Ini Manfaat Kopi dan Efek Sampingnya jika Dikonsumsi Setiap Hari

26 Apr 2021 12:30 1066 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apakah anda adalah penggemar minuman kopi ? Kopi adalah salah satu jenis minuman yang sangat disukai oleh kalangan berusia muda hingga para orangtua di seluruh dunia. Memiliki cita rasa pahit, kopi pada umumnya diminum dengan mencampur gula putih sehingga terasa enak di lidah ketika diminum dan dipercaya mampu membuat tubuh tetap terjaga guna melakukan aktivitas.

Apakah anda adalah penggemar minuman kopi ? Kopi adalah salah satu jenis minuman yang sangat disukai oleh kalangan berusia muda hingga para orangtua di seluruh dunia. Memiliki cita rasa pahit, kopi pada umumnya diminum dengan mencampur gula putih sehingga terasa enak di lidah ketika diminum dan dipercaya mampu membuat tubuh tetap terjaga guna melakukan aktivitas.

Meskipun hingga saat ini kopi menjadi salah satu minuman terpopuler di dunia, masih juga ditemukan pro dan kontra untuk dikonsumsi secara rutin oleh beberapa orang yang memiliki penyakit tertentu. Namun secara umum dapat dipastikan bahwa kopi yang dikonsumsi secara berkala bisa membantu menjaga kesehatan asalkan jangan berlebihan karena akan menyebabkan munculnya beberapa gangguan pada tubuh.

Nah bagi anda yang masih baru menjadi peminum kopi ataupun sudah menikmati kopi secara rutin sebaiknya mengenali terlebih dahulu manfaat dan bahaya kopi secara umum.

Manfaat Kopi Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh 

Berikut di bawah ini kami berikan beberapa manfaat kopi untuk menjaga kesehatan tubuh antara lain sebagai berikut :

1/ Mencegah penyakit berat

Kopi ternyata diketahui banyak bermanfaat di dalam mengurangi resiko terkena beragam penyakit berat seperti diabetes tipe 2 dan kanker. Di samping itu kopi berguna untuk mengurangi resiko penyakit yang menyerang daerah otak seperti Alzheimer yang berujung kepada penyakit demensia.

2/ Sebagai sumber antioksidan  

Antioksidan dalam hal ini bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi penyakit serta menghambat terjadinya kerusakan sel – sel aktif di dalam tubuh. Zat antioksidan yang terkandung di dalam kopi diperkirakan jumlahnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang terkandung di dalam buah dan sayur – sayuran.

3/ Menurunkan stress

Kandungan kafein di dalam minuman kopi mampu meredakan sakit yang dialami di bagian kepala dan menurunkan tingkat stres. Inilah yang menjadi penyebab mengapa banyak orang cenderung minum kopi ketika akan menghadapi momen penting seperti meeting kantor yang sangat penting. Dengan teratur minum kopi akan menyebabkan seseorang menjadi lebih bahagia karena turunnya tingkat stres.

Bahaya Kopi Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut di bawah ini merupakan bahaya kopi untuk kesehatan tubuh jika terlalu berlebihan diminum antara lain sebagai berikut :

1/ Gangguan pada bagian pencernaan

Jika anda adalah pecandu kopi yaitu suka minum kopi dalam jumlah yang berlebihan maka saluran pencernaan anda berpotensi terkena masalah. Kafein yang terlalu banyak dikonsumsi bisa menyebabkan penyakit diare, meningkatkan asam lambung, serta iritasi pada bagian usus. Resiko gangguan pencernaan akan menjadi semakin tinggi jika anda gemar minum kopi saat perut dalam keadaan kosong.

2/ Insomnia

Seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa kopi pada umumnya dikonsumsi untuk membuat anda menjadi lebih terjaga. Minum terlalu banyak kopi dapat membuat anda kesulitan untuk tidur sehingga menyebabkan munculnya penyakit kesulitan tidur yang memicu anda terserang penyakit insomnia. Usahakan untuk mengurangi minum kopi pada jam – jam malam menjelang tidur.

3/ Resiko terserang penyakit jantung

Meskipun minum kopi secukupnya bermanfaat untuk menurunkan resiko terserang banyak penyakit berat, namun jika minum kopi berlebihan akan membuat efek tersebut berbalik menyerang tubuh anda. Kafein yang dikonsumsi terlalu berlebihan justru membuat jantung anda berdetak kencang dan tidak teratur sehingga berpotensi meningkatkan resiko penyakit jantung.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai manfaat kopi dan efek sampingnya jika dikonsumsi setiap hari, dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel