Bukan Hanya Penyedap Makanan, Ini Manfaat Micin untuk Tanaman

30 Jun 2021 15:30 2554 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Bukan Hanya Penyedap Makanan, Ini Manfaat Micin Untuk Tanaman

Micin adalah salah satu penyedap rasa pertama ditemukan oleh seorang ahli Kimia asal Jepang bernama Kikunae Ikeda. Pada mulanya Ikeda hanya merasa penasaran dengan rahasia dibalik rasa enak pada kaldu khas Jepang yang biasa disebut dengan nama dashi. Dashi ini adalah kaldu populer yang kerap dimanfaatkan sebagai penambah rasa pada berbagai sajian sup dimana ternyata dashi terbuat dari fermentasi rumput laut yang direbus bersama dengan ikan-ikan kering. Pada tahun 1908, Ikeda mencoba melakukan eksperimen dengan cara menguapkan rumput laut selama beberapa hari lamanya dimana rumput laut yang diuapkan tersebut akan berubah bentuk menjadi kristal-kristal kecil yang bercita rasa gurih menyerupai dengan dashi. Akhirnya ditemukanlah rasa baru yaitu dominan rasa gurih dengan kandungan asam glutamat di dalamnya.

Mengenal Kandungan Micin

Micin atau yang memiliki nama panjang yaitu monosodium glutamate / MSG ini adalah zat penyedap rasa yang terbuat dari tetes-tetes tebu merupakan zat Kimia yang dibuat melalui proses fermentasi. Kandungan micin terdiri dari air, asam glutamat, natrium, karbon organik C, nitrogen dan beragam unsur hara lainnya.

Rasa unik dank has yang dihasilkan oleh micin dipercaya oleh orang-orang Asia sebagai salah satu penyedap rasa yang ampuh membuat makanan menjadi terasa lebih enak. Namun ada beberapa kalangan yang meyakini bahwa mengonsumsi masakan yang ditambahkan micin bisa membuat kecerdasan menurun. Padahal ini tidak benar jika micin digunakan dalam takaran wajar-wajar saja alias tidak berlebihan.

Apakah Benar Micin Bisa Menyuburkan Tanaman ?

Soal kebenaran hal ini, bisa dipastikan bahwa penggunaan larutan micin sebagai air siraman tanaman adalah benar. Hal ini dikarenakan kandungan unsur hara dalam micin sangat cocok untuk kondisi akar tanaman menjadi sehat dan subur seperti Fe, S, Ca, Mo, Mg, C, Ha, Na, N, K, dan P.

Beberapa jurnal penelitian juga membuktikan bahwa larutan micin bisa menyuburkan tanaman-tanaman ukuran kecil dan sedang seperti tanaman pangan, sayur-mayur dan tanaman berbunga. Sedangkan untuk tanaman ukuran besar seperti pohon durian, jambu, mangga dan sejenisnya kurang cocok jika hanya diberikan larutan micin sebagai penyubur. Dari sisi ekonomi, penggunaan micin juga dirasa lebih mahal untuk dosis penggunaan tanaman sebesar itu.

Lantas apa saja manfaat micin untuk tanaman ? Simak uraian berikut ini.

1/ Menyuburkan tanaman

Micin bermanfaat untuk menjadikan tanaman tumbuh dengan subur. Micin berguna sebagai pemicu pertumbuhan tanaman pangan, buah, tanaman hias dan jenis tanaman lainnya yang ada di polybag. Micin bermanfaat mencegah kerontokan daun, membuat daun hijau dan lebih segar, serta memperkuat akar. Hal ini dikarenakan micin mempunyai kandungan kalium dan natrium yang memang dibutuhkan guna berperan besar dalam pertumbuhan tanaman.

2/ Mempercepat tumbuhnya bunga

Manfaat kedua adalah mempercepat tumbuhnya bunga dimana kondisi ini sangat bagus untuk tanaman sayur dan buah-buahan berbatang kecil dan sedang. Makin banyak jumlah bunga yang muncul akan berarti makin banyak pula hasil buah yang akan didapatkan. Namun ingat berikan micin ketika tanaman belum memiliki bunga dan buah.

3/ Mencegah tanaman menjadi kering

Penggunaan micin secara berkesinambungan dapat meningkatkan kadar air pada tanaman. Senyawa natrium yang terdapat pada micin bisa mengikat air yang bisa diserap secara langsung oleh tanaman. Dengan simpanan air dalam jumlah besar di dalamnya akan mencegah tanaman menjadi lekas kering.

4/ Alternatif pupuk ramah lingkungan

Penggunaan pupuk Kimia secara berlebihan dan terus-menerus tentu tak baik untuk unsur hara tanah. Memupuk tanaman dengan micin pun bisa menjadi salah satu alternatif pupuk yang ramah lingkungan karena mudah larut di dalam tanah dan bisa diserap langsung oleh tanaman. Untuk pengaplikasiannya adalah pastikan tanaman sudah berusia 2 minggu tanam. Selanjutnya jangan taburkan secara langsung micin ke area tanam karena justru membuat tanaman menjadi tidak subur. Selain menyiram cairan micin, anda juga bisa menggunakan cara penyemprotan secara rutin minimal 5 hari sekali.

5/ Merangsang pertumbuhan tanaman

Senyawa nitrogen yang terkandung di dalam micin bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan daun, cabang / ranting dan batang tanaman. Senyawa nitrogen yang terkandung di dalam micin juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan daun, cabang, dan batang tanaman. Tanaman menjadi lebih tahan penyakit dan zat kalium yang menyertainya memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tanaman terhadap penyakit.

6/ Membuat warna daun lebih hijau

Manfaat micin untuk tanaman yang keenam adalah menjadikan warna dedaunan tanaman lebih hijau. Dimana zat hijau daun atau klorofil terbuat dari asam glutamate jadi wajar saja jika pemberian larutan micin pada tanaman bias daun akan menyebabkan warna daunnya menjadi lebih hijau, segar dan cantik. Namun perlu dipahami bahwa perubahan warna daun ini tidak disertai dengan mempercepat proses penambahan jumlah daun. Untuk menambah jumlah daun dibutuhkan perawatan khusus lain dan jangan lupa pemberian pupuk.

7/ Menyuburkan tanah

Manfaat micin untuk tanaman yang terakhir adalah bisa dijadikan sebagai pupuk penyubur tanah yang ramah lingkungan. Cairan limbah organik ini mengandung senyawa karbon, hydrogen, natrium, dan oksigen yang bagus untuk meningkatkan kualitas tanah. Sehingga pertumbuhan tanaman akan terproses dengan baik dan tanaman pun semakin tumbuh subur. Meskipun demikian, penggunaan pupuk lainnya tetap dibutuhkan.

Cara Membuat Larutan Micin Untuk Tanaman

Setelah anda mengetahui manfaat micin untuk tanaman, maka selanjutnya anda harus mengetahui cara membuat larutan micin untuk tanaman. Pelarutan micin ini cukup dilakukan sesuai dengan dosis penyiraman tanaman dengan larutan micin yaitu 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

Berikut cara membuat larutan micin untuk tanaman antara lain sebagai berikut :

Pertama-tama adalah siapkan 25 gram micin yang selanjutnya dilarutkan ke dalam setengah ember air bersih atau sekitar 3 sampai dengan 5 liter air. Disarankan untuk menggunakan air sumur bersih dan masih mengandung zat-zat alami (bukan air hasil penyulingan). Kemudian larutan micin pun siap disiramkan pada tanaman yang baru ditanam sekitar 2 minggu. Larutan micin sangat cocok dijadikan sebagai nutrisi tambahan dalam budidaya tanaman di rumah anda.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel berjudul ‘Bukan Hanya Penyedap Makanan, Ini Manfaat Micin Untuk Tanaman’ dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat.

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel