Bahan Alami untuk Mengusir Nyamuk

7 May 2021 15:15 1191 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Nyamuk memang salah satu hewan liar yang paling menyebalkan. Karena gigitan nyamuk bisa menyebabkan kulit terasa panas dan gatal -- gatal. Akan muncul bentol -- bentol berwarna merah sebagai akibat gigitan nyamuk. Nyamuk mudah hidup pada area yang terdapat genangan air di lingkungan rumah yang kotor. Nah untuk menghindari gigitan nyamuk maka anda harus rajin melindungi diri dengan mengaplikasikan produk -- produk anti nyamuk.

Nyamuk memang salah satu hewan liar yang paling menyebalkan. Karena gigitan nyamuk bisa menyebabkan kulit terasa panas dan gatal -- gatal. Akan muncul bentol -- bentol berwarna merah sebagai akibat gigitan nyamuk. Nyamuk mudah hidup pada area yang terdapat genangan air di lingkungan rumah yang kotor. Nah untuk menghindari gigitan nyamuk maka anda harus rajin melindungi diri dengan mengaplikasikan produk -- produk anti nyamuk.

Produk -- produk anti nyamuk buatan yang mengandung bahan -- bahan kimia seperti salah satunya adalah DEET banyak beredar di pasaran. Karena lembaga kesehatan dunia merekomendasikan pengaplikasian DEET untuk obat mengusir nyamuk meskipun kadang -- kadang DEET bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Jika anda bermasalah sekali dengan kehadiran nyamuk -- nyamuk nakal tersebut maka jangan khawatir berlebihan dulu. Anda bisa tetap bebas dari gigitan nyamuk tanpa harus memakai bahan anti nyamuk buatan tersebut di atas. Karena di bawah ini kami berikan beberapa bahan -- bahan alami untuk mengusir nyamuk sekaligus memberikan perlindungan anda dan keluarga dari serangan dan gigitan nyamuk diantaranya sebagai berikut :

1/ Bahan -- bahan alami dari minyak kayu manis

Kayu manis atau cinnamon saat ini bukan hanya dikenal sebagai pelezat / bumbu makanan saja, beberapa penelitian yang diadakan di Taiwan menjelaskan bahwa minyak kayu manis ternyata ampuh untuk membunuh telur -- telur nyamuk. Di samping itu minyak kayu manis berperan aktif sebagai bahan anti nyamuk yang melawan gigitan nyamuk dewasa penyebab terjadinya infeksi penyakit. Berikut di bawah ini resep membuat obat anti nyamuk yang berasal dari minyak kayu manis antara lain sebagai berikut :

Kumpulkan sekitar sendok teh atau 24 tetes minyak kayu manis.

Lalu campurkan ke dalam 100 ml air untuk menghasilkan 1 persen larutan minyak kayu manis.

Kemudian anda semprotkan larutan minyak kayu manis ini ke permukaan kulit atau ruangan dan benda -- benda di sekitar anda.

Namun berhati -- hatilah dalam pemakaian konsentrasi tinggi minyak kayu manis terhadap kulit anda karena bisa menyebabkan kulit mudah teriritasi bila anda alergi terhadap minyak ini. Hati -- hati dalam pencampuran larutan minyak kayu manis khususnya yang akan diaplikasikan ke kulit anda.

2/ Bahan -- bahan alami dari minyak lemon eucalyptus

Sejak tahun 1940, minyak lemon eucalyptus adalah salah satu jenis bahan alami terpopuler digunakan sebagai salah satu bahan anti nyamuk yang bersifat alami. Lembaga Centers for Disease Control and Prevention / CDC telah mengakui bahwa minyak yang satu ini ampuh digunakan sebagai bahan anti nyamuk secara efektif. Penelitian terakhir menunjukkan bahwa larutan sebesar 32 persen dari minyak lemon eucalyptus mampu memberikan perlindungan sebesar 95 persen melawan gigitan nyamuk selama 3 jam.

Minyak ini bisa diaplikasikan dengan jenis minyak yang lainnya untuk manfaat yang sama. Anda juga bisa membuat larutan anti nyamuk untuk digunakan di rumah dengan cara sebagai berikut :

1/10 dari larutan terdiri dari minyak lemon eucalyptus.

9/10 dari larutan terdiri dari minyak bunga matahari.

Sekarang dengan mudah bisa memperoleh minyak ini di mall -- mall. Pastikan bahwa minyak lemon eucalyptus yang akan anda beli adalah minyak untuk obat anti nyamuk dan bukan kelompok minyak lemon eucalyptus murni. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda -- beda. Hindarkan pemakaian minyak lemon eucalyptus ini untuk anak -- anak yang berusia di bawah 3 tahun.

3/ Bahan dari bunga lavender

Bahan -- bahan selanjutnya adalah dari bunga lavender. Bunga lavender yang dihancurkan akan menghasilkan wangi -- wangian dan minyak yang memiliki peran aktif sebagai bahan anti nyamuk. Berikut adalah salah satu cara dalam membuat bahan anti nyamuk dari bunga lavender antara lain sebagai berikut :

Kumpulkan secukupnya saja bunga lavender lalu hancurkan hingga keluar minyaknya.

Bisa langsung mengaplikasikan minyak yang keluar ke area tubuh yang membutuhkan yang sering digigit nyamuk misalnya wajah, leher, lengan tangan atau tungkai kaki.

Atau dengan meneteskan minyak lavender ke kain bersih untuk selanjutnya menggosok -- gosokkannya ke permukaan kulit anda.

Bunga lavender menyimpan kualitas bunga yang bersifat analgestik dan antiseptik. Artinya bahwa selain berfungsi untuk mengusir nyamuk, minyak lavender juga ampuh menjadikan kulit anda lembab, terasa sejuk dan lembut.

4/ Bahan alami dari greek catnip oil

Yang dimaksudkan dengan greek catnip oil adalah minyak yang dikumpulkan dari tanaman bunga herbal bernama nepeta parnassica yaitu sejenis tumbuhan yang termasuk ke dalam suku lamiaceae. Masih berhubungan / satu famili dengan tanaman catnip. Memiliki bunga berwarna putih dan merah muda yang mampu tumbuh hingga diameter 45 cm. Ekstrak minyak dari tumbuhan inilah yang bermanfaat untuk obat anti nyamuk.

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa minyak ini ampuh untuk menjauhkan nyamuk dari tubuh anda secara efektif selama 2 sampai 3 jam. Para ilmuwan dari Iowa State University menemukan bahwa minyak ini ampuh bekerja 10 kali lebih efektif dibandingkan bahan lainnya dalam mengusir nyamuk.

5/ Bahan alami dari minyak kedelai

Menurut peneliti dari University of Florida Medical Entomology Laboratory menjelaskan bahwa terdapat keunggulan produk yang berasal dari minyak kedelai dalam hal menyediakan proteksi untuk jangka waktu lama terhadap serangan nyamuk, jika dibandingkan dengan produk anti nyamuk yang mengandung citronella (bahan paling umum digunakan untuk mencampur obat anti nyamuk). Dalam hal pembuatan larutan anti nyamuk dengan bahan minyak kedelai di rumah, anda dapat mencampurkan minyak kedelai dengan minyak serai. Kombinasi kedua minyak tersebut ternyata terbukti ampuh dalam melindungi anda dari serangan beberapa jenis nyamuk yang berbahaya.

6/ Bahan dari minyak ekstrak thyme

Untuk mengusir nyamuk yang menjadi penyebab utama munculnya penyakit malaria, minyak dari ekstrak thyme adalah salah satu minyak yang sejak zaman dahulu telah terbukti kehebatannya sebagai media pengobatan alami. Cara membuatnya adalah sebagai berikut :

4 tetas ekstrak thyme dicampurkan dengan 1 sendok makan minyak zaitun atau minyak jojoba.

Guna membuat larutan minyak dari ekstrak thyme yang lebih banyak maka anda bisa melakukannya dengan cara mencampurkan 5 tetes minyak ekstrak thyme ke dalam 200 ml air.

Tetap waspada jika anda ingin mencampur larutan obat anti nyamuk di rumah dengan memakai bahan -- bahan tersebut di atas. Meskipun semua bahan tersebut berasal dari tanaman herbal, minyak yang dihasilkan bisa berbahaya jika digunakan dalam konsentrasi yang cukup tinggi. Maka dari itu ikuti petunjuk yang diberikan oleh ahli untuk melarutkan minyak -- minyak dari bahan herbal ini dengan air atau bahan lainnya seperti sudah dijelaskan sebelumnya.

Guna memastikan anda tidak alergi terhadap bahan -- bahan yang dimaksudkan maka lakukanlah tes kecil yaitu dengan meneteskan beberapa tetes larutan tersebut di atas permukaan kulit tangan anda sehari / dua hari sebelum pemakaian. Jika anda melihat adanya gejala kulit tangan alergi alias muncul rasa gatal -- gatal maka ini pertanda ada alergi, segera hentikan pemakaian, basuh area kulit yang digunakan percobaan tersebut hingga bersih. Kalau memang diperlukan segera hubungi dokter.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang bahan -- bahan alami untuk mengusir nyamuk yang kami rangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel