Rahasia Sukses Memasak

6 May 2021 14:20 446 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Rahasia sukses memasak.

Memasak merupakan salah satu kegiatan menyiapkan makanan atau minuman untuk dimakan dengan cara memanaskan bahan-bahan makanan atau minuman supaya bahan makanan tersebut bisa dikonsumsi dengan sehat. Memasak terdiri dari beragam metode, teknik, peralatan, dan kombinasi bumbu dapur guna mengatur rasa untuk memudahkan makanan dan minuman dicerna sekaligus mengubah makanan dan minuman dari sisi tampilan yaitu warna, rupa, rasa, tekstur, penampilan dan nilai nutrisi.

Memasak secara umum adalah persiapan dan proses memilih, mengatur kuantitas, dan mencampur bahan makanan dengan urutan-urutan tertentu yang bertujuan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan atau diinginkan. Dengan memanaskan bahan makanan / minuman walaupun tidak wajib aka nada perubahan pada bahan makanan tersebut secara kimiawi yang mengakibatkan adanya perubahan rasa, tekstur, penampilan dan nilai-nilai nutrisi.

Metode Umum Memasak

Untuk mampu mengenal pengertian memasak secara utuh maka perlu mengetahui tentang metode atau teknik yang digunakan dalam memasak antara lain sebagai berikut :

  • Menggoreng yaitu mengolah makanan dengan cara memasukkan bahan makanan ke dalam minyak panas.

  • Merebus yaitu mengolah bahan makanan dengan cara merendam bahan atau masakan ke dalam air yang panas.

  • Mengukus yaitu memasak dengan menggunakan uap air dan memakai alat seperti kukusan, dandang, panci, dan lain sebagainya.

  • Menumis adalah memasak dengan memakai sedikit minyak olahan dan ditambah sedikit cairan sehingga menjadi sedikit berkuah / basah.

  • Membakar adalah tehnik memasak secara langsung di atas bara api yang saat ini dikenal dengan istilah memanggang.

  • Memanggang dengan oven / bake yaitu memasak makanan dengan memasukkan ke dalam alat pembakaran seperti oven atau oven mikrogelombang dan alat sejenis lainnya.

  • Menyangrai yaitu memasak di wajan tanpa air maupun minyak goreng tetapi langsung tersentuh dengan wajan, ada juga yang memakai media pasir untuk menyangrai.

Tumis Sayuran Berair

Apakah anda pernah mengalami kondisi ini ? Tumis sayuran menjadi lebih berair padahal sebelumnya hanya menambahkan sedikit air saja.

Penyebabnya bisa jadi karena sayuran yang sudah dicuci tidak ditiriskan terlebih dahulu sebelum dimasak. Akibatnya adalah air yang masih tersisa di dalam rongga-rongga sayuran perlahan-lahan keluar saat melalui proses pemasakan. Tindakan pencegahan adalah dengan tiriskan sayuran yang baru dicuci sebelum ditumis.

Gula Vs Garam Dalam Roti

Gula mempunyai sifat membantu kerja ragi di dalam proses fermentasi roti. Pada umumnya di dalam resep roti, gula akan dimasukkan bersamaan dengan ragi. Tetapi garam justru mempunyai sifat kebalikan. Proses fermentasi ragi akan terhambat apabila garam dimasukkan bersamaan dengan ragi sehingga roti akan menjadi bantat. Itulah alasan mengapa garam dimasukkan dip roses akhir pada resep roti.

Au Bain Marie Cokelat

Cara yang satu ini bermanfaat untuk melelehkan cokelat masak. Ketika melakukan teknik ini, pilih mangkuk dari stainless steel yang berukuran lebih besar daripada panci yang digunakan untuk merebus air. Ini untuk menghindari dasar dari mangkuk menyentuh air yang sedang dipanaskan. Hindari terlalu banyak memakai air agar tercipta jarak dengan dasar mangkuk. Sebagai bahan yang sensitif terhadap panas, cokelat sangat mudah gosong. gosong.

Blansir Tomat

Di dapur Indonesia memang tidak umum membuat saos tomat sendiri. Meskipun demikian, rahasia membuat saos tomat dengan warna dan rasa yang menarik memang perlu untuk anda ketahui, karena memasak dengan memakai buah tomat bukan hal yang jarang dilakukan di Indonesia. Siapa tahu dari kebiasaan kecil nantinya anda bisa membuat sendiri saos tomat seperti ketika anda membeli di mall-mall. Caranya adalah blansir terlebih dahulu tomat segar sebelum anda mencincangnya lalu dimasak. Proses ini akan menyebabkan karotenoid pada buah tomat menjadi mudah keluar karena tidak diikat oleh protein. Blansir juga memudahkan pengelupasan kulit tomat yang tidak dibutuhkan.

Ayak Tepung

Tepung baik itu tepung terigum tepung maizena, maupun tepung beras disarankan diayak terlebih dahulu sebelum dipakai. Langkah ini mencegah adanya tepung yang menggumpal atau benda-benda lainnya yang secara tak sengaja masuk ke dalam adonan.

Bila memakai bahan-bahan lainnya yang juga bertekstur halus seperti garam, baking soda atau baking powder, harus pula diayak bersama-sama dengan tepung inti agar menjadi tercampur lebih rata ke dalam adonan.

Menuang Minyak Pada Mayones

Kurang sabar adalah menjadi salah satu penyebab gagalnya membuat mayones di rumah. Misalnya saja minyak yang harusnya dimasukkan sedikit demi sedikit selama proses pengocokan telur justru dituang secara sekaligus dalam jumlah banyak sehingga telur dan minyak sulit untuk menyatu. Kebersihan alat juga turut memegang peranan penting dimana peralatan yang dipakai haruslah bebas dari air.

Over Mixed Cookies

Hindari terlalu lama mengocok lemak seperti mentega, margarin, atau shortening dengan gula karena cookies yang dihasilkan justru akan terlalu mengembang dan melebar. Gula dan lemak disarankan dikocok asal rata saja kecuali untuk pembuatan shortbread atau sejenis kue lidah kucing yang membutuhkan lemak dan gula dikocok hingga lembut. Nah saat anda mencampur bahan-bahan kering ke dalam adonan lemak dan gula, lakukanlah secara bertahap. Aduk-aduk dengan sendok kayu atau spatula secara teratur dan pelan-pelan agar adonan tidak mengeras. Sebaiknya tidak memakai mixer untuk menghindari kondisi overmixing.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang rahasia sukses memasak yang kami rangkum dari beberapa sumber berita. Semoga memberikan manfaat bagi yang membaca artikel ini.

 

 

 

 

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 44
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel