Cara Nikmat Menyantap Sushi

21 May 2021 14:15 1186 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Begini cara nikmat menyantap sushi. Sehingga anda bisa benar-benar menikmati sajian khas dari Jepang ini.

Yang dimaksud dengan sushi adalah salah satu makanan khas warga Jepang yang saat ini sangat digemari oleh banyak orang. Sushi merupakan makanan yang enak dan juga menyehatkan disantap setiap hari. Karena kelezatan dan kesehatannya ini maka tak mengherankan apabila makanan ini masuk ke dalam 100 daftar makanan terlezat di dunia versi BBC.

Sushi asli Jepang memiliki banyak sekali jenis yaitu ada sekitar 50 jenis sushi Jepang sedangkan di Indonesia hanya beberapa sushi saja yang terkenal dan digemari.

Tersebut di bawah ini kami berikan 10 jenis sushi yang terkenal dan digemari di Indonesia antara lain sebagai berikut :

1/ Jenis sushi bernama norimaki yaitu sushi yang dibungkus dengan memakai kertas nori dari bahan rumput laut. Sushi ini berisikan nasi dengan aneka lauk di dalamnya seperti daging salmon, ikan tuna, daging sapi, telur, belut, gurita, dan mentimun segar. Norimaki paling populer dan banyak dijumpai di Indonesia.

2/ Jenis oshizushi merupakan sushi yang menyerupai norimaki hanya saja memiliki bentuk persegi panjang atau kotak-kotak.

3/ Jenis narizushi adalah jenis sushi ketiga yang lapisan luarnya terbuat dari tofu goreng dengan isi sushi adalah berupa nasi putih yang bercita rasa khas dengan disertai tekstur halus.

4/ Jenis futomaki merupakan sushi yang memiliki ukuran cukup besar apabila dibandingkan dengan jenis sushi lainnya. Sushi ini berisikan nasi dengan 7 macam lauk matang di dalamnya. Ada daging, sayur, ikan bahkan buah-buahan segar.

5/ Jenis temaki yaitu sushi yang dibuat dengan memakai tangan secara langsung yaitu digulung secara spontan ketika ingin memakannya. Nasi dan lauk disusun dengan rapi lalu diambil sesuai selera.

6/ Jenis sushi yang keenam yaitu gunkan merupakan sushi yang memiliki bentuk menyerupai kapal. Gunkan adalah sushi dengan dibungkus irisan mentimun tipis atau kertas nori dengan di dalamnya berisikan ragam isian yang menarik.

7/ Jenis sushi uramaki mempunyai pembungkus berupa nasi dimana kertas norinya ada di dalamnya. Lauknya bisa potongan daging, ikan, sayur atau buah.

8/ Jenis sushi chirashi merupakan sushi yang disajikan dalam bentuk rice bowl dimana di atasnya terdapat beragam toping berupa potongan-potongan ikan, daging, udang, gurita, telur ikan dan masih banyak lagi yang lainnya.

9/ Jenis sushi sashimi merupakan sushi kesembilan yang terdiri dari poongan daging ikan mentah. Sushi jenis ini dimakan dengan cara dicelupkan ke dalam saos yang sudah disediakan. Tak ada nasi dalam sajian sushi yang satu ini.

10/ Jenis sushi nigiri yaitu sushi yang terbuat dari nasi kemudian diberi potongan ikan di atasnya berupa ikan segar mulai ikan tuna, salmon, gurita, udang, cumi-cumi hingga belut.

Nah agar menyantap sushi bisa dilakukan dengan nikmat maka ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan seperti tersebut di bawah ini :

  • Iringi dengan minum teh hijau, bir atau sake dan hindari minum soft drink.
  • Menyantap lebih dari 10 jenis sushi dari seafood setiap hari akan menyebabkan lidah mati rasa. Jadi batasi menyantap sushi terlalu berlebihan.
  • Agar memperoleh cita rasa yang optimal maka santaplah sushi dengan urutan dari yang bercita rasa ringan hingga yang bercita rasa kuat misalnya saja mulailah dari jenis sashimi, baru unagi panggang (belut), nigiri, dan yang terakhir adalah maki.
  • Dibanding mencampur wasabi ke dalam soy sauce (kecap asin khas Jepang), orang Jepang asli lebih suka melakukannya secara terpisah. Celup sushi terlebih dahulu ke dalam soy sauce, lalu tambahkan sedikit wasabi.
  • Celupkan bagian daging atau ikan ke dalam soy sauce dan bukannya bagian nasi.
  • Santap gari atau acar jahe yang biasa terdapat di piring sushi sedikit demi sedikit selama menikmati sushi untuk membersihkan lidah.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai cara nikmat menyantap sushi yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca artikel ini.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel