Beberapa Jenis Obat Meriang yang dapat dibeli Di Apotek

24 May 2021 11:30 1299 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Apakah yang dimaksudkan dengan sakit meriang ? Istilah meriang biasa digunakan ketika anda sedang merasa tidak enak badan. Kondisi ini sangat umum terjadi namun anda tetap membutuhkan beberapa waktu untuk beristirahat dan minum obat. Minum obat bisa anda lakukan jika menyebabkan tubuh anda merasa kurang nyaman. Ada beberapa jenis obat yang cocok anda minum untuk memberikan pertolongan pertama terhadap rasa sakit.

Apakah yang dimaksudkan dengan sakit meriang? Istilah meriang biasa digunakan ketika anda sedang merasa tidak enak badan. Kondisi ini sangat umum terjadi namun anda tetap membutuhkan beberapa waktu untuk beristirahat dan minum obat. Minum obat bisa anda lakukan jika menyebabkan tubuh anda merasa kurang nyaman. Ada beberapa jenis obat yang cocok anda minum untuk memberikan pertolongan pertama terhadap rasa sakit.

Semua orang pastilah pernah merasakan yang namanya sakit meriang. Sakit meriang muncul saat anda terserang infeksi penyakit yang menyebabkan demam disertai adanya gejala penyakit yang lain seperti batuk - batuk, pusing atau flu ringan. Meriang yang terabaikan tentu saja menimbulkan efek tidak bagus terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bisa menimbulkan infeksi dan lama - kelamaan akan menjadi sebuah penyakit kronis. 

Harus segera diobati. Dikenal beberapa jenis obat yang cukup efektif dalam menghilangkan demam pada tubuh karena meriang. Meriang dalam hal ini adalah sebuah kondisi dimana tubuh sedang mengalami suhu yang meningkat cukup tinggi hingga mencapai 38 derajat Celcius / pada beberapa kasus bisa lebih ! Meriang berhubungan dengan mekanisme alami tubuh dalam memerangi mikroorganisme jahat yang secara tidak sengaja masuk ke dalam tubuh dan memicu munculnya infeksi penyakit. Meriang dapat juga dijadikan sebagai tanda bahwa sistem kekebalan tubuh anda sedang menurun karena bertarung melawan virus atau bakteri jahat. Ini akan menjadi kondisi buruk bagi kesehatan tubuh yaitu tubuh terserang demam tinggi dengan komplikasi serius.

Secara harfiah, meriang pertanda bahwa tubuh anda positif mengalami demam. Kondisi ini akan semakin parah saat tubuh mengalami peradangan yang disebabkan oleh zat asing, bakteri atau virus yang tentu saja membahayakan tubuh.

Gejala awal dari meriang adalah suhu tubuh di atas 37,5 derajat Celcius, kurang nafsu makan, badan lemas dan mulut terasa pahit disertai kepala pusing dan tubuh menggigil dan berkeringat. Nah untuk mengurangi gejala ini, anda bisa membantu diri sendiri di rumah untuk pertolongan pertama menghilangkan rasa sakit sebelum ke dokter. Ada beberapa jenis obat meriang yang dapat dibeli di apotek, diantaranya adalah sebagai berikut :

1/Acetaminophen / paracetamol

Obat ini dikenal sebagai kelompok paracetamol yang memiliki kegunaan untuk menurunkan suhu tubuh yang naik sebagai akibat demam. Obat ini cukup bermanfaat untuk menghilangkan rasa nyeri ringan hingga sedang serta meredakan sakit flu / pilek, sakit kepala, gejala akan menstruasi, sakit gigi dan sakit punggung yang menyertainya. Saat ini di pasaran tersedia beberapa produk obat acetaminophen yang bervariasi dalam cara minumnya. Misalnya ada tablet kunyah, pil atau sirup. Meskipun dijual bebas di apotek, tetap saja anda harus berhati -- hati dalam minum obat ini tanpa resep dokter. Baca aturan minum dengan teliti dan hindari mengonsumsi lebih dari dosis yang disarankan. Dosis obat ditentukan berdasarkan kelompok usia. Hindari minum obat jenis ini lebih dari 5 hari untuk kelompok anak -- anak dan 10 hari untuk orang dewasa kecuali sudah mendapat izin dari dokter. Karena dapat menimbulkan efek samping seperti gatal - gatal, ruam, wajah atau lidah membengkak, pusing berat atau kesulitan bernafas. Bila anda memiliki riwayat penyakit hati, diabetes, fenilketonuria atau dalam kondisi hamil dan menyusui maka wajib konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat jenis ini.

2/Ibuprofen / motrin atau advil

Obat ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit yang muncul karena berbagai kondisi seperti sakit gigi, sakit kepala, nyeri otot, kram perut saat menjelang haid, dan radang sendi. Namun saat ini ibuprofen cenderung diaplikasikan untuk meredakan demam disertai flu atau pilek.

Ibuprofen memiliki sifat antiradang yang bekerja secara aktif dalam tubuh untuk menghalangi zat - zat asing tertentu bisa menerobos ke dalam tubuh yang menyebabkan terjadinya peradangan, pembengkakan atau nyeri ketika tubuh anda sedang meriang. Seperti acetaminophen di atas, baca aturan minum yang tertera dalam kemasan obat sebelum anda mengonsumsi obat ini. Dosis yang tepat disesuaikan dengan usia masing - masing. Obat ini diminum setiap 4 s/d 6 jam dengan segelas air putih. Disarankan setelah minum obat ini untuk tidak berbaring sekitar 10 menit agar tidak muncul efek samping berupa sakit perut, diare, sembelit, mual - mual, muntah, dan agak mengantuk adalah kondisi buruk yang dapat dirasakan setelah minum obat ini.

Pada kasus tertentu efek samping berat dapat menyerang tubuh yaitu muncul seperti memar pada bagian tubuh tertentu, dengung di telinga dan kepala sakit berat, leher kaku, penglihatan agak buram, dan kelelahan. Apabila obat diminum lebih dari 3 hari namun kondisi justru semakin bertambah parah maka segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

3/Obat dari jenis naproxen

Obat jenis ini biasa digunakan untuk pereda rasa nyeri seperti pada sakit gigi, tendonitis, sakit kepala dan nyeri haid serta asam urat dan radang sendi. Cara kerjanya sama dengan ibuprofen yaitu cenderung untuk mencegah peradangan pada tubuh. Terlebih dahulu baca aturan minum lalu sesuaikan dosis dengan usia anda. Diminum 2 atau 3 kali dalam sehari dengan segelas air putih dan tidak disarankan untuk berbaring (setidaknya 10 menit) setelah selesai minum obat.

Obat ini memiliki efek samping yaitu mual - mual, pusing, sakit kepala, mengantuk, dan nyeri pada ulu hati. Konsultasikan penggunaan obat untuk jangka panjang terlebih dahulu dengan dokter. Terutama bagi anda yang memiliki riwayat sakit tekanan darah karena obat ini bisa menyebabkan menurunnya tekanan darah.

4/Obat jenis aspirin

Beberapa jenis obat meriang yang terakhir adalah dari jenis aspirin. Obat ini ampuh menurunkan demam sekaligus meringankan nyeri sebagai akibat sakit gigi, nyeri otot atau sakit kepala. Cara kerjanya hampir sama seperti ibuprofen dan naproxen. Hanya saja pada beberapa kasus bisa difungsikan untuk mencegah pembekuan darah yang beresiko menyebabkan terjadinya serangan jantung atau stroke. Maka dari itu obat ini dikenal sebagai obat pengencer darah. Untuk penggunaan aspirin terhadap anak - anak di bawah usia 12 tahun terlebih dahulu wajib dikonsultasikan dengan dokter.

Aspirin dianjurkan hanya boleh diminum dalam dosis kecil guna melenyapkan rasa nyeri pada sakit meriang yang sedang anda alami. Dilarang memakai obat ini lebih dari 3 hari kecuali sudah mendapat izin dari dokter. Lakukan pemeriksaan lebih lanjut apabila setelah diminum anda justru merasakan tubuh lemas, mengalami gangguan penglihatan yang kabur atau gangguan bicara dan sakit kepala serta kaku leher dan mual / muntah - muntah.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang beberapa jenis obat meriang yang dapat dibeli di apotek dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga bermanfaat.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel