Tips Agar Lebih Percaya Diri di Dapur

27 May 2021 16:40 1237 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Tips Agar Lebih Percaya Diri Di Dapur.

Masa-masa sulit yaitu masa pandemi ini menyebabkan banyak orang kembali menyukai kegiatan memasak sendiri di dapur jika dibandingkan berburu objek wisata kuliner di luar rumah seperti yang dilakukan ketika dunia belum terserang oleh virus Covid-19 yang mematikan. Namun bisa saja jika nanti saatnya masa pandemi usai, kebiasaan berburu kuliner di luar rumah akan berangsur-angsur kembli muncul.

Memasak di dapur di dalam rumah sebenarnya merupakan kebiasaan yang mempunyai banyak sisi positif. Yang pertama adalah menjadi lebih hemat. Meskipun membeli makanan siap saji lebih praktis, masak sendiri di rumah ternyata jauh lebih hemat. Yang kedua, membantu menjadi lebih sehat. Dimana hasil riset menjelaskan bahwa dengan masak sendiri di rumah akan membuat pola makan menjadi lebih baik. 

Memasak di rumah dapat menumbuhkan atau membuat mood menjadi lebih baik, bahkan bisa untuk menghilangkan stress. Selain itu anda dapat membangun hubungan lebih dekat dengan anak-anak saat bersama-sama memasak.

Apabila anda adalah pemula di dapur, jangan patah semangat, ada beberapa hal atau langkah tersebut di bawah ini bisa membantu membuat anda menjadi lebih percaya diri di dapur antara lain sebagai berikut :

1/ Bisa dimulai dari yang termudah

Buatlah beberapa jenis masakan yang memakai sedikit bahan dengan disertai tehnik memasak yang sederhana adalah langkah awal yang tepat untuk dilakukan bersama dengan anggota keluarga. Bila masih dalam tahap membangun rasa percaya diri di dapur maka sangat wajar jika anda membutuhkan waktu yang lebih lama ketika memasak. Namun jika nanti sudah terbiasa, anda akan menemukan ritme dan bisa memasak dengan lebih cepat.

2/ Jangan khawatir gagal

Kegagalan adalah salah satu proses belajar untuk menjadi lebih baik. Lupa memasukkan telur ? Sedikit gosong ? Jangan khawatir, semua jagoan memasak di luar sana juga pernah mengalaminya, seperti Jammie Oliver atau Gordon Ramsay.

Yang terpenting adalah jangan lupa memasukkan garam atau penyedap rasa jika dirasa masakan anda agak hambar, masih ada tambahan berupa saos tomat, sambal atau kecap yang dapat membantu memperlezat rasa. Buang bagian yang gosong dan sisanya masih bisa dimakan.

3/ Jangan pernah bosan dan lelah untuk mencoba

Jarang ada pemula yang secara langsung dapat meracik makanan dengan sempurna tanpa melalui percobaan pertama. Practise makes perfect. Latih berulang-ulang kali masakan yang serupa, lalu coba membuat masakan baru yang berbeda. Selamat terus mencoba, maka anda akan menemukan sendiri trik-trik yang dapat membuat masakan menjadi lebih sedap. Kalau feel sudah dapat maka anda tidak perlu lagi melihat resep saat memasak. Anda akan menjadi semakin percaya diri.

4/ Sadarkan diri bahwa dapur anda bukan dapur restoran

Dikritik anggota keluarga, suami atau anak ? Jangan kecil hati. Tetap nyalakan tombol mode belajar anda meskipun dikritik orang-orang terkasih rasanya sangat sedih, padahal anda sudah susah payah memasak dengan sepenuh hati. Tanyakan kepada mereka apa yang kurang sedap, maka jadikan itu sebagai masukan saat masak makanan yang sama di lain waktu.

5/ Gunakan bahan-bahan paketan

Trik kelima ini bisa dicoba apabila anda masih belum percaya diri. Saat ini banyak yang menawarkan atau menjual sayur-mayur dalam bentuk paket. Misalnya saja paket sayur lodeh, paket sayur sop, dan yang lainnya. Meskipun harganya bisa menjadi lebih mahal, beberapa penyedia sudah menyertakan bumbu yang sudah ditakar dan bagaimana cara memasak di dalamnya sehingga anda tidak perlu lagi mengira-ngira berapa jumlah bumbu yang dibutuhkan. Dari kebiasaan inilah anda bisa belajar menakar bumbu.

6/ Cobalah memasak resep favorit

Apakah anda sudah menemukan salah satu resep favorit yang bisa anda masak dengan sempurna ? Mulailah bermain-main dengan resep tersebut. Misalnya saja mengganti jenis buah-buahan dalam resep membuat muffin. Atau mengganti salah satu jenis sayuran dalam resep tumisan. Bisa juga dengan menambahkan atau mengurangi bumbu yang berbeda saat meracik saos, misalnya. Mengutak-atik resep akan membuat diri anda menjadi fleksibel di dapur sehingga anda akan baik-baik saja jika ada satu bahan yang kurang dalam resep.

7/ Kontrol dunia digital anda

Memang merupakan sebuah kegiatan yang mengasyikkan browsing resep dan video masak melalui dunia maya. Mulai dari kumpulan resep canggih ala chef Michelin Star hingga resep-resep trendi bisa anda tonton. Disarankan untuk memilih atau follow akun masak yang sesuai dengan tingkat skill anda. Pilih website atau akun yang dapat menginspirasi dan menaikkan rasa percaya diri anda ketika memasak di dapur sendiri. Jangan memilih akun yang justru membuat anda menjadi inferior.

Kegiatan memasak memang dapat dimulai dari mengikuti resep namun memiliki jiwa memasak adalah saat anda sudah bisa dengan santai membuka kulkas lalu bisa memasak dari bahan-bahan yang ada tanpa perlu menghafal atau melihat resep. Tidak membutuhkan waktu lama atau menghasilkan makanan yang terlihat mewah, memasak dari hati untuk diri sendiri dan keluarga selanjutnya menjadi lebih bermakna.

Masing-masing orang bisa memasak. Memasak hanya soal kemauan, latihan, kesabaran, dan percaya diri.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Tips Agar Lebih Percaya Diri Di Dapur’ yang dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel