Tips Memulai Blog Bagi Para Pemula

9 Jun 2021 14:30 445 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Beberapa tips memulai blog bagi para pemula yang patut untuk diperhatikan dengan terfokus.

 

Dalam urusan menciptakan atau membuat sebuah blog tidaklah sesulit yang anda bayangkan. Dimana anda bisa memulai dari yang termudah alias gratisan. Ada banyak platform yang dapat anda aplikasikan guna membuat blog gratis seperti Medium, WordPress, atau Blogger. Tujuan dari blogging dalam hal ini adalah untuk menulis sehingga selama anda bisa menumpahkan pikiran anda ke dalam bentuk tulisan secara rutin dan tentu saja menarik, maka anda sudah dapat disebut sebagai seorang blogger.

Apabila anda berniat menjadikan blogger sebagai salah satu profesi utama maka anda membutuhkan lebih dari sekadar menulis karena anda harus mengumpulkan pemasukan dari sana. Anda harus dapat memfungsikan blog sebagai salah satu aset dan tulisan sebagai produk yang hendak dijual kepada para pengunjung yang akan membaca tulisan anda tadi. Selanjutnya memonetisasi lalu lintas pengunjung tersebut menjadi pendapatan aktif atau bisa dengan cara memasang iklan pada blog anda.

Dengan memanfaatkan blog sebagai salah satu media perantara untuk membagikan tulisan anda, hal ini akan sangat bermanfaat bila orang yang menemukan blog anda akan merasa terbantu. Di samping itu blog juga bisa anda fungsikan untuk berbagi cerita tentang perjalanan atau pengalaman kepada para pembaca. Untuk meyakinkan lagi, tersebut di bawah ini ada beberapa alasan kenapa blog bisa bermanfaat bagi anda atau pun orang lain.

Beberapa Tips Untuk Memulai Blog

Setelah anda memantapkan diri bahwa anda ingin menjadi penulis sebuah blog, maka selanjutnya adalah sudah saatnya untuk mengetahui beberapa tips di dalam memulai blog ini agar nantinya anda bisa menghasilkan blog yang sesuai dengan keinginan anda.

1/ Tentukan tujuan blog

Tips awal yang sangat penting adalah mengetahui tujuan dibuatnya blog agar menjadi sebuah blogger pemula yang bagus. Anda disarankan untuk tidak sembarangan menulis blog dan membuatnya tanpa arah dan tujuan yang jelas karena nanti akan kesulitan dalam mengurus dan mengembangkan blog yang anda buat. Miliki satu tujuan, anda jadi tahu bagaimana blog tersebut akan dibangun lalu ke arah mana blog tersebut nantinya akan dikembangkan ke depannya dengan baik. Ini penting untuk dilakukan karena blog bukanlah kegiatan yang dalam satu atau dua hari akan menunjukkan hasil. Dibutuhkan usaha yang berkesinambungan agar blog anda bisa berjalan dan berkembang. Tujuan dari anda menulis blog adalah untuk dapat mengembangkan kemampuan menulis, berbagi informasi dengan orang lain dan tentau saja mengumpulkan penghasilan secara online.

2/ Tentukan jenis-jenis blog 

Sebaiknya anda mengetahui tentang jenis-jenis blog apa saja yang ingin anda kembangkan. Sesuaikan dengan hobi dan hal-hal lain terkait yang anda sukai. Ini akan memudahkan anda dalam menulis dan akan dimuat dalam blog anda. Apabila memungkinkan, anda bisa membuat blog yang memuat informasi yang lebih spesifik seperti review makanan, blog tentang traveling atau tentang olahraga.

3/ Buatlah yang berbeda

Mungkin di luar sana ada banyak sekali blog lainnya yang setipe dengan blog yang anda buat. Namun jangan menjadikan ini sebagai halangan anda untuk memulai blog. Anda bisa menemukan celah-celah untuk menempatkan keunikan untuk tetap berada di lingkungan blog yang anda buat.

4/ Konten berkualitas dan bermanfaat

Konten pada blog yang akan anda buat diusahakan berkualitas dan memiliki manfaat tertentu. Hal ini akan menyebabkan para pembaca atau para pengunjung anda akan merasa betah berada di dalam blog yang anda buat karena informasi yang disampaikan bermanfaat bagi para pembaca.

5/ Manajemen waktu

Cara yang satu ini kadang-kadang terlihat sepele untuk sebagian orang dimana banyak dari mereka kurang memperhatikannya yaitu membuat manajemen waktu terbaik untuk blogging.

Kegiatan blogging pada dasarnya disusun tidak harus mengikat waktu tertentu namun ada banyak hal yang mesti dilakukan guna membuat pengaturan waktu menjadi penting. Jika sudah melakukan ini dengan teratur maka anda bisa tahun kapan waktu yang tepat guna merencanakan konten, menulis artikel dan melakukan langkah-langkah optimasi blog.

Seperti dilansir dari Niagahoster, berikut ini adalah beberapa tips manajemen waktu dalam blogging antara lain sebagai berikut :

  • Menentukan target posting anda.
  • Maksimalkan waktu produktif anda.
  • Catat ide-ide konten kapan saja.
  • Lakukan beberapa hal yang sama.

6/ Sering-seringlah melakukan komunikasi dengan para pembaca

Tips yang satu ini bisa anda lakukan setelah anda membuat blog untuk selanjutnya orang-orang mulai membaca blog yang anda desain. Komunikasi dengan para pembaca bukan berarti anda harus menelpon atau chat, anda bisa melakukan komunikasi melalui kolom komentar yang ada di blog yang anda buat. Komunikasi juga bisa anda lakukan melalui media sosial bagi para pengikut anda nantinya dimana usahakan agar aktif berkomentar dengan para pembaca agar anda dapat menjalin hubungan yang bagus dengan para pembaca anda nantinya.

7/ Tetap menjadi kreatif

Salah satu alasan kenapa para pengunjung mendatangi blog anda adalah karena di dalamnya ada banyak informasi yang memiliki manfaat tertentu dan tidak ditemukan di blog lainnya. Maka dari itu usahakan untuk dapat menjadi blogger yang kreatif sehingga bisa membantu kesuksesan blog yang anda buat nantinya.

Apabila ingin kreatif dalam membuat blog, maka bisa dilakukan dengan beberapa cara agar kreatifitas blogger bisa dilakukan secara optimal, antara lain sebagai berikut :

  • Usahakan menulis informasi terbaru yang sebelumnya belum pernah dibuat akan menjadi salah satu langkah untuk menjadi blogging yang efektif. Ini wajib didukung dengan adanya pengetahuan yang cukup. Bisa dengan melakukan riset dari sumber lain atau melakukan eksperimen tersendiri.
  • Meskipun beberapa informasi anda sama dengan blog-blog lainnya, cara penyampaian yang berbeda bisa menjadi strategi blog yang baik.
  • Lengkapi penjelasan anda dengan video, infografik dan yang lainnya. Tidak hanya itu saja, apabila artikel di blog lain hanya memungkinkan pembaca membaca secara online maka anda bisa membuat versi e-book agar dapat dibaca secara offline oleh pembaca anda nantinya.

Nah usahakan agar tetap kreatif dalam menulis blog agar para pembaca tidak pergi meninggalkan blog yang anda buat.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Tips Memulai Blog Bagi Para Pemula’ yang dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

About The Author

utamii 28
Novice

utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel