Tips Desain Web Bisnis Seperti Profesional

7 Jun 2021 13:35 2700 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menyediakan beberapa tips mendesain web bisnis seperti profesional. 

Masing-masing usaha bisnis baik itu yang skala besar atau kecil membutuhkan sebuah website profesional yang bisa membantu memasarkan websitenya. Tetapi, pengelolaan website dapat sangat mengintimidasi bagi pebisnis yang belum pernah menggunakan website atau yang kurang faham apa-apa tentang website. Website bisa menjadi salah satu elemen terpenting dalam bisnis anda, bisa membantu membangun kepercayaan diantara klien atau malah membuang calon pelanggan.

Apabila anda ingin membuat sebuah website untuk bisnis tetapi saat ini sedang kehabisan ide, maka anda bisa melihat artikel mengenai tips desain web bisnis berikut ini.

Beberapa Tips Desain Web Bisnis Untuk Anda

Berikut di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan ketika ingin membuat sebuah website bisnis baik itu kelas kecil maupun menengah.

Memakai domain yang mudah diingat

Tips desain web bisnis yang pertama wajib untuk anda perhatikan agar pembuatan situs web bisnis anda menjadi efektif adalah dengan membuat nama domain yang mudah ditemukan serta mudah diingat-ingat di kepala oleh para konsumen yang sekiranya memudahkan mereka memakainya nanti. Juga situs web sebaiknya mudah dicari pada mesin pencari terutama di mesin pencarian Google dimana domain yang akan anda putuskan untuk dipakai sebaiknya mewakili usaha bisnis yang telah anda rintis dan jalankan.

Membuat website anda menjadi responsif

Setelah Google mengumumkan indeks yang memprioritaskan terhadap tampilan mobile, maka selanjutnya anda akan sangat kesusahan jika situs web bisnis kecil anda tidak responsif di semua perangkat khususnya mobile. Ini berarti bahwa situs anda akan melakukan adaptasi dan mengatur ulang ketika dilihat di perangkat mobile. Tetapi hal ini tidak akan membuat situs web anda menjadi ramah pada tampilan mobile atau responsif. Anda harus bisa memastikan bahwa situs web anda memberikan pengalaman yang ramah pengguna di semua perangkat untuk bisa mengoptimalkan situs web anda.

Website anda harus mudah ditemukan oleh Google

Website yang tertata dengan rapi, kontem yang jelas, URL yang tepat, sitemap, dan kata kunci yang relevan akan memungkinkan mesin pencari seperti Google untuk mengindeks website bisnis anda dengan mudah dan cepat. Desain website untuk bisnis haruslah mencakup setidaknya penguasaan SEO dasar. Sangat penting untuk menjadikan website anda sebagai SEO friendly guna mempermudah Google dalam mengindeksnya.

Berhubungan dengan prospek harus banyak masuk

Salah satu fungsi terpenting di dalam situs web bisnis kecil maupun besar adalah fokus kepada prospek masuk dan bisa menangkapnya sebanyak mungkin. Pada umumnya sebelum membeli sebuah produk maka orang-orang suka melakukan penelitian awal dan melakukan perbandingan lalu mungkin belum siap untuk secara langsung membeli pada saat itu juga. Mereka biasanya mencari perbandingan dari tempat-tempat lain untuk selanjutnya akan memutuskan apakah akan membeli barang tersebut atau tidak. Saat ini terjadi, seharusnya digunakan untuk mendapatkan alamat email mereka sehingga anda bisa terus memberi informasi dan mengukur kapan mereka siap untuk membeli produk anda. Namun anda harus menghindari terlalu memaksa karena ini bisa mengganggu calon pelanggan.

Detail kontak mudah terlihat

Ini kemungkinan besar akan tampak seperti hal yang kurang jelas untuk diperhatikan, namun tetap saja haruslah diperhatikan. Nomor yang mudah dihubungi atau alamat email anda harus ditampilkan secara mencolok di situs web dan jika memungkinkan diletakkan pada bagian atas dan bawah dari masing-masing halaman. Buat halaman kontak di bagian akhir yang tidak hanya menyertakan nomer kontak saja tetapi juga alamat email, alamat fisik perusahaan, dan peta lokasi, bersama dengan petunjuk arah dan jam operasi perusahaan anda supaya calon pelanggan tidak bingung ketika mengunjungi website anda.

Membuat halaman website yang rapi

Untuk bisa menciptakan sebuah situs web bisnis yang efektif maka ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan yaitu dengan mendesain situs web bisnis anda agar tetap enak dilihat oleh mata dan tidak berantakan. Seimbangkan antara gambar-gambar yang telah anda pasang ke dalam bentuk font yang sudah anda pilih. Saat menggunakan font perlu memperhatikan font apa yang akan dipilih, hindari memilih font yang susah dibaca oleh para pengunjung website anda dimana hal ini akan menyebabkan mereka merasa tidak betah dan tidak ingin membeli produk anda.

Selanjutnya anda tidak perlu menampung semua informasi bisnia anda dalam tampilan web karena halamannya akan sangat lama untuk diload. Biasanya ini merupakan pengaruh dari template yang sudah dipilih. Jadi pilihlah template yang tampil sederhana namun elegan, anda juga tidak perlu memasang banyak widget yang tak ada hubungan sama sekali dengan produk usaha bisnis anda. 

Memperhatikan produk atau layanan anda haruslah terlihat jelas

Beberapa desain website bisnis tidak bisa menampilkan produk-produk mereka secara efektif atau menunjukkan terlalu banyak produk dan layanan pada satu halaman untuk selanjutnya mereka akan mengabaikannya. Ingat bahwa anda hanya mempunyai beberapa detik untuk memenangkan atau kehilangan pelanggan yang memiliki potensi besar untuk membeli produk-produk anda. Jadi pastikan kesan pertama anda adalah profesional. Apabila anda adalah perusahaan yang khusus menjual produk secara online, maka foto-foto produk, gambar, dan deskripsi harus jernih dan tepat sehingga mudah untuk dilihat ataupun dibaca. Jika anda mempunyai desain situs web yang tepat namun produk belum ditampilkan dengan optimal maka para pelanggan anda akan berpikir dua kali sebelum membeli produk melalui web anda.

Membuat konten yang berkualitas

Tips desain web bisnis yang paling akhir adalah berhubungan dengan relevansi konten di website bisnis anda. Dalam hal ini konten memegang peran utama untuk memperoleh kondisi terindeks pada mesin pencari data khususnya Google. Semakin kualitatif dan kuantitatif konten yang anda kelola, maka semakin mudah bagi mesin pencari untuk menemukan dan mengindeks website bisnis anda. Konten yang buruk atau tidak relevan merupakan pengubah permainan ketika menarik atau memadamkan pemirsa. Yang terfokus adalah anda perlu membayar perhatian ekstra karena ini bisa dijadikan sebagai penentu perbedaan antara pengunjung yang akan meninggalkan situs anda atau melanjutkan proses untuk menelusuri sisanya.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Tips Desain Web Bisnis Seperti Profesional’ yang kami rangkum dari berbagai sumber berita. Semoga berguna bagi para pembaca.

 

 

 

 

 

Tags Internet

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel