Beberapa Cara Mengatasi Kecanduan Game Online yang Patut Dicoba

3 Jun 2021 11:25 1159 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Memasuki era digital seperti sekarang ini, game online termasuk ke dalam salah satu jenis hiburan yang sangat digemari oleh banyak orang tanpa memandang kelompok usia. Sayangnya tidak jarang dijumpai hal-hal yang sifatnya negatif jika dilakukan terlalu berlebihan seperti mulai kecanduan hingga melupakan hal-hal penting di sekitarnya, menurunnya kesehatan fisik, pekerjaan menjadi lamban dilakukan hingga tak mau bersosialisasi.

Memasuki era digital seperti sekarang ini, game online termasuk ke dalam salah satu jenis hiburan yang sangat digemari oleh banyak orang tanpa memandang kelompok usia. Sayangnya tidak jarang dijumpai hal-hal yang sifatnya negatif jika dilakukan terlalu berlebihan seperti mulai kecanduan hingga melupakan hal-hal penting di sekitarnya, menurunnya kesehatan fisik, pekerjaan menjadi lamban dilakukan hingga tak mau bersosialisasi.

Bermain game tidak dilarang untuk dilakukan namun jika sudah terlanjur kecanduan maka ada baiknya mulai melakukan perbaikan demi untuk mengatasi ketergantungan dengan game online yang mungkin mempunyai pengaruh buruk.

Nah bagaimana cara mengatasinya ? Cobalah ikuti beberapa tips yang kami sebutkan tersebut di bawah ini :

1/ Buat jadwal bermain game online favorit.

Orang-orang yang sudah terlanjur kecanduan memang agak sulit untuk tiba-tiba berhenti atau meninggalkan game online kesayangannya. Tetapi jika anda memang berniat untuk berhenti, setidaknya akan membantu mengurangi intensitas bermainnya. Salah satu cara yang dapat dicoba adalah dengan membuat jadwal bermain game secara ketat. Contohnya adalah apabila selama ini anda bisa sampai seharian di depan gadget, sekarang anda hanya dibolehkan memainkan game tersebut selama 5 jam setiap hari. Jangan lupa tentukan juga pukul berapa anda boleh memainkan game bersangkutan. Yang terpenting adalah jadwal ini harus dipatuhi dengan disiplin tinggi.

Biasakan diri anda untuk disiplin dan mematuhi jadwal yang sudah dibuat. Jika sudah terbiasa maka anda bisa mengurangi lagi waktu bermain anda. Bila awalnya hanya boleh bermain game selama 5 jam maka sekarang coba kurangi lagi menjadi 3 sampai dengan 4 jam setiap harinya. Lakukanlah secara bertahap hingga anda benar-benar terlepas dan sudah mampu tidak bergantung lagi dengan game bersangkutan.

2/ Jauhkan diri anda dari gadget.

Orang-orang yang kecanduan game online pada umumnya terbiasa memegang gadget entah itu dalam bentuk tablet, laptop, atau smartphone. Ketika kamu mulai kecanduan dan cepat sadar lalu ingin berhenti maka mulailah menjauhkan diri dari gawai apapun. Salah satu caranya adalah dengan meletakkan gadget di luar kamar. Biasanya saat sedang bersantai di kamar, anda mungkin cenderung memegang smartphone atau gawai lainnya dimana secara otomatis akan membuka-buka aplikasi game. Mulai saat ini cobalah membiasakan diri untuk tidak memegang gadget setiap saat agar tidak merasa ketergantungan.

3/ Potong atau kurangi budget bermain game.

Bagi anda yang sudah terlanjur kecanduan, mengeluarkan banyak uang demi untuk mendapatkan sebuah game online adalah hal yang sudah biasa. Apabila anda termasuk tipe gamer ini dan berniat untuk sembuh, satu-satunya cara untuk mencegah kecanduan menjadi semakin parah adalah dengan memangkas budget yang digunakan untuk mendapatkan game-game online terbaru.

Anda harus disiplin di dalam mengatur keuangan dan berani untuk menahan diri agar tidak membelanjakan uang anda untuk segala hal yang berhubungan dengan game. Bahkan apabila perlu, anda bisa meminta bantuan keluarga atau orang-orang yang anda percayai untuk ikut mengelola uang anda sehingga dia bisa membantu mengontrol pengeluaran anda ke hal-hal lainnya yang lebih bermanfaat.

4/ Ganti gadget dengan spek biasa.

Beberapa game online diketahui membutuhkan fasilitas pendukung yang memadai, mulai dari gadget dengan spesifikasi gahar hingga jaringan internet cepat demi menghindari lag. Maka cara ampuh untuk mengatasi kecanduan game adalah dengan menghilangkan berbagai fasilitas pendukungnya.

Apabila selama ini anda menggunakan smartphone atau computer dengan spek tinggi maka agar bisa dengan leluasa bermain game tanpa merasa kecanduan, ganti semua perangkat anda dengan spesifikasi yang biasa-biasa saja. Jika memungkinkan, batasi penggunaan internet di rumah baik itu dalam jumlah kuota maupun kecepatannya. Jadi dalam hal ini pada intinya hilangkan semua fasilitas pendukung game online. Dengan adanya fasilitas yang terbatas dan sangat minim, anda akan kesulitan memainkan sebuah game sehingga perlahan-lahan mulai meninggalkannya. Perlu diingat bahwa melakukan perubahan seperti ini pastinya akan terasa berat namun sangat tepat duntuk dicoba guna melepaskan diri dari ketergantungan game online.  

5/ Jangan mencari infromasi apapun tentang game online.

Seorang gamer biasanya selalu mengikuti informasi apa saja yang berhubungan dengan game yang sedang ia mainkan, misalnya tentang update versi game terbaru atau event-event tertentu. Yang perlu kamu tahu, membaca info-info seperti ini hanya akan memperbesar keinginan untuk bermain game.

Apalagi kalau ada update game baru yang lebih seru atau ada event yang menawarkan hadiah menggiurkan, pasti hasrat untuk bermain game akan semakin menggebu-gebu. Karena itu kalau kamu sedang berusaha mengatasi kecanduanmu, sebaiknya jangan pernah membaca atau mencari info apapun terkait game tersebut.

6/ Explore dan tekuni hobi jenis lainnya

Cara terakhir yang dianggap ampuh untuk mengatasi kecanduan game online adalah dengan menekuni hobi lainnya yang sifatnya lebih menguntungkan. Mulai sekarang cobalah pikirkan hobi atau bidang apa saja yang sedang anda minati selain game, lalu tekuni hobi ini dengan serius agar anda bisa dengan segera melupakan keinginan yang menggebu-gebu untuk bermain game online.

Apabila anda merasa tidak memiliki hobi lain atau kebingungan belum tahu kemana arah minat dan bakat anda maka mulai saat ini keluarlah dari zona nyaman dan berani mencoba hal-hal baru. Dengan cara seperti ini siapa tahu anda bisa menemukan minatmu di bidang lain yang mungkin jauh lebih bermanfaat dan seru untuk dilakukan dari sekadar bermain game.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Beberapa Cara Mengatasi Kecanduan Game Online Yang Patut Dicoba’ dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga memberikan manfaat bagi para pembaca.

 

 

 

 

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel