Tips Pengunjung Betah di Blog yang Anda Kelola

10 Jun 2021 08:48 429 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Beberapa tips membuat para pengunjung betah di blog yang anda kelola. 

Apabila anda adalah seorang blogger atau penulis konten, di samping akan mendapatkan pengunjung yang banyak pastinya anda akan merasa senang jika para pengunjung blog anda merasa betah berlama-lama membaca habis seluruh tulisan yang anda miliki. Biasanya anda bisa melihat lama dan banyaknya pengunjung di website anda dengan memakai statistik yang disediakan oleh Google Analytic.

Nah mengetahui hal tersebut, anda pastilah sangat ingin agar hal ini terjadi di blog yang anda kelola, namun aka nada banyak faktor yang menyebabkan hal ini susah untuk diwujudkan. Namun tetap tenang, anda bisa perlahan-lahan membuat hal itu terwujud dengan artikel mengenai beberapa tips pengunjung betah di blog yang anda miliki ini.

1/ Mempercepat loading blog

Tips agar pengunjung betah di blog yang pertama adalah dengan mempercepat loading blog yang anda buat. Ini akan menjadi salah satu faktor pendukung yang menyebabkan para pengunjung betah untuk berada di blog anda karena loading blog yang cepat. Justru para pengunjung akan merasa jengkel jika loading blog sangat lama. Bahkan jika loading blog terlalu lama maka dapat dipastikan para pengunjung akan langsung keluar dari blog anda.

Maka dari itu anda wajib memastikan blog selalu dalam performa yang optimal. Dengan adanya loading blog yang cepat, maka anda berpotensi untuk membuat blog ramai dikunjungi oleh orang lain. Guna bisa mengetahui kecepatan dari sebuah website maka anda bisa mengunjungi website Google Speed Insight atau GTMetrix.

2/ Tampilan haruslah bersifat responsif

Blog yang anda siapkan haruslah bersifat responsif. Sehingga blog ini bisa diakses kapan saja oleh para pengunjung dengan menggunakan perangkat apapun tidak hanya memanfaatkan website namun juga bisa dengan aman diakses dengan menggunakan perangkat mobile phone ataupun tablet. Cara mengecek apakal blog anda sudah responsif atau belum adalah dengan membuka website pada berbagai perangkat. Apakah tampilannya menyesuaikan dengan perangkat yang anda gunakan atau tidak. Apabila tampilan blog menyesuaikan dengan perangkat yang anda gunakan maka ini berarti blog anda responsif. Namun jika tampilan blog yang akan anda lihat pada berbagai platform perangkat justru menjadi berantakan atau terlihat kurang rapi maka bisa dipastikan blog anda tidak responsif.

Di samping itu dengan adanya tampilan yang responsif akan dapat menyesuaikan pada berbagai platform gadget sehingga para pengunjung blog akan betah berada di area blog anda.

3/ Ciptakan blog agar mudah dibaca dan dimengerti

Tips pengunjung yang ketiga agar para pengunjung betah di blog selanjutnya adalah ciptakan blog agar para pengunjung mudah membaca dan mengerti. Pilih font konten atau artikel dengan mengaplikasikan font yang mudah dibaca. Usahakan ukuran font tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil sehingga para pengunjung blog anda merasa nyaman membaca tulisan yang anda buat hingga habis. Untuk dapat membuat tulisan menjadi semakin enak dibaca maka gunakan subheading di masing-masing artikel yang anda tulis agar terlihat rapi dan tidak menumpuk.

4/ Membuat desain yang lebih menarik

Yang dimaksudkan dengan menarik untuk dilihat di sini maksudnya adalah tidak diwajibkan berisikan animasi-animasi atau widget yang bisa mengganggu pengunjung untuk membaca blog anda, disarankan untuk memakai animasi atau widget yang dirancang semenarik mungkin guna mendesain tampilan website anda bukan terfokus pada artikel atau blog. Dalam hal ini desain blog merupakan salah satu faktor penting yang wajib diperhatikan oleh masing-masing pemilik blog. Sebuah desain blog yang menarik bukan hanya menampilkan banyak atribut, animasi, warna, dan lain sebagainya. Melainkan desain yang bisa menempatkan fitur-fitur pada blog disesuaikan porsi dan tempatnya. Blog yang dipenuhi dengan animasi, widget, dan fitur yang tidak jelas manfaatnya malah tidak akan membuat blog ramai dikunjungi apalagi untuk berlama-lama di blog anda.

5/ Navigasi mudah dan praktis

Saat para pengunjung sedang berada di area blog anda dan hendak berniat membaca artikel lainnya maka mereka pastilah tahu harus melakukan apa, bagaimana, dan seperti apa. Sama halnya saat mereka mencoba unuk menemukan kategori artikel yang lainnya atau ingin kembali ke menu utama. Hindari jangan sampai membuat para pengunjung blog anda kebingungan saat akan mengakses blog yang anda miliki.

Dengan mendesain struktur tampilan yang memudahkan para pengunjung, diharapkan para pengunjung akan dipastikan betah berada di area blog anda. Karena di sini mereka dengan mudah mengenali fitur-fitur apa saja yang blog anda sediakan dan bagaimana cara penggunaannya dengan mudah. Sehingga diharapkan mereka akan datang dan datang lagi ke blog anda guna membaca konten lainnya. Inilah yang diharapkan akan membuat blog anda menjadi ramai dikunjungi dan tentu saja akan membuat anda merasa senang.

6. Bisa membedakan antara konten dengan kategori

Tips selanjutnya adalah anda harus bisa memisahkan masing-masing blog yang anda kelola dengan mengaplikasikan kategori tertentu sehingga saat para pengunjung berniat mencari topik pembahasan tertentu maka mereka dengan mudah bisa memanfaatkan fungsi pencarian berdasarkan atas kategori guna menemukan blog yang ingin dibaca. Bisa dibayangkan apabila blog anda tidak dipisahkan secara kategori, para pengunjung tentu akan merasa kesal karena harus mencari satu per satu blog yang anda kelola tanpa adanya bantuan kategori blog.

7/ Membuat konten yang berkualitas

Tips yang ketujuh adalah anda bisa memperbanyak konten berkualitas yang memiliki pengaruh agar para pengunjung blog betah berlama-lama mengunjungi blog anda sehingga menjadi ramai. Bahkan diharapkan akan terjadi peningkatan para pengunjung yang secara signifikan akan terjadi jika blog dipenuhi oleh beragam konten yang berkualitas. Hindari membuat konten clickbaik karena para pengunjung akan merasa ditipu apabila secara kebetulan membuka blog anda namun isinya kurang sesuai dengan judul yang tertera.

Berikut di bawah ini kami berikan beberapa tips untuk membuat konten yang berkualitas :

  • Panjang artikel minimal 300 kata atau lebih.
  • Mudah dan nyaman untuk dibaca.
  • Judul yang tertera harus sesuai dengan isi (no clickbait).
  • Artikel memberikan jawaban dan solusi terkait dengan topiknya.
  • Memberikan informasi yang akurat dan relevan.

8/ Desain beragam jenis konten

Tips yang kedelapan adalah coba untuk mendesain beragam jenis konten pada blog anda sehingga para pengunjung akan mempunyai banyak pilihan blog untuk dibaca. Perhatikan juga konten yang hendak dibuat haruslah memiliki kualitas seperti disebutkan di atas.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul ‘Tips Pengunjung Betah Di Blog Yang Anda Kelola’ dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tags Internet

About The Author

utamii 28
Novice

utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel