4 Tips Jadi Travel Blogger

20 May 2021 12:40 864 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk menjadi seorang travel blogger yang sukses.

Saat ini profesi travel blogger sangat menjanjikan untuk ditekuni lebih serius. Di samping dapat berkeliling menikmati tempat-tempat baru dan eksotis, anda juga dibayar untuk menjalani profesi seru yang satu ini.

Nah jika anda ingin menjadi seorang travel blogger yang eksis di masa depan maka bisa melihat 4 tips menjadi travel blogger tersebut di bawah ini yang kami rekomendasikan untuk anda, antara lain sebagai berikut :

1/ Tahu sasaran.

Ketika anda memutuskan untuk membuat travel blogger maka anda sebelumnya sudah menyadari bahwa anda mau menginspirasi orang lain untuk bersedia jalan-jalan dengan tempat yang anda rekomendasikan dengan biaya yang terjangkau. Istilahnya adalah aspirational travelers dimana target market yang hendak dijadikan sasarn adalah kelas menengah ke atas. Orang-orang yang memiliki cukup duit untuk menyewa hotel sekitar Rp.300.000 per malam. Atau mereka yang mau ke luar negeri tetapi belum ke banyak negara yaitu hanya mengunjungi negara-negara yang anda rekomendasikan saja.

2/ Konten kuat.

Anda akan selalu melakukan riset untuk konten. Anda akan mengunjungi banyak tempat wisata, hotel, dan destinasi kuliner yang terekomendasi yaitu tempat-tempat yang anda kenal melalui para pembaca agar semakin disukai. Berhubung anda adalah termasuk kelas menengah maka para pembaca akan tahu berdasarkan pengalaman-pengalaman pribadi tentang apa-apa saja yang disukai dan bisa dihargai oleh orang-orang atau para pembaca. Kadang ada yang menulis artikel tentang hotel-hotel asyik atau tempat wisata yang mempesona berdasarkan riset online saja. Artikel-artikel semacam ini tidak memiliki harga tertentu dan agak sulit untuk dipercayai seratus persen maka dari itu anda harus bekerja keras untuk mengumpulkan informasi yang original dan berdasarkan atas personal experience agar para pembaca percaya dan bisa menghargai artikel-artikel tersebut.

3/ Memiliki visi dan misi.

Anda harus berusaha untuk memberikan informasi yang benar dan apa adanya agar orang-orang bisa jalan-jalan ke tempat tersebut tanpa rasa khawatir. Mungkin suatu hari nanti anda bisa memberikan lebih banyak lagi informasi agar anda bisa menjadi salah satu sumber traveling terpercaya di Indonesia.

4/ Harus konsisten

Personal branding anda melalui media sosial dan website. Bagi anda blog adalah kanal terpenting namun tanpa instagram dan twitter maka anda tidak bisa mengembangkan brand. Masalahnya adalah traveling sangat visual dan instagram menjadi media yang mantap untuk memperlihatkan semua aktivitas anda secara jelas dan tepat. Di sisi lain, twitter bagus untuk mengetahui aktivitas anda secara personal dan cepat. Anda pun bisa berkomunikasi dengan sifat-sifat yang konsisten (untuk semua kanal) dan sejalan dengan misi dan visi yang sudah ditetapkan.

Travel Blogger Indonesia Terbaik

Siapa yang suka mampir ke blog-blog travel saat ini ? Ada banyak tujuan anda melakukannya seperti ingin mencari informasi tentang sebuah destinasi wisata maka blog travel memang merupakan salah satu sumber informasi terbaik bagi anda yang sedang membuat itinerary perjalanan atau sedang menemukan inspirasi liburan selanjutnya.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali travel blogger yang aktif dan rata-rata terkenal di kalangan pecinta traveling. Contohnya adalah www.reservasi.com telah mampu mengumpulkan dan merangkum 10 travel blogger Indonesia terbaik berdasarkan ranking penyajian terbagus di www.alexa.com.

Nah tersebut di bawah ini kami berikan beberapa karakter blog mereka sekaligus berbagi informasi tentang siapa-siapa sosok inspiratif di balik blog tersebut.

1/ Travel Blogger www.cumilebay.com (Moechamad Adi Mariyanto)

Ini adalah salah satu blogger paling terkenal di jagat travel blogger Indonesia dikenak dengan nama beken yaitu Cumi Lebay. Pria kelahiran Gresik di Jawa Timur ini memang menonjolkan ciri khas yang tidak bisa ditiru oleh orang lain.

Tidak diragukan lagi Cumi Lebay mampu menampilkan pesona dalam setiap tulisan yang dimuat mulai dari foto, gaya bahasa hingga warna text selalu berbeda-beda dengan travel blogger lainnya.

Pria yang hobi makan makanan serba pedas ini bahkan kerap kali dijadikan sebagai brand ambassador oleh beberapa merek ternama mulai dari otomotif hingga pakaian celana dalam.

Pria yang juga mengelola bisnis pakaian ini mempunyai keunikan dalam tulisan-tulisannya yaitu menceritakan sisi lain dari sebuah perjalanan yang mungkin tidak bisa diperoleh pada travel blog lainnya. Kadang-kadang ada sisi gelap yang diceritakan dengan nuansa cerita yang lucu dan tak jarang membuat orang-orang ingin pergi ke tempat-tempat yang diceritakan oleh Cumi Lebay.

Tidak hanya itu saja, ada beberapa postingannya kerap nangkring di halaman pertama dan berada di ranking pertama pencarian untuk kata kunci tempat-tempat wisata tertentu. Cumi Lebay memang sebuah fenomena dalam dunia travel blog di Indonesia. Dia memang berbeda dan menonjol. Bahkan salah satu perusahaan tambang di Indonesia kerap menjadikan Cumi Lebay sebagai guide dalam setiap acara jalan-jalan bersama blogger lainnya.

Pria ini dikenal sebagai sosok yang santun dan murah senyum memang menjadi magnet perjalanan yang tak terlupakan dan unik. Ia selalu memberikan kehidupan dalam setiap perjalanan-perjalanan yang dilakukan rata-rata tidak mudah untuk dilupakan oleh siapa saja yang membaca. Dengan gayanya yang khas, Cumi Lebay kerap memberikan tips-tips menulis yang praktis. Tak pernah pelit berbagi ilmu dalam berbagai tips ngeblog dari sebuah perjalanan wisata.

Pria ini rajin melakukan ibadah puasa Senin dan Kamis yang menyimpan segudang cerita perjalanan traveling di blognya yaitu www.cumilebay.com . Pastikan jantung anda tidak berdegup kencang ketika membaca perjalanannya ke Korea Selatan untuk mengunjungi Jeju Loveland Museum. Blognya tercatat selalu berada di puncak Alexa Rank diantara travel blogger lainnya dimana hingga kini sudah mencapai sekitar 4,6 juta hits lebih. Hanya Cumi Lebay yang memberikan cerita-cerita panas dan manja dari perjalanannya yang tak pernah berujung.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai 4 tips jadi travel blogger. Semoga bermanfaat bagi para pembaca artikel ini.

 

 

 

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel