Beberapa Cara Mengatasi Kulit Kaki Pecah-Pecah

2 Jun 2021 09:33 733 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sepasang kaki adalah menjadi bagian yang terpenting dari keseluruhan penampilan anda. Kaki yang indah dan sehat akan menyebabkan penampilan anda semakin percaya diri di sepanjang waktu. Terlebih saat anda menggunakan sepatu tali yang memamerkan kemulusan kulit kaki anda atau sepatu dengan model terbuka yang akan mempertontonkan keindahan kaki anda.

Sepasang kaki adalah menjadi bagian yang terpenting dari keseluruhan penampilan anda. Kaki yang indah dan sehat akan menyebabkan penampilan anda semakin percaya diri di sepanjang waktu. Terlebih saat anda menggunakan sepatu tali yang memamerkan kemulusan kulit kaki anda atau sepatu dengan model terbuka yang akan mempertontonkan keindahan kaki anda.

Adanya penumpukan kulit mati pada telapak kaki rasanya sangat kurang nyaman. Kasar, tebal, kadang-kadang perih dan sakit, dan terasa nyangkut ke kaos kaki atau celana panjang yang anda kenakan. Banyak faktor yang menyebabkan telapak kaki pecah-pecah dan menebal. Salah satunya adalah karena kulit yang sangat kering.

Meskipun terlihat sepele namun jangan sembarangan mengangkat sel-sel kulit mati di kaki, hindari agar jangan sampai menimbulkan iritasi apalagi infeksi. Perlakukan dengan lembut terhadap kulit anda. Tersebut di bawah ini caranya :

1/ Kikir kaki.

Foot file atau kikir untuk telapak kaki dapat dengan mudah diaplikasikan guna merontokkan kulit mati pada bagian telapak dan tumit kaki dengan cara menggosok-gosoknya. Gunakan kikir pada kondisi kaki kering agar kulit lebih mudah terkikis jika dibandingkan digunakan pada kulit yang basah. Karena kulit mati dalam keadaan basah akan menjadi liat dan lentur sehingga lebih sulit dikikis. Lakukanlah pengikisan/ penggosokan dengan lembut dan tidak boleh terlalu dalam. Selanjutnya cuci kaki dengan air hangat dan sabun agar benar-benar bersih dan steril.

2/ Rendam kaki.

Takut menggosok kaki atau tidak memiliki alatnya ? Anda bisa melakukan dengan lain yang sifatnya lebih mudah yaitu rendam kaki dalam air hangat-hangat kuku yang diberi campuran 2 sendok makan garam dan beberapa tetes olive oil serta perasan lemon. Pakailah kulit lemon dan butiran garam guna menggosok area kaki yang terasa menebal. Sangat tepat untuk kegiatan akhir pekan.

3/ Masker kaki.

Anda bisa memakai masker kaki yang berlabel exfoliating guna mengikis kulit mati. Ada banyak sekali jenis masker kaki beredar di pasaran dimana sebelum anda menggunakan terlebih dahulu baca aturan pakainya dengan benar sesuai petunjuk di kemasan. Penting untuk diingat bahwa produk masker kaki exfoliating mengandung cairan kimiawi yang ditujukan untuk meluruhkan kulit mati dalam jangka waktu 3 sampai dengan 14 hari setelah masa pemakaian. Ada kemungkinan kulit telapak kaki akan mengelupas secara masif setelah penggunaannya. Maka dari itu pastikan membaca petunjuk dalam kemasan.

4/ Pelembab sebagai media pencegahan.

Apabila kaki dan telapaknya sedang terasa sangat kering, maka cobalah cara ini sebelum tidur di waktu malam hari. Balur kaki dengan body lotion atau vaseline balm lalu kenakan kaos kaki. Besok paginya baru dibuka dan dibersihkan. Lakukan cara keempat ini dengan rutin.

 5/ Jagalah kebersihan kaki anda.

Cucilah kaki anda setelah dari luar rumah. Terutama ketika anda akan naik ke tempat tidur. Dimana seperti diketahui bahwa di luar rumah banyak bersarang kuman dan bakteri yang dengan mudah menempel pada kulit kaki anda. Kotoran yang tidak lekas dibersihkan setelah tiba di rumah akan menumpuk pada permukaan kulit kaki yang bisa menyebabkan jamur tumbuh mudah di sekitarnya. Maka dari itu segeralah cuci kaki anda setibanya di rumah. Sebaiknya dicuci dengan memakai air yang mengalir. Jika kaki terlalu kotor maka sebaiknya anda mencuci kaki dengan memakai sabun agar kaki anda tetap sehat an segar.

6/ Lakukanlah scrubbing.

Kalau anda mendambakan memiliki sepasang kaki cantik, sehat dan bersih, maka rajin-rajinlah melakukan scrub kaki. Sama dengan anggota tubuh lainnya, scrub ini bermanfaat untuk melenyapkan sel-sel kulit mati yang masih melekat pada permukaan kulit kaki. Scrub juga berfungsi untuk menghilangkan warna kulit kaki yang belang sebagai akibat sering memakai alas kaki dengan model-model terbuka. Gunakan bahan-bahan alami seperti garam, minyak zaitun atau gel lidah buaya.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Beberapa Cara Mengatasi Kulit Kaki Pecah-Pecah’ yang kami rangkum dari beberapa sumber berita. Semoga bermanfaat untuk para pembaca.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel