Tanaman Hias yang Bisa Tumbuh Subur di Pekarangan Rumah

25 Jun 2021 16:10 914 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tanaman Hias Yang Bisa Tumbuh Subur Di Pekarangan Rumah

Tidak dapat dipungkiri bahwa keindahan halaman rumah pastilah akan mempengaruhi kondisi kejiwaan dan tingkat stres para penghuninya. Sama seperti pepatah lama mengatakan bahwa ‘di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat’ maka halaman rumah yang indah dan asri juga menandakan penghuni rumah yang bahagia.

Meskipun rumah anda berupa rumah sederhana yang tidak luas, ada baiknya anda membuat taman-taman kecil yang serba asri dipenuhi dengan warna-warni tumbuhan nan cantik. Tertarik untuk mencoba ? Yuk ikuti ulasan singkat dari kami tentang tanaman-tanaman terbaik yang dapat anda hadirkan di depan halaman rumah milik anda.

1/ Tanaman / pohon palem

Dikenal beberapa jenis pohon palem yang sangat pas untuk ditanam di halaman rumah dimana idealnya memiliki suhu tropis seperti rata-rata semua daerah di Indonesia, anda bisa mencoba menghadirkan pohon palem ekor tupai yang memiliki kondisi dedaunan mekar, palem kipas yang rata-rata daunnya berukuran besar nan anggun hingga palem botol dengan kondisi batang pohon yang unik. Ada juga palem kuning atau merah dengan ciri khas sesuai dengan namanya masing-masing yaitu ada guratan bak keemasan dan merah yang memikat pada bagian ruas pelepahnya untuk halaman rumah cantik anda. Warna-warna yang ditonjolkan terlihat nyata yang menyebabkan orang-orang mengira kalau tanaman palem merah atau kuning ini adalah hasil cat tangan.  

Tanaman / pohon palem kerap menjadi pilihan pada desain taman minimalis yang dianggap membawa keberuntungan. Pastinya kehadiran pohon palem di pekarangan rumah anda bukan hanya membuat cantik dan indah namun juga menciptakan suasana semakin segar dengan hijaunya dedaunan yang membuat suasana sekitar menjadi teduh. Nongkrong di halaman saat sore hari menjadi semakin nyaman untuk dilakukan.

2/ Tanaman bunga melati

Dengan menerapkan metode penanaman yang baik dan benar bukan tidak mungkin halaman rumah anda akan menjadi lebih indah. Bunga melati adalah salah satu bunga khas Indonesia yang mengeluarkan aroma wangi dan berwarna putih cerah yang mempesona. Banyak disukai oleh kaum wanita.

Untuk mengembang-biakkan bunga melati maka anda bisa memulai dengan menggunakan media berupa pot bunga. Jika sudah mekar dengan sempurna, pot bunga bisa anda tempatkan di atas tembok pagar atau digantung di halaman depan rumah sebagai taman vertikal yang cantik. Cara merawat bunga ini juga mudah yaitu cukup menggunting cabang yang kurang rapi secara berkala, memberi pupuk dan air serta menyiangi secukupnya setiap hari.

3/ Tanaman / pohon mangga

Tanaman / pohon mangga adalah salah satu jenis tanaman halaman rumah yang paling digemari oleh masyarakat di Indonesia. Banyak sekali yang sudah berhasil membudidayakan pohon mangga hingga sukses dan berbuah lebat, besar-besar dan manis.

Bisa dimulai dari bibit buah mangga dan media berupa pot besar atau gundukan tanah yang memadai, pohon mangga dapat menyumbangkan estetika tersendiri untuk menambah keteduhan halaman rumah. Batang-batang pohon terlihat kokoh dan daunnya tumbuh rimbun pada waktu musim hujan atau musim dingin bisa menjadi pemandangan taman yang asri selain menikmati daging buah yang manis.

4/ Pohon kamboja

Apakah anda ingin memiliki halaman rumah dengan sentuhan khas Bali yang kental ? Coba tanam saja pohon kamboja di halaman rumah anda, tanaman ini dipercantik oleh warna-warni bunga pohon kamboja yang cantik. Pohon kamboja merupakan pelengkap yang paling pas bagi gaya arsitektur tradisonal.

Hal ini disebabkan karena salah satu gaya arsitektur terpopuler tersebut cenderung dipasangkan dengan dekor atau hiasan-hiasan tropis dimana secara kebetulan ini bisa diperoleh dengan menanam pohon kamboja di pekarangan rumah anda dengan ketinggian bisa mencapai lima meter.

5/ Bunga kembang sepatu

Menyimpan berbagai variasi warna-warni yang indah seperti ada merah, putih, hingga kuning, bunga sepatu dikenal dengan sebutan bunga hibiscus rosa. Bentuk bunga yang indah dan warna-warni yang mencolok menjamin halaman akan terlihat lebih segar dan mengesankan.

Di samping cantik dan cocok untuk halaman rumah, tanaman bunga kembang sepatu sangat bermanfaat untuk kesehatan dimana hampir seluruh bagian dari bunga kembang sepatu memberikan manfaat kesehatan seperti memperlancar peredaran darah, mencegah tekanan darah tinggi hingga berfungsi sebagai tonik.

6/ Tanaman atau pohon pinus

Bagi anda yang menetap di daerah pedesaan dengan suhu udara agak dingin maka cocok sekali jika halaman rumah ditanami dengan pohon pinus. Bentuk batang dan daun pinus memang memiliki ciri khas yang mengingatkan anda pada asrinya hutan hijau.

Pohon pinus memiliki daya tarik tersendiri sebagai hiasan halaman rumah yang tidak membutuhkan banyak perawatan, cukup dengan dirapikan secara berkala saja maka sudah dapat menampilkan pemandangan pekarangan nan asri. Pinus merkus merupakan salah satu jenis pohon pinus yang kerap dijumpai di halaman rumah.

7/ Tanaman lidah buaya

Tanaman lidah buaya atau aloe vera merupakan salah satu jenis tanaman hias yang pas dikembangkan untuk memperindah halaman rumah agar terlihat asri. Dimana selain berfungsi sebagai tanaman hias juga sejak zaman dahulu dikenal atas khasiatnya untuk kesuburan rambut, kesehatan kulit dan obat luka. Sehingga tidak aneh rasanya kalau tanaman ini merupakan salah satu tanaman favorit keluarga untuk taman dalam pekarangan rumah anda.

8/ Tanaman hias aglaonema

Nama tanaman hias yang satu ini mungkin masih terdengar asing di telinga, namun tanaman aglaonema adalah salah satu tanaman hias favorit di halaman rumah yang sudah sangat populer sejak zaman dahulu. Dimana tanaman ini dianggap sebagai salah satu tanaman pembawa keberuntungan yang rata-rata memiliki dua warna yaitu perpaduan antara warna hijau gelap dan terang dengan dihiasi ruas-ruas merah tampak sangat jelas di guratan daunnya. Tanaman aglaonema cocok sebagai pemanis halaman rumah di negara-negara beriklim tropis seperti Indonesia.

9/ Tanaman hias kuping gajah

Kuping gajah atau antharium crystallinum adalah salah satu tanaman hias yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. Cukup mudah mengenali tanaman indah ini yaitu dari bentuk daunnya yang menyerupai kuping gajah atau berbentuk hati dengan tangkai yang kurus. Warna daun hijau agak gelap dengan urat-urat hijau dan bercak putih pada kelopaknya mampu memikat hati para pecinta tanaman hias.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Tanaman Hias Yang Bisa Tumbuh Subur Di Pekarangan Rumah’ dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

 

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel