa ornamen apapun sehingga lebih cocok untuk menuliskan teks yang banyak karena keterbacaannya yang baik.

Memilih font sangat penting untuk diperhatikan. Karena dengan text merupakan salah satu cara anda untuk menyajikan informasi buat para pengunjung anda. Bayangkan bila anda memakai font yang buruk dalam situs anda, maka para pengunjung akan merasa kesulitan dalam melakukan pembacaan dan mudah menyebabkan mata pembaca merasa lelah.

Pastikan font yang anda pilih mudah untuk dibaca dan warna font yang anda gunakan pas dengan warna background yang terpilih. Contohnya adalah memakai teks berwarna abu-abu dengan latar belakang putih akan menyebabkan para pengunjung situs anda merasa pusing ketika membacanya atau membuat para pengunjung anda langsung keluar dari situs anda. Jadi pastikan anda memeriksa masing-masing text benar-benar mudah untuk dibaca. Hindari memakai ukuran font yang kecil dimana para pengunjung anda akan merasa kesulitan dalam membacanya. Pastikan pembaca anda tidak perlu melakukan zoom hanya untuk membaca informasi yang ingin anda sampaikan melalui situs anda. Buat semuanya jelas tetapi tidak berlebihan.

3/ Perhatikan navigasi yang mudah

Kreasikan navigasi yang solid guna mengantarkan pengalaman terbagus bagi pengguna misalnya dengan meletakkan logo pada beranda. Ini menjadi salah satu upaya untuk pencitraan pada merek anda. Selanjutnya menu pada bagian atas / header disusun sesuai dengan pentingnya masing-masing bagian.

Menu atau navigasi di dalam desain web wajib diletakkan pada posisi yang pas dan bisa bekerja dengan baik, penempatan menu yang tepat akan memudahkan para pengunjung untuk menjelajahi situs dengan mudah dan juga mengarahkan menu tersebut ke konten atau tujuan informasi yang benar-benar penting. Hindari terlalu boros dalam pemakaian menu untuk tujuan yang tidak penting, selain akan terlihat semrawut, hal ini juga akan merusak desain web anda.

Berikan beberapa alternatif navigasi misalkan juga versi web anda adalah long-scrolling, maka cobalah gunakan satu klik guna mempercepat kembali ke halaman atas, atau turn secara langsung ke bawah. Footer adalah hal terakhir yang memungkinkan anda akan terlihat dalam situs web anda tetapi jangan lupa untuk menyertakan tautan penting seperti kontak, FAQ, dan ikon sosial media yang dibutuhkan oleh pengunjung anda.

4/ Perhatikan design responsive

Saat ini web desain sudah banyak mengalami perubahan, ketika smartphone ataupun tablet menjadi hal seperti wajib dimiliki oleh semua orang dan beberapa kemudahan akses internet melalui mobile juga sudah didapat saat ini maka membangun situs secara responsive bisa menyesuaikan ketika akan di akses pada berbagai perangkat seperti smartphone dan tablet merupakan suatu hal yang wajib. Karena ini akan benar-benar membuat para pengunjung anda akan merasa nyaman saat akan mengakses situs anda. Bukan hanya itu saja, dari sisi SEO, kini google lebih memprioritaskan untuk mengumpulkan situs yang sudah mobile friendly.

Masing-masing orang sekarang terhubung melalui perangkat mobile atau seluler yang selanjutnya akan menjadi pertanyaan yaitu apa yang akan dilihat pertama kali ketika para pengunjung mengakses situs web anda ? Ciptakan desain yang mobile friendly guna disesuaikan dengan masing-masing perangkat mobile untuk memberikan pengalaman berbeda untuk para pengguna yang akan mengunjungi situs web anda. Selalu lakukan uji coba pada setiap halaman guna memaksimalkan dan memposisikan sebagai pengguna.

5/ Perhatikan gambar yang bagus

Pemakaian gambar atau foto pada situs merupakan hal yang wajib anda utamakan, pilihlah gambar dengan ukuran yang sesuai dengan situs anda dan juga dengan kualitas yang bagus namun tidak berat, meskipun desian web sederhana namun jika didukung dengan gambar yang bagus dan sesuai maka akan menghasilkan web yang terlihat menarik dan elegan.

6/ Mengenal prinsip less is more

Hindari terjebak dengan konsep bahwa desain yang baik wajib memuat banyak elemen grafis. Justru saat ini user lebih menikmati untuk melihat desain-desain yang sederhana tetapi mudah untuk dimengerti. Maka dari itu utamakan agar desain anda memang sesuai dengan kebutuhan anda dan mampu menyampaikan informasi atau konten dengan baik. Desain yang terlalu ramai hanya akan membuat user merasa tidak nyaman dan malah tidak mengerti dengan konten website anda.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul ‘Tips Desain Web Agar Terlihat Elegan Dan Profesional’ dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tags Internet

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel