Bahan-Bahan Alami di Dapur Pengusir Cicak

7 Jun 2021 16:35 1611 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bahan-bahan alami di dapur pengusir cicak.

Ada banyak sekali ditemukan hewan rumah yang kerap mengganggu dan sangat sulit untuk diusir misalnya kecoa, semut, nyamuk dan yang terakhir tokek atau cicak. Nah yang terakhir yaitu cicak mungkin akan membantu mengusir nyamuk dengan cara memakannya namun cicak sendiri seringkali menjadi pengganggu, apalagi bisa membuat para perempuan di rumah merasa geli jika tanpa sengaja kejatuhan cicak.

Cicak memang bisa difungsikan untuk membantu anda mengusir nyamuk di dalam ataupun di luar rumah. Namun seperti dijelaskan tersebut di atas, kehadiran cicak di rumah  anda terutama yang perempuan merasa terganggu karena hewan rumah yang satu ini kerap tiba-tiba muncul di tempat-tempat tak terduga seperti sela-sela lemari baju atau sekitar meja makan guna mencari remahan makanan. Kalau sudah begitu, area tersebut pun menjadi tak higienis lagi.

Tidak hanya itu saja, saat cicak-cicak tersebut merayap didinding, cicak sering meninggalkan atau membuang kotoran dengan sembarangan yang akan membuat noda yang berbau tak sedap dan sulit untuk dibersihkan. Tentunya hal ini akan menyebabkan anda merasa kerepotan karena harus rajin membersihkan ulang tempat-tempat yang terkena kotoran.

Kalau sudah merasa risih dan mengganggu, maka ada baiknya apabila anda mulai menemukan salah satu cara untuk mengusir cicak. Anda bisa melakukan ini hanya dengan bermodalkan bahan-bahan alami yang sangat mudah ditemui di dapur yaitu seperti yang kami sebutkan di bawah ini :

1/ Gunakan bawang putih dan bawang bombay

Kedua bahan ini selain berfungsi sebagai bumbu penyedap masakan, bawang putih dan bawang bombay pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengusir cicak yang terbukti sangat ampuh. Caranya adalah cukup dengan meletakkan beberapa butir bawang putih atau bawang bombay pada beberapa area rumah yang suka dilalui oleh cicak. Cara kedua adalah anda bisa membuat cairan yang berasal dari kedua bahan tersebut lalu semprotkan di dinding yang sering didatangi cicak.

2/ Gunakan lada

Aroma lada yang mengeluarkan bau menyengat sangat ampuh dimanfaatkan untuk mengusir cicak dari rumah anda. Anda bisa menaburkan bubuk lada pada beberapa sudut di rumah anda guna menghalau si cicak. Alternatif lainnya adalah anda bisa memasukkan lada ke dalam botol lalu mencampurnya dengan air bersih. Lantas semprotkan larutan alami ini pada tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh cicak.

3/ Bubuk kopi

Bau khas yang dikeluarkan dari serbuk kopi bisa menjadi mood booster bagi anda. Namun ternyata aroma yang sangat tajam dikeluarkan oleh serbuk kopi ini sangat tidak disuaki oleh cicak. Nah untuk mencegah hewan tersebut datang dan merayap di dinding hunian anda maka anda bisa menaburkan bubuk kopi pada bagian sudut rumah. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, anda bisa mencampurkan bubuk kopi dengan tembakau karena bubuk tembakau berfungsi sebagai racun bagi cicak.

4/ Cabai kering

Bahan yang satu ini sangat mudah untuk didapatkan guna mengusir cicak dari rumah yaitu cabai kering. Caranya hampir sama dengan menggunakan bubuk kopi yaitu menempatkan vabai-cabai kering pada beberapa sudut rumah anda. Selain cabai kering anda juga bisa menggunakan cabai bubuk sebagai alternatifnya.

5/ Cangkang telur

Jangan terburu-buru membuang kulit telur setelah selesai membuat hidangan dari bahan yang satu ini. Karena cangkang telur bisa dimanfaatkan untuk mengusir cicak-cicak agar menjauh dari rumah anda. Untuk memanfaatkannya maka pertama-tama tumbuk kulit telur hingga menjadi serpihan lalu masukkan ke dalam kantong plastik yang sudah dilubangi. Kemudian letakkan cangkang kulit tersebut di area rumah yang sering didatangi oleh cicak.

6/ Gunakan serai dan kantong teh

Seperti diketahui bahwa serai bermanfaat sebagai bahan penyedap masakan dan enak juga diolah sebagai salah satu minuman tradisional. Tapi yang lebih penting, bahan dapur ini merupakan penolak hama termasuk di dalamnya adalah cicak. Caranya sangat mudah dilakukan yaitu dengan memasukkan serai ke dalam kantong teh lalu tempatkan campuran keduanya pada masing-masing sudut rumah guna menghalau cicak.

7/ Hindari meninggalkan makanan terbuka

Salah satu yang menjadi kebiasaan cicak adalah berkunjung pada makanan atau minuman yang sering dibiarkan terbuka begitu saja. Nah untuk mengusir cicak yang nakal, maka pastikan kalau meja makan serta dapur anda bebas dari makanan terbuka atau sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan sempurna.

8/ Tutup retak dan sela-sela tembok

Pada rumah-rumah yang sudah terbilang berumur, maka sangat mudah dijumpai sela-sela atau retakan pada tembok yang bisa menjadi sarang cicak untuk berkembang biak. Tutuplah sela-sela retakan tembok tersebut agar cicak tidak memiliki tempat untuk membuat sarang.

9/ Bawang merah

Bawang merah merupakan salah satu bahan alami yang bagus dimanfaatkan untuk mengusir cicak. Caranya adalah dengan menempatkan bawang merah di sudut-sudut rumah yang biasa terlihat oleh cicak.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai judul artikel yaitu ‘Bahan-Bahan Alami Di Dapur Pengusir Cicak’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat.

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel