Tantangan Blogger Masa Kini

30 Apr 2021 14:20 903 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Tantangan blogger masa kini.

Menurut pengamat media sosial yaitu Enda Nasution menjelaskan bahwa tantangan untuk menjadi blogger profesional adalah masih sering dihadapkan pada dilema dualisme yaitu menghasilkan tulisan berbayar dan menjaga kebebasan dalam beropini. Blogger yang hanya mengejar bayaran biasanya kehilangan netralitas sehingga tidak sedikit tulisan yang nadanya sangat hard sell dan kehilangan sentuhan personalnya.

Selanjutnya Enda Nasution mengamati bahwa di beberapa negara di mancanegara para blogger sangat menjaga kebebasan beropini dengan tidak menerima bayaran dari brand. Sumber penghasilan mereka justru berasal dari audiensi yang memasang iklan di blog-blog mereka. Salah satu contohnya adalah Linda Ikeji, mantan wartawan dan model dari Nigeria, dimana kisah suksesnya sebagai blogger sempat menjadi viral gara-gara pendapatannya yang fantastis.

Hanya bermodal blog gratisannya di www.lindaikeji.blogspot.com, Linda mampu mendulang penghasilan hingga mencapai Rp. 70 miliar. Hingga 17 Februari 2015, perkiraan harga slot iklan di blognya mencapai Rp. 61 juta untuk posisi header yaitu ukuran 728 x 90. Ini belum menghitung varian slot iklan lainnya ! Untuk sampai di tahap ini membutuhkan waktu 5 tahun bagi Linda yang konsisten membangun blognya di tahun 2006 yang lalu.

Cara Menjadi Blogger Sukses

Ada beberapa cara menjadi seorang blogger yang handal perlu anda ketahui. Lakukan semua cara tersebut di bawah ini namun mulailah dari yang anda anggap paling mudah terlebih dahulu.

1/ Meningkatkan skill menulis anda.

Apa-apa saja yang perlu dilakukan ?

  • Aplikasikan penjelasan-penjelasan yang sifatnya sederhana. Tujuannya adalah agar artikel yang anda tulis bisa dengan mudah dipahami oleh lebih banyak orang. Sebab, pembaca anda bisa saja berasal dari beragam kalangan dengan tingkat pemahaman yang berbeda-beda.
  • Apalikasikan kalimat dan paragraf yang pendek-pendek saja. Paragraf yang terlalu panjang / wall of text sering menjadi hambatan bagi para pembaca guna mendapatkan informasi yang diinginkan.
  • Hindarilah empty sentence. Kalimat-kalimat yang tidak memberikan informasi penting disarankan untuk tidak digunakan. Ingatlah bahwa para pembaca berkunjung ke blog anda untuk sebuah informasi yang akan mereka butuhkan.
  • Perhatikanlah struktur artikel. Tidak semua orang akan membaca artikel anda secara keseluruhan. Tak jarang mereka hanya melakukan skim / baca cepat guna menemukan informasi-informasi penting saja. Untuk memudahkan pembaca anda, gunakanlah heading guna memisahkan beberapa topik. Dengan struktur yang baik, artikel anda akan menjadi lebih mudah untuk dipahami. 
  • Memberikan batasan terhadap topik-topik yang spesifik. Dimana membuat artikel dengan topik spesifik akan membantu para pembaca fokus terhadap suatu informasi tertentu. Apabila anda merasa sesuatu topik terlalu luas maka buatlah menjadi beberapa artikel yang berbeda-beda lalu kaitkan satu sama lainnya. 

Dengan disiplin melakukan beragam cara tersebut di atas secara rutin maka kemampuan menulis anda akan meningkat dan bisa menjadi seorang blogger terbaik.

2/ Aturlah waktu dengan baik.

Inilah beberapa tips tentang cara menjadi blogger sukses dalam hal time management antara lain sebagai berikut :

  • Tentukanlah target posting anda. Dengan mengetahui tujuan target posting maka anda bisa mengetahui berapa banyak waktu yang diperlukan untuk blogging. Bagi pemula, anda bisa mencoba dengan satu posting setiap minggu.
  • Memaksimalkan waktu produktif anda. Lakukanlah pekerjaan ini di waktu produktif anda untuk hasil lebih baik dan lebih cepat. Misalnya saja ada banyak blogger yang dapat menulis lebih baik di waktu pagi hari. Tak jarang yang lainnya bisa menulis lebih cepat di waktu malam hari. Kapanpun waktu produktif anda, gunakanlah dengan baik. 
  • Jangan lupa untuk selalu mencatat ide-ide konten kapan saja. Tak jarang anda mendapatkan inspirasi ide konten saat sedang mengerjakan kegiatan lainnya. Ini sebenarnya bukan menjadi masalah. Catatlah terlebih dahulu ide tersebut lalu kembangkan di waktu yang tepat. 
  • Melakukan beberapa hal yang sama. Melakukan beberapa pekerjaan sama di satu waktu bisa meningkatkan efisiensi pekerjaan anda. Misalnya dalam satu waktu anda bisa berfokus pada pembuatan beberapa draft konten sedangkan di waktu lain anda bisa melakukan upaya optimasi gambar di beberapa artikel.

Jika anda sudah dapat mengatur waktu dengan baik, maka akan semakin banyak kegiatan blogging yang bisa anda lakukan. Dengan demikian cara menjadi blogger profesional sudah anda terapkan dengan tepat. 

3/ Terus belajar tentang hal-hal baru.

Bagi seorang blogger, ada beberapa hal utama yang dapat anda pelajari tentang cara menjadi blogger sukses antara lain sebagai berikut :

  • Melakukan edit foto. Dengan kemampuan membuat koleksi foto tampil menarik, anda akan lebih mudah dalam menciptakan sebuah ilustrasi. Meskipun tidak semua gambar di blog harus anda buat sendiri, kemampuan ini akan menyebabkan blog anda tampil unik.
  • Melakukan coding. Blog memang bisa dijalankan tanpa melakukan coding. Namun untuk beberapa hal yang penting seperti performa dan keamanan blog, mengetahui sedikit tentang pengcodingan bisa sangat membantu. 
  • SEO (search engine optimization) yaitu ilmu yang selalu mengalami perubahan sehingga anda harus terus update dengan cara optimasi blog yang tepat. Tujuannya adalah membuat blog anda bisa tetap muncul di halaman utama mesin pencari.
  • Mulailah membangun networking. Tidak mungkin mencapai kesuksesan sebagai blogger tanpa melalui dukungan koneksi yang baik. Terutama untuk sesama blogger. Ketahui juga apa-apa saja yang wajib dilakukan untuk membangun jaringan agar bisa membantu anda dikenal dalam lingkup lebih luas. 

Anda tentu mengetahui tentang hal-hal lainnya yang perlu dipelajari sesuai dengan topik blog yang anda bangun. Lakukanlah hal tersebut secara rutin.

4/ Lakukan komunikasi dengan baik.

Inilah beberapa hal yang perlu anda beri perhatian ketika membangun sebuah komunikasi dengan audiens antara lain sebagai berikut :

  • Upayakan membalas semua komentar.
  • Balaslah semua komentar tersebut sendiri atau langsung oleh anda. 
  • Balaslah komentar secukupnya saja.
  • Gunakanlah bahasa yang sederhana. 
  • Balas komentar dengan sopan dan ramah terutama komentar yang positif.

Demikian kami menjelaksan dengan singkat tentang tantangan blogger masa kini yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca artikel ini.

 

 

 

 

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel