7 Manfaat Membaca Mulai dari Tidur Nyenyak Hingga Tingkatkan Empati

21 May 2021 12:20 1097 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Beberapa manfaat membaca yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh mulai dari bisa tidur dengan nyenyak hingga tingkatkan empati. 

Membaca adalah salah satu kegiatan yaitu melihat-lihat tulisan bacaan lalu mencoba untuk memahami isi teks dengan bersuara atau di dalam hati. Membaca menjadi salah satu jenis kemampuan berbahasa melalui tulisan yang memiliki sifat reseptif karena dengan membaca maka seseorang akan memperoleh informasi, ilmu pengetahuan, dan pengalaman-pengalaman baru yang belum pernah diketahui sebelumnya. Semua hal yang didapat melalui bacaan itu akan menjadikan orang tersebut mampu mempertinggi daya pikirannya, mempertajam pandangannya, dan memperluas wawasan. Hal tersebut berdampak kepada kemampuan dalam menyelesaikan sekolah dan nantinya diharapkan bisa menjalani hidup lebih mudah.

Membaca bisa juga diartikan sebagai proses individu di dalam memperoleh makna melalui cetakan. Dalam hal ini kegiatan membaca bukan sekadar aktivitas yang memiliki sifat pasif dan respektif saja, melainkan menghendaki pembaca untuk aktif berpikir ketika sedang melihat kata-kata yang terdapat di dalam buku.

Di dalam konteks belajar-mengajar seperti di sekolah ataupun di kampus, membaca dipandang sebagai sebuah proses untuk menuju kepada pemahaman terhadap sebuah / beberapa produk yang bisa diukur. Dimana ada banyak cara yang distandarkan untuk mengukur kemampuan membaca para individu.

Sejumlah teknik pengukuran kemampuan membaca yang sering dipergunakan antara lain adalah dengan mempergunakan bentuk benar-salah, melengkapi kalimat, pilihan ganda, pembuatan ringkasan atau rangkuman, test-test, dan lain sebagainya.

Manfaat Dari Membaca

Membaca ternyata tidak hanya bisa memperluas wawasan, ada banyak manfaat lainnya yang dapat diperoleh dari kegiatan yang satu ini yaitu menurut penelitian dari berbagai sumber menemukan bahwa membaca adalah cara terbaik untuk atasi stres bahkan mencegah pikun.

Dikarenakan membaca adalah merupakan cara untuk menjaga kesehatan mental maka sangat cocok diterapkan untuk redakan kekhawatiran di masa-masa krisis seperti sekarang ini.

Berikut di bawah ini kami berikan manfaat lengkap dari kegiatan membaca antara lain sebagai berikut :

1/ Menenangkan.

Saat anda cemas, cara terbaik untuk meredakannya adalah dengan membaca buku. Penelitian yang dilakukan di University of Sussex pada tahun 2009 menunjukkan bahwa dengan membaca bahkan lebih baik dalam meredakan stres dibandingkan aktivitas-aktivitas lain seperti berjalan-jalan atau mendengarkan musik. Para peneliti mengukur detak jantung dan tekanan otot para partisipan. Mereka menemukan bahwa hanya membutuhkan enam menit setelah membaca untuk bisa meredakan ketegangan. Tak perduli buku apa yang dibaca, selama anda tertarik dengan isi buku tersebut maka cemas bisa diredam.

2/ Mencegah penyakit.

Beberapa penelitian yang dilakukan oleh National Academy of Sciences di tahun 2021 menemukan bahwa dengan membaca akan menurunkan potensi anda terserang Alzheimer. Sama halnya dengan organ di seluruh tubuh, otak akan berfungsi lebih baik bila terus dilatih. Jika aktivitas fisik memperkuat jantung, otot, dan tulang maka kegiatan intelektual memperkuat daya tahan otak terhadap penyakit.

3/ Membangkitkan imajinasi.

Dengan membiarkan diri larut di dalam buku, maka memungkinkan anda bisa masuk ke dalam imajinasi yang memiliki pengaruh besar terhadap kreativitas. Membaca bisa merangsang ide dan kemungkinan ide-ide tersebut akan muncul dalam jangka waktu yang lama setelah anda selesai membaca. Membaca membantu anda memecahkan masalah, berkomunikasi dan berpikir kritis.

4/ Meningkatkan empati.

Beberapa penelitian yang dilakukan oleh Journal Plos One menemukan bahwa membaca kisah-kisah fiksi akan mampu meningkatkan rasa empati. Mendalami karakter atau alur cerita bisa membuat para pembaca lebih paham akan kehidupan serta memiliki tantangan seperti yang dialami oleh orang lain. Keadaan ini akan membantu mereka keluar dari asumsi pribadi maupun stereotip.

5/ Tidur menjadi lebih nyenyak.

Membaca bisa memberikan sinyal pada pikiran untuk melambat dan rehat sejenak. Tidak seperti telepon selular atau televisi, buku tidak memancarkan sinar dari layar yang menstimulasi otak. Membaca selama 15 hingga 20 menit sebelum tidur sangat baik untuk membuat tubuh lebih rileks dan bisa tidur nyenyak.

6/ Meningkatkan kecerdasan.

Dengan membaca bisa merangsang kecerdasan linguistik. Dimana makin sering membaca maka seseorang semakin banyak memiliki kosa kata yang diketahui. Hal ini akan membuat anda mampu merangkai struktur kata-kata dengan lebih baik secara lisan maupun tulisan. Semakin banyak fakta, situasi, perspektif, dan kosa kata yang dijelajahi maka kecerdasan yang dikuasai akan semakin meningkat.

7/ Hiburan yang sifatnya positif.

Media sosial dan televisi hanya dapat menampilkan apa yang ada di permukaan saja. Fokus seseorang masih bisa terpecah saat sedang menonton televisi atau media sosial lainnya. Namun dengan membaca akan memberikan anda kesempatan untuk lebih fokus kepada diri sendiri, merasakan emosi yang mendalam, dan mampu masuk ke dalam cerita. Tidak hanya itu saja, membaca juga bisa menghibur dan baik untuk memperkaya jiwa.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang 7 manfaat membaca mulai dari tidur nyenyak hingga tingkatkan empati. Semoga bermanfaat bagi para pembaca yang membaca artikel ini.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel