Tips Aman Mencukur Bulu Kaki

21 May 2021 07:41 1107 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tips mencukur bulu kaki agar kaki anda tampil menawan.

Ingin menonjolkan kecantikan dan kemulusan kaki anda sebagai seorang wanita atau ingin bermesraan dengan pasangan di hari kasih sayang nanti ? Tentunya ada keinginan untuk memamerkan kelembutan dan kehalusan kulit anda. Ini dengan mudah bisa digapai, mungkin anda hanya membutuhkan untuk menghilangkan bulu-bulu yang tidak diinginkan seperti bulu kaki, bulu ketiak dan yang lainnya.

Saat ini anda dapat melakukannya dengan mudah di klinik-klinik kecantikan namun di masa pandemic ini melakukan di rumah menjadi pilihan yang lebih mudah dan aman. Silahkan cek caranya agar hasilnya maksimal dan kulit anda tidak teriritasi.

1/ Tidak semua alat cukur sama

Alat cukur atau razor masing-masing sebenarnya tidak mempunyai desain khusus dan peruntukkan yang sama. Setiap jenis disesuaikan dengan tujuan area tubuh tertentu. Misalnya saja cukuran untuk area wajah atau untuk area tubuh seperti kaki, tangan dan sebagainya.

Pisau cukur klasik yang memiliki bentuk huruf T sangat cocok digunakan untuk membersihkan area wajah. Pada umumnya dipakai oleh para pria untuk mencukur kumis, janggut atau bulu-bulu di wajah.

Sedangkan bentuk cukuran yang melengkung biasanya dilengkapi dengan pisau khusus dengan lengkungan, lebih tepat digunakan untuk area tubuh berlekuk seperti kaki, tangan, atau area kewanitaan anda. Apabila anda terbiasa mencukur ketiak misalnya, dengan mudah bisa anda membeli alat cukur lengkung yang disiapkan khusus untuk wanita.

Mencukur area tubuh dengan alat cukur wajah kemungkinan besar dapat menimbulkan resiko iritasi dimana hasil cukur yang muncul adalah tidak merata juga tidak nyaman.

2/ Gunakan eksfoliator dan bersihkan area yang akan dicukur

Mengangkat sel-sel kulit mati dengan eksfoliasi bisa bermanfaat untuk memastikan area yang akan dicukur sudah bersih yang menyebabkan proses bercukur akan lebih cepat dan kulit anda terasa nyaman. Mencukur pada bagian kulit yang belum dibersihkan akan menyebabkan banyak sel kulit mati karena terperangkap di dalam lapisan pisau cukur.

Tidak hanya itu saja, mencukur pada area yang belum dibersihkan akan menyebabkan adanya penyumbatan ataupun infeksi bakteri yang akan berakibat munculnya ingrown hair. Membersihkan area sebelum bercukur akan menyebabkan mata pisau menjadi tajam tetap tajam lebih lama dan awet.

3/ Lembutkan kulit dengan memakai air hangat

Disarankan untuk membersihkan area yang akan dicukur dengan menggunakan air hangat-hangat kuku. Bisa melalui cara dibilas, atau untuk area kaki misalnya dapat dilakukan dengan membungkusnya memakai handuk hangat. Keduanya mempunyai tujuan yang sama yaitu membuka pori-pori kulit dimana hasil cukuran menjadi lebih rapi.

4/ Gunakan shaving cream apabila anda mempunyai kulit super sensitif

Apakah anda memiliki kulit yang super sensitif ? Kalau begitu hindari untuk mencoba-coba bermain cukur bulu tanpa memakai shaving cream. Meskipun anda melakukannya di dalam bak berendam ataupun pancuran ketika sedang mandi, air saja tidaklah cukup sebagai media pelindung kulit. Krim cukur mempunyai khasiat untuk melindungi kulit dari iritasi dan mengurangi resiko timbulnya masalah ingrown hair.

5/ Hindari bercukur dengan memakai alat cukur bermata satu

Meskipun alat cukur bermata satu memiliki harga jual paling murah di pasaran, tetapi alat cukur dengan mata pisau tunggal menyebabkan anda perlu mengulang cukuran beberapa kali pada area yang sama. Inilah yang akan mengakibatkan iritasi dan hasil cukuran menjadi tidak merata.

6/ Cukur searah rambut atau berlawanan ?

Ini sering kali menjadi perdebatan. Ada yang memberikan saran untuk mencukur mengikuti arah tumbuh rambut guna menghindari iritasi dan ingrown hair sebagai akibat pemotongan rambut yang terlalu pendek dimana efeknya adalah rambut menjadi tumbuh kembali dengan lebih cepat dan lebih tebal.

Apabila anda menginginkan hasil cukuran yang mulus dan kulit tetap bersinar secara alami maka bisa mencukur dengan arah yang berlawanan dengan arah tumbuh rambut adalah menjadi salah satu pilihan tepat. Ingat, pastikan mata pisau tetap tajam agar tidak perlu dilakukan pencukuran berulang-ulang.

7/ Disarankan satu cukuran searah saja yang panjang

Yang dimaksudkan di sini adalah dibandingkan anda mencukur satu bagian dengan sedikit-sedikit berulang-ulang maka lebih baik satu cukuran yang panjang. Karena itu ketajaman dan jumlah mata pisau menjadi penting. Lakukan dengan satu gerakan panjang yang searah.

8/ Hindari memakai produk after shave kecuali untuk wajah

Apabila anda terlintas ide untuk menggunakan after shave milik pasangan setelah bercukur kaki atau area kewanitaan anda maka selanjutnya disarankan jangan dilakukan kedua kalinya. Produk-produk after shave baik itu yang berbentuk balsam, cair ataupun gel pada umumnya banyak mengandung alkohol tinggi untuk mencegah tumbuhnya bakteri. Akibatnya adalah kulit dapat dengan mudah menjadi kering bahkan bisa menimbulkan rasa gatal-gatal atau perih pada bagian cukuran.

Untuk area kaki, tangan ataupun area kewanitaan, anda cukup memakai krim pelembab setelah area yang bersangkutan habis dicukur lalu dicuci dengan sabun yang bersih.

9/ Bagaimana dengan alat cukur elektronik ?

Memakai pencukur elektronik seperti clipper memang ringkas guna memendekkan rambut yang tidak anda inginkan. Tetapi hal ini berbeda kondisi apabila anda bertujuan memangkas total rambut seperti mencukur. Dimana mata pisau cukur elektronik yang sering diganti bisa merusak kutikula rambut, rambut akan tampak terkoyak daripada terpotong sempurna bila dibandingkan dengan hasil pisau cukur manual. Dampaknya adalah mudah memunculkan rasa kurang nyaman dan iritasi bila menggunakan cukuran elektrik ada resiko munculnya jerawat membandel, rasa gatal, bahkan ingrown hair sebagai akibat potongan yang tak rapi.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul ‘Tip Aman Mencukur Bulu Kaki’ yang dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga bermanfaat.

Tags kecantikan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel