Hal Apa Saja Yang Wajib Ada di Kedai Kopi Kekinian?

24 Jun 2021 13:25 735 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Hal Apa Saja Yang Wajib Ada Di Kedai Kopi Kekinian

Saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat yaitu berkunjung dan santai sejenak di kedai-kedai kopi yang mulai menjamur tidak hanya di kota-kota besar di Indonesia namun juga hingga ke pelosok kota-kota kecil. Mulai dari kopi ternama hingga kedai-kedai kopi kecil milik perorangan menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai sambil berfoto selfie gina dipajang di media sosial.

Menurut riset yang dilakukan oleh Toffin dan MIX MarComm SWA, konsumsi kopi domestik tahun 2021 tumbuh sebesar 13,9 % per tahun. Pertumbuhan ini sepertinya tidak surut di tahun 2020 kemarin dan tahun-tahun sebelumnya.

Tren tersebut di atas selanjutnya dilirik oleh banyak kaum muda seperti salah satunya adalah Yusuf Ivantoro, seorang mahasiswa yang bersama-sama ketiga sahabatnya membuka usaha kedai kopi di salah satu kompleks perumahan di daerah Bekasi. Bermula dari sekedar hobi minum kopi, berlanjut pada keinginan untuk menyeduh kopi enak sendiri di rumah hingga membuka usaha di sela-sela kuliah onlinenya.

Nah berbekal ilmu yang didapat dari Barista Kedai Kopi yang menjadi langganannya maka akhirnya Ivan membuka kedai kopi meskipun sudah ada beberapa kedai kopi lain di sekitar lokasi tempat tinggalnya dengan nama Kedai Kopi Pocip. Menurutnya dengan membuka kedai kopi sendiri namun bukan franchise maka ia berharap bisa menjual kopi yang lebih murah dan bisa berkreasi sebebas mungkin.

Menjamurnya kedai kopi dalam satu lokasi atau satu area yang sama akan dengan mudah memicu persaingan bisnis kedai kopi yang semakin ketat. Jika anda adalah salah satu yang ingin membuka kedai kopi seperti Ivan tersebut di atas, maka sebelumnya perhatikan 5 hal tersebut di bawah ini yang wajib ada di kedai kopi kekinian yaitu sebagai berikut :

1/ Perhatikan varian yang beragam dan menarik

Kedai kopi kekinian rata-rata mempunyai beragam varian kopi. Jangan malas berkreasi hanya pada campuran susu sapi saja. Cobalah gunakan susu berbasis nabati seperti susu almond, susu kedelai, atau lainnya dan bisa menggunakan berbagai jenis pemanis seperti gula arena tau simple syrup yang dicampur dengan beragam rempah. Selain menyuguhkan kopi, kedai kopi dapat juga menyajikan minuman non kopi seperti hot chocolate, teh tarik, atau matcha latte.

2/ Sediakan tempat yang nyaman

Kedai kopi kekinian tidak hanya menyuguhkan minuman yang bisa memuaskan dahaga dan pelezat lidah saja namun juga sebagai tempat yang nyaman untuk bercengkerama bersama teman-teman ataupun keluarga.

Namun saat pandemi ini banyak pengunjung kedai yang memilih untuk take away atau grab and go saja. Meskipun demikian, anda masih perlu menyediakan tempat menunggu yang nyaman juga pikirkan tentang tempat parkir guna memudahkan petugas online delivery datang menjemput pesanan.

3/ Cashless

Saat ini menjadi zaman serba cashless dimana semua pembayaran dilakukan secara non tunai. Ini dilakukan untuk kenyamanan dan kemudahan dalam pembayaran. Selain melakukan kerjasama dengan bank, and juga bisa bekerja sama dengan aplikasi pembayaran lain seperti Gopay, OVO, Shopee Pay, dan lain sebagainya.

4/ Menyediakan camilan pendamping

Ketika berkunjung atau sedang bercengkerama di kedai kopi, camilan adalah salah satu yang sangat dibutuhkan. Beberapa jaringan kedai kopi ternama bahkan sudah menciptakan brand camilan tersendiri yang dijual bersamaan atau bundling dengan kopinya. Akan tetapi, sebelum memilih menu camilan, perhatikan dulu kondisi kedai kopi anda apakah memungkinkan untuk menyajikan makanan yang langsung dibuat ? Bekerja sama dengan pihak ketiga juga bisa menjadi salah satu alternatif.

5/ Menerapkan protokol kesehatan

Hal terpenting ketika sedang musim pandemi adalah perhatikan protokol kesehatan seperti menyediakan hand sanitizer di tempat yang umum atau mudah dijangkau. Untuk para pengunjung yang minum di tempat, lakukan pengecekan suhu dan penggunaan masker juga harus diterapkan dengan disiplin. Penataan tempat duduk dan meja juga harus memperhatikan jarak aman.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Hal Apa Saja Yang Wajib Ada Di Kedai Kopi Kekinian’ dirangkuam dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaa

Tags Wisata

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel