Tips Menghilangkan Kelebihan Lemak di Perut

25 May 2021 11:35 1566 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Perut buncit dikenal dengan nama klinis yaitu obesitas abdominal atau obesitas sentral adalah sebuah kondisi dimana terjadi pengumpulan lemak abdominal berlebihan yang terdapat di daerah abdomen. Perut buncit erat hubungannya dengan penyakit kardiovaskular. Kondisi ini tidak hanya ditemukan pada kelompok lansia saja namun sudah dikaitkan dengan penyakit alzheimer serta penyakit metabolis dan vaskular lainnya. 

Perut buncit dikenal dengan nama klinis yaitu obesitas abdominal atau obesitas sentral adalah sebuah kondisi dimana terjadi pengumpulan lemak abdominal berlebihan yang terdapat di daerah abdomen. Perut buncit erat hubungannya dengan penyakit kardiovaskular. Kondisi ini tidak hanya ditemukan pada kelompok lansia saja namun sudah dikaitkan dengan penyakit alzheimer serta penyakit metabolis dan vaskular lainnya. 

Para peneliti mulai melakukan penelitian mereka tentang obesitas abdominal sekitar awal tahun 1980 saat mereka menyadari bahwa obesitas erat hubungannya dengan penyakit kardiovaskular, diabetes, dan dislipidemia. Perut buncit berhubungan dengan disfungsi metabolis sebagai penyebab munculnya penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan obesitas biasa.

Pada akhir tahun 1980 dan awal tahun 1990, ditemukan tehnik pengobatan klinis yang mampu membantu kemajuan pemahaman tentang resiko kesehatan yang berhubungan dengan timbunan lemak berlebihan di dalam tubuh khususnya perut. Teknik yang dimaksudkan adalah teknologi tomografi terkomputerisasi dan resonansi magnetis yang memungkinkan terjadinya penggolongan massa jaringan adiposa berada di daerah abdomen menjadi lemak intra abdominal dan lemak subkutaneus.

Perut buncit karena kegemukan merupakan masalah yang mempengaruhi tampilan seseorang menjadi kurang ideal. Maka dari itu banyak orang berusaha melakukan hal -- hal dalam upaya mereka menyingkirkan lemak perut namun ternyata bukan merupakan hal yang gampang. Perlu memperhatikan beberapa hal diantaranya adalah memperhatikan pola makan, melakukan istirahat yang cukup, olah raga secara teratur serta memakai suplemen yang sesuai untuk melakukan perbaikan metabolisme.

Perut buncit terjadi karena tenaga yang masuk melebihi dari keperluan. Berlebihannya daya ini disimpan oleh tubuh dalam wujud lemak, bukan saja karena daya yang masuk lebih besar namun kurangnya olah raga serta kegiatan fisik. Nah sedikit demi sedikit dalam periode lama akan berlangsung penumpukan lemak. Penumpukan lemak mudah terjadi di bagian badan yang dimanjakan untuk beraktifitas. Berikut di bawah ini kami berikan beberapa tips menghilangkan kelebihan lemak di perut antara lain sebagai berikut :

Dengan melatih otot perut

Olahraga dengan memakai otot perut bisa anda pilih untuk salah satu cara dalam menyingkirkan lemak di perut. Olah raga seperti ini bisa untuk menambah metabolisme serta memperlancar aliran peredaran darah sehingga tubuh tetap bugar meskipun anda sedang latihan otot perut untuk memperkecil perut yang buncit. 

Beberapa orang sudah berusaha melakukan olah raga dengan melatih otot perut guna membakar lemak tetapi tidak berhasil mendapatkan bobot tubuh yang ideal. Ini terjadi karena 3 hal yang sering terlupakan antara lain waktu tepat berolah raga, lamanya melakukan olah raga yang dimaksudkan serta tipe olah raga / kegiatan fisik yang sesuai untuk menyingkirkan lemak.

Waktu berolah raga yang pas untuk membakar lemak adalah saat perut kosong. Ini erat hubungannya dengan persediaan karbohidrat sebagai produsen gula darah sedang mengalami penurunan pada waktu pagi hari. Bila saat ini dilakukan kegiatan fisik / olah raga yang tepat maka secara langsung bisa membakar lemak sebagai sumber tenaga. Hindari jangan berlebihan melakukan olah raga dan terlalu sering terlambat sarapan sehingga bisa menyebabkan munculnya penyakit baru.

Olah raga yang anda pilih harus dilakukan dengan rutin secara terus -- menerus dalam periode waktu agak lama seperti lebih dari jam. Untuk menyingkirkan lemak di dalam perut pastikan kegiatan yang anda lakukan dikerjakan dengan kesungguhan secara optimal.

Lakukan olah raga yang sesuai

Melakukan olah raga yang tepat adalah saat pagi hari seperti olah raga ringan yaitu aerobik, dancing, treadmill, renang, naik sepeda, jalan -- jalan santai, atau sit - up. Sedangkan pada waktu sore hari dianjurkan untuk olah raga dengan mengangkat beban yang bertujuan untuk membakar karbohidrat lalu sudahi dengan kembali melakukan olah raga ringan. Kerjakanlah olah raga ini dengan teratur serta intens. Harus dilakukan setiap hari akan berpengaruh terhadap hasil program memperkecil perut menjadi cepat terwujud.  

Untuk mendapatkan hasil yang optimal disarankan untuk memilih olah raga tertentu guna mempercepat memperkecil perut antara lain seperti crunch, knee circle, side chop, upper body, dan back extension. Lakukan kegiatan ini setiap hari akan sangat membantu anda dalam upaya anda mempercepat pengecilan perut karena menggunakan otot -- otot perut.

Melakukan diet khusus

Anda membutuhkan program diet khusus guna merampingkan perut dengan cara mengonsumsi kalori tidak melebihi 1.600 kalori per hari serta kurangi konsumsi lemak jahat yang berlebihan. Pilihlah lemak yang baik yaitu lemak tak jemu yang terdapat dalam minyak zaitun, buah alpukat, cokelat serta kacang. Juga perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah -- buahan segar yang mengandung serat untuk memperlancar proses pencernaan. 

Jangan lupa untuk minum air putih secukupnya yaitu minimal 8 gelas per hari untuk membuat lancar proses metabolisme. Hindari makanan yang bersifat junk food karena di dalamnya mengandung kadar gula tinggi serta minyak dan minuman bersoda atau minuman beralkohol.  

Selanjutnya perhatikan menu makanan yang sehat dan seimbang yang harus dipatuhi dengan disiplin tinggi. Agar stamina serta vitalitas tetap terjaga maka selama diet, tubuh membutuhkan suplemen atau makanan nutrisi tambahan selama menjalankan program diet agar berhasil. Hindari stres untuk mencegah kegagalan dalam menjalani program diet melalui senam, yoga, tai chi, atau pilates.  

Melakukan sedot lemak

Tips yang selanjutnya adalah dengan melakukan sedot lemak. Sedot lemak dilakukan melalui jaringan adiposa dimana menjadi lokasi penumpukan lemak di perut. Meskipun hasil yang diharapkan bisa dengan cepat didapatkan namun jalan yang satu ini beresiko dengan biaya mahal harus dikeluarkan. Hanya dapat dilakukan oleh ahli dibidangnya.

Memanfaatkan obat -- obatan

Beberapa orang sangat cocok melakukan penyingkiran lemak di dalam perut melalui pemakaian obat -- obatan tertentu. Kadang -- kadang ada beberapa jenis obat tertentu dengan cepat melenyapkan lemak di dalam perut. Tetapi hal ini erat hubungannya dengan proses terjadinya penumpukan lemak dalam perut. 

Biasanya memakan waktu yang lama yaitu berlangsungnya sedikit demi sedikit dalam jangka waktu yang cukup lama. Jadi memerlukan waktu tidak sedikit untuk mengembalikan  ke perut yang ideal meskipun sudah memanfaatkan obat -- obatan tertentu. Namun dengan kesungguhan dan kesabaran yang tinggi serta disiplin diri maka obat -- obatan tertentu bisa membantu anda untuk mencapai bentuk perut yang ideal.

Itulah penjelasan singkat dari kami mengenai beberapa tips menghilangkan kelebihan lemak di perut yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel