Taiwan Menjadi Destinasi Wisata Favorit di Tengah Pandemi

7 May 2021 16:15 368 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Apabila tahun lalu Bangkok menempati posisi teratas sebagai destinasi wisata favorit, maka tahun ini posisi tersebut tergeser oleh Taiwan.

Apabila tahun lalu Bangkok menempati posisi teratas sebagai destinasi wisata favorit, maka tahun ini posisi tersebut tergeser oleh Taiwan.

Taiwan, Thailand, dan Jepang adalah destinasi yang paling sering dicari sepanjang tahun 2020 dan 2021 ini.

Meskipun dunia sedang berada dalam situasi pandemi Covid-19, Taiwan mampu menjadi salah satu destinasi perjalanan yang paling sering diburu oleh berbagai kelompok wisatawan mulai dari solo traveler, pasangan, keluarga atau berkelompok. Taiwan mengalahkan juara tahun lalu yaitu Thailand yang kini menjadi destinasi populer kedua yang paling sering dicari. Setelah Taiwan ada beberapa negara menyusul antara lain Jepang, Vietnam, Korea Selatan, Amerika Serikat, Australia, Hong Kong dan Malaysia  adalah termasuk beberapa negara terpopuler diburu turis untuk dijadikan sebagai destinasi wisata favorit. 

Taiwan mendominasi destinasi utama di semester kedua tahun 2020 yang lalu dengan menampilkan tujuh destinasi terpopuler dalam daftar top ten destinations yaitu Hualien, Yilan, Taipei, Kenting, Taitung, Nantou, dan Taichung.

Hualian memiliki kota pelabuhan, pantai dan jalan di pesisir pantainya adalah destinasi yang paling populer untuk semua kategori wisatawan kecuali untuk solo traveler yang cenderung memilih Tokyo menjadi tujuan berwisata. Data menunjukkan adanya perbedaan destinasi yang dicari oleh masing-masing tipe wisatawan dimana yang paling disukai oleh solo traveler adalah Jepang dan Thailand.

Sedangkan wisatawan berkelompok lebih menyukai untuk berkunjung ke Kota Yilan yang dikenal dengan pemandangan alamnya yang indah, cold spring dan kuliner, kota tepi pantai Taitung dan Nantou dimana wisatawan bisa menemukan ketenangan dari danau Sun Moon. Tahun ini wisatawan kelompok telah mengubah pencarian mereka dari destinasi pantai dai tahun lalu ke tujuan wisata pedesaan.

Wisatawan keluarga lebih banyak menemukan alternatif tujuan wisata yang masih jarang dikunjungi oleh orang-orang dan tidak terlalu ramai di tahun ini, dibandingkan dengan Tokyo, Bangkok dan Okinawa Island di tahun lalu. Sedangkan wisatawan yang berwisata sebagai pasangan, tujuan wisata impian tahun ini adalah Hualian, Taipei, Bangkok diikuti Yilan dan Jeju Islanda.

Menariknya dengan kemunculan Hualian, Jeju Island, dan Okinawa Main Island sebagai destinasi top tahun ini, Singapura, Bali dan London merupakan destinasi paling dicari oleh solo traveler tahun lalu tidak termasuk ke dalam daftar destinasi impian tahun 2020 dan 2021.

Nah setelah lama berdiam di rumah dengan pemberlakuan pembatasan perjalanan, wisatawan mengubah pencarian mereka dari destinasi terkenal menjadi tempat-tempat terkenal yang kurang dikenal dan beralih ke wisata alam dan pantai daripada mengunjungi kota-kota metropolitan.

Beberapa Tempat Wisata Di Taiwan Yang Wajib Dikunjungi

Kini Taiwan resmi dikenal menjadi Republik Tiongkok yang sangat kaya akan lokasi untuk dijadikan sebagai objek wisata. Para wisatawan suka ke sini setiap tahun untuk melakukan wisata sejarah dimana ada beragam kuil dan monument yang dapat dikunjungi. Bagi yang mempunyai hobi berbelanja, berjalan-jalan dan menikmati keindahan alam, ada beragam tempat yang pas untuk melakukan semua aktivitas ini.

Di bawah adalah beberapa daftar tempat wisata di Taiwan yang penuh dengan pesona sehingga sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

1/ Mengunjungi Kuil Longshan

Jika suatu hari nanti anda berkunjung ke Taiwan maka sempatkan waktu untuk mengunjungi kuil paling tua di Taiwan yang terkenal di mancanegara karena memiliki bangunan yang begitu indah. Juga tempat wisata spiritual yang satu ini sangat mudah dijangkau sebab lokasinya berdekatan dengan subway station. Para pengunjung yang bertandang ke kuil ini tujuan utamanya adalah untuk berdoa dimana pada masing-masing sudut bangunan disediakan air minum gratis untuk pengunjung yang datang guna mengelilingi area kuil. Bagi yang ingin membeli souvenir bisa melakukannya dengan menuju ke dekat gerbang masuk utama.   

Dari sisi interior, ruangan kuil ini tidak begitu luas tetapi segala ornamen bangunan terlihat sangat menarik dan tidak akan membuat para wisatawan yang berkunjung merasa bosan untuk mengagumi keindahan dan keunikan yang terdapat di dalam kuil.

Sebagai sebuah bangunan yang memiliki usia sudah ribuan tahun, memang kuil ini memberikan sedikit kesan mistis namun tetap menarik untuk dinikmati. Dimana kuil Longshan buka setiap hari kerja mulai jam 6 pagi hingga jam 10 malam namun saat Tahun Baru Imlek jadwal operasional bisa berubah-ubah. Pengunjung bisa berdoa di dalamnya sambil menikmati keindahan kuil tanpa harus membayar sepeser pun.

2/ Mengunjungi Balai Peringatan Chiang Kai-Shek  

Tempat wisata yang dikenal dengan nama populer yaitu Chiang Kai Shek Memorial Hall ini memiliki halaman yang sangat luas dan penuh dengan atraksi menarik yang dapat dinikmati oleh para turis. Kompleks bangunan balai terlihat begitu apik dengan pintu gerbang utama berukuran besar berwarna biru menjadi salah satu ikon di Taiwan.

Ada dua gedung berdiri dengan megah di sebelah kiri dan kanan yang menonjolkan desain arsitektur bergaya Cina modern di kelilingi oleh taman yang luas dengan dominan warna adalah biru dan putih di bagian tengah halaman.

Monumen yang dibangun sebagai peringatan akan jasa-jasa presiden pertama Taiwan ini mempunyai pertunjukan khusus yang istimewa dimana ada serangkaian proses pergantian tentara penjaga yang dapat ditonton oleh masing-masing pelancong.

Tidak hanya sekadar balai, di dalam kompleks ini para wisatawan akan menjumpai sebuah gedung yang berfungsi sebagai teater dan konser. Tidak sulit untuk menemukan tempat ini karena hanya tinggal naik bus dan MRT saja. Chiang Kai Shek Memorial Hall buka setiap hari yaitu mulai dari jam 9 pagi hingga jam 6 petang. Khusus untuk perayaan Tahun Baru Imlek, jam operasional bisa berubah-ubah. Pengunjung bisa berjalan-jalan di kompleks balai secara gratis.

3/ Mengunjungi kawasan wisata edukasi, Universitas Taiwan

Universitas ini dibangun pada tahun 1928 yaitu sekitar masa koloni Jepang yang dahulu memiliki nama yang berbeda-beda yaitu Taihoku Imperial University. Para wisatawan yang berkesempatan berkunjung ke universitas ini akan mendapatkan gambaran tentang masa depan Taiwan.

Di dalamnya ada kompleks bangunan tua yang hingga saat ini dalam kondisi dirawat dengan baik sehingga suasana lingkungan kampus memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung terutama saat mata anda dimanjakan oleh asrinya rumput hijau menyelimuti taman yang mengelilingi bangunan-bangunan tua tersebut.

Universitas ini masuk ke dalam universitas paling bergengsi yang dapat anda temukan di Taiwan. Mempunyai hubungan yang kuat dengan Academica Sinica yang juga berlokasi di Taiwan dimana ada program kantor bersama serta kolaborasi pengajaran dan penelitian.

Setelah perang dunia II berakhir, pemerintah Republik Tiongkok mereorganisasi universitas ini sebagai lembaga yang hanya menerima para siswa yang menguasai Bahasa Mandarin untuk selanjutnya pada tahun 1962 melakukan inisiatif proyek bersama dengan Academica Sinica dimulai.

4/ Mengunjungi kawasan wisata Taman Nasional Yangmingshan

Yangmingshan National Park adalah tempat wisata yang sangat mudah dijangkau hanya dengan naik bus saja. Anda wajib berkunjung ke sini pada musim gugur dan semi karena mulai bermunculan bunga serta dedaunan warna-warni yang sangat indah.

Ada banyak hal yang sangat populer ditemukan pada tempat ini seperti anda sedang berada di Seven Star Mountain yaitu berupa pemandian air panas, bunga sakura, tempat hiking, koleksi ular berbisa, fumarol serta belerang.    

Disarankan untuk tetap mengenakan busana tebal ketika berkunjung ke sini meskipun sedang musim semi karena udara dan cuaca di kawasan ini cukup dingin. Akan menjadi semakin asyik untuk dilakukan dengan membawa bekal makanan serta minuman dan juga tikar ketika berlibur ke sini demi untuk menikmati pemandangan di bawah pohon-pohon sakura yang sedang bersemi.

Ketika malam tiba, para wisatawan yang berkunjung ke sini bisa memperoleh pemandangan yang luar biasa menawan hati berupa kerlap-kerlip lampu kota yang ada di seputaran kompleks tempat tinggal penduduk di Taipei. Lebih romantis lagi jika mengajak pasangan untuk dinner di restoran yang berada di area taman nasional ini.

5/ Mengunjungi kawasan wisata Taipei Story House

Rumah bersejarah ini dilengkapi dengan tampilan manis dan asri yang pada zaman dahulu dikenal dengan nama Yuanshan Mansion namun kini cenderung dikenal sebagai sebuah bangunan museum yang bisa anda temukan di Taipei Expo Park. Rumah ini pertama kali didirikan oleh Chen Chao-chun adalah seorang pedagang teh sekitar awal tahun 1914 dimana pembangunan rumah itu sendiri adalah untuk digunakan sebagai sebuah guest house bagi para saudagar kaya di zaman dulu dan juga untuk orang-orang lokal yang memiliki kedudukan penting. Pada bagian lantai dasarnya dibangun dengan menggunakan batu bata sedangkan material kayu hanya digunakan untuk membangun lantai bagian atas.

Tangga-tangga pada museum ini didesain seperti umumnya ditemukan pada bangunan pagoda sementara untuk pintu masuk sengaja dibuat dengan memakai gaya klasik.

Bagi para wisatawan yang baru pertama kali mengunjungi Taipei Story House pastilah kebingungan dengan kelebihan dari museum yang satu ini. Tempat ini adalah rumah bagi pameran teh sedunia dan sejarah lokal. Lokasi dari museum ini diketahui cukup dekat bila anda mengunjunginya dari Yuanshan Station dan bahkan juga berbatasan secara langsung dengan Taipei Fine Arts Museum.

Taipei Story House buka dari hari Selasa hingga Minggu pada jam 10 pagi sampai dengan 6 petang sedangkan untuk Taipei Story Teahouse dibuka mulai dari jam 10 pagi sampai dengan jam 9 malam. Setiap hari Senin museum ini akan tutup atau libur. Para pengunjung akan dikenakan sekitar NTD 50 atau rata-rata perorang sekitar Rp.20 ribu saja.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul Taiwan Menjadi Destinasi Wisata Favorit Di Tengah Pandemi, yang kami rangkum dari beberapa sumber berita. Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Kadek Nila Utami 23
Novice

Kadek Nila Utami

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel