Tips Mencegah Rumah Menjadi Sarang Nyamuk

24 May 2021 13:40 765 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sangat mudah menemukan sarang nyamuk di sekitar rumah. Baik itu di area kompleks perumahan di kota hingga daerah pedesaan. Jika terabaikan begitu saja dan tanpa anda sadari, nyamuk akan dengan mudah berkembang biak. Ini akan menyebabkan munculnya masalah tersendiri bagi kesehatan tubuh. Anda bisa terserang penyakit demam berdarah.

Sangat mudah menemukan sarang nyamuk di sekitar rumah. Baik itu di area kompleks perumahan di kota hingga daerah pedesaan. Jika terabaikan begitu saja dan tanpa anda sadari, nyamuk akan dengan mudah berkembang biak. Ini akan menyebabkan munculnya masalah tersendiri bagi kesehatan tubuh. Anda bisa terserang penyakit demam berdarah.

Pernahkah sedini mungkin anda menyadari tersebut di atas ? Kalau ternyata sarang nyamuk yang berada di dekat anda difasilitasi oleh anda sendiri yang kurang rajin membersihkan rumah ? Seperti hal -- hal kecil berikut ini, membiarkan wadah -- wadah bekas terbuka dan menjadi tempat berisi air yang mudah menjadi tempat bertelur nyamuk atau malas merapikan baju yang menumpuk bergantung di belakang pintu. Hal kecil ini sebetulnya adalah faktor utama memancing nyamuk bersarang di lingkungan anda.

Segera lakukan sesuatu guna mencegah sarang nyamuk berkembang biak menjadi semakin banyak. Berikut di bawah ini kami berikan beberapa tips mencegah rumah menjadi sarang nyamuk antara lain sebagai berikut :

1/Hindari menggantung baju atau menumpuk barang di rumah

Jika anda perhatikan dengan teliti maka akan ada banyak sekali sarang nyamuk ditemukan di sekitar rumah anda seperti dimana terdapat tumpukan baju atau barang -- barang padat berserakan dalam jumlah banyak. Dalam hal ini nyamuk memang memiliki sifat menyukai tempat yang lembab dan gelap. Bahkan jika anda mengantisipasinya dengan melakukan penyemprotan cairan serangga maka hal tersebut masih saja tidak mampu menjangkau keseluruhan sela -- sela lemari baju anda.

Bagaimana cara mencegah yang bisa anda lakukan adalah dengan menghindari menumpuk barang -- barang tak berguna atau menggantung baju secara berlebihan di belakang pintu. Jika ingin dipakai jangan lupa kebaskan dahulu baju -- baju tersebut. Biasakan menutup lemari atau pintu dan jauhkan barang -- barang anda yang menumpuk dari tempat gelap dengan meletakkan dengan rapi pada wadah yang banyak terkena sinar matahari.

2/Memotong dan bersihkan tanaman liar di pekarangan rumah anda

Memiliki pekarangan yang luas ditumbuhi oleh rumput yang menghijau memang sedap dipandang mata dan menjadi tempat yang asri untuk beristirahat. Namun tahukah anda bahwa sarang nyamuk ternyata banyak berada di sela -- sela rumput lebat, panjang, dan tak terawat ? Ketika musim hujan tiba, tidak semua air terserap ke dalam tanah. Kadang -- kadang masih tersisa terbawa dedaunan pada tanaman yang tumbuh liar lainnya di sekitar rumput. Nah dari sinilah nyamuk bebas menelurkan ribuan anak untuk menyebarkan penyakit ganas kepada manusia.

Rapikan pekarangan anda dari tanaman liar dengan teratur. Jangan lupa untuk menutupi lubang -- lubang sekitarnya, ratakan dengan tanah. Disarankan untuk menanam tanaman hias di sela -- sela rerumputan seperti lavender, jeruk, atau serai yang dibenci oleh nyamuk.

3/Memusnahkan semua lubang yang terdapat air

Tips yang selanjutnya adalah tutupi lubang -- lubang bekas tak berguna dengan tanah karena bisa menampung air dari hujan. Sifat nyamuk yang paling umum adalah senang bertelur di genangan air yang bersih dan bening. Yang paling mengkhawatirkan adalah ketika di sekitar pekarangan rumah anda terdapat nampan, kendi, gelas -- gelas bekas atau lubang -- lubang di tanah yang berisikan air. Ini adalah tempat yang nyaman bagi nyamuk untuk berkembang biak.

Nyamuk akan cenderung melakukan perkembang - biakan ketika musim sedang musim hujan. Pada waktu ini sangat mudah menemukan tempat atau posisi cekung yang terisi air hujan yang jatuh menetes akan mudah dijadikan sebagai sarang bagi nyamuk -- nyamuk tersebut. Nah harus segera dicegah agar tidak membahayakan kesehatan anda dan keluarga. 

Jika anda menemukan genangan air di tanah, segera timbun dan tutupi dengan tanah. Bila menemukan ada tempat -- tempat kosong atau nampan berisikan air bekas air hujan maka segera tutup atau kosongkan air dengan membalik tempat bekas tersebut. Sehingga tidak menjadi sarang nyamuk.

4/Tutup rapat -- rapat jendela di waktu malam hari dan bakar alat pengusir nyamuk atau semprotkan cairan pembunuh nyamuk.

Adanya sarang nyamuk di dalam rumah anda akan menyebabkan nyamuk lebih mudah berkelana mencari makanan di rumah dengan menghinggapi semua anggota keluarga. Termasuk hewan peliharaan anda seperti anjing dan kucing. Coba atasi masalah ini dengan melapisi celah -- celah atau lubang kecil di rumah anda dengan menggunakan kawat kasa halus agar nyamuk tidak mudah masuk. 

Jangan lupa tutup jendela dan pintu di waktu malam hari karena nyamuk aktif pada waktu malam hari. Menjelang tidur pakailah krim anti nyamuk pada tubuh anda yang tidak tertutup oleh pakaian seperti wajah, tangan dan kaki. Bila anda memiliki bayi maka tutup tempat tidur mereka dengan alat penghalang nyamuk. Bisa juga melindungi anggota keluarga dengan membakar serai dan obat nyamuk sebelum tidur.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang beberapa tips mencegah rumah menjadi sarang nyamuk dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga bermanfaat.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel