Manfaat dan Khasiat Buah Durian

26 Apr 2021 10:30 973 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Buah durian mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi dimana 100 gram buah ini banyak mengandung sekitar 27 gram karbohidrat, 4 gram serat, 2 gram protein, 5 gram lemak, vitamin A sebanyak 44 IU, vitamin C rata – rata sekitar 20 mg, magnesium 30 mg, fosfor 39 mg, dan mineral yang lainnya. Kandungan inilah yang dipercaya bisa memberikan manfaat durian yang bagus untuk kesehatan tubuh anda.

Buah yang satu ini identik dengan duri – duri yang tajam dan mengeluarkan aroma khas menyengat hidung, ternyata tidak hanya enak untuk disantap melainkan durian mengandung ragam vitamin dan mineral, karbohidrat, lemak serta protein. Kandungan tersebut menyuguhkan manfaat durian yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Buah durian mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi dimana 100 gram buah ini banyak mengandung sekitar 27 gram karbohidrat, 4 gram serat, 2 gram protein, 5 gram lemak, vitamin A sebanyak 44 IU, vitamin C rata – rata sekitar 20 mg, magnesium 30 mg, fosfor 39 mg, dan mineral yang lainnya. Kandungan inilah yang dipercaya bisa memberikan manfaat durian yang bagus untuk kesehatan tubuh anda.

Kandungan Dan Manfaat Durian 

Pasti anda akan merasa penasaran apa saja manfaat durian berdasarkan kandungan di dalamnya. Simak penjelasan singkat dari kami tersebut di bawah ini.

1/ Buah durian kaya akan zat antioksidan

Buah durian banyak mengandung antioksidan dalam jumlah cukup besar dimana antioksidan tersebut dikenal sebagai salah satu zat yang ampuh buat melindungi tubuh anda dari bahaya radikal bebas yang menyebabkan munculnya penyakit berbahaya seperti kanker atau penyakit jantung. Radikal bebas ini merupakan molekul yang muncul di dalam tubuh sebagai reaksi sisa metabolisme. Radikal bebas ini akan meningkat apabila anda merokok atau terpapar radiasi.

2/ Buah durian kaya akan serat

Manfaat buah durian yang kedua adalah buah yang satu ini banyak mengandung serat dimana diketahui bahwa serat dalam makanan yang terdiri dari buah, sayur atau biji – bijian terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol, bagus untuk peredaran darah, serta baik untuk menjaga kesehatan jantung.

3/ Buah durian kaya akan kalium

Durian banyak mengandung zat kalium yang dipercaya bisa memberikan beragam kebaikan untuk menjaga kesehatan tubuh. Terkandung sekitar 436 mg kalium di dalam 1 buah durian yang mampu membantu tubuh di dalam menjaga kesehatan otot, tulang, saraf, dan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah tinggi.

4/ Buah durian kaya akan zat karbohidrat

Bagi beberapa orang yang tidak mempunyai masalah dengan gula darah maka buah durian bermanfaat bagus untuk kesehatan tubuh karena di dalamnya terdapat kandungan karbohidrat dalam jumlah yang cukup besar. Dalam sebutir buah durian terdapat sekitar 150 kalori dimana jumlah ini menjadi sumber makanan penambah energi yang mengenyangkan.

Di samping beberapa jenis manfaat durian seperti disebutkan di atas, secara tradisional buah durian dipercaya bisa meningkatkan gairah seksual, meredam demam, bagus untuk penyakit kuning, tekanan darah tinggi, malaria dan mengobati luka.

Sudah Terlanjur Jatuh Cinta Dengan Durian ? Perhatikan Dulu Hal Ini 

Ada banyak sekali bukan manfaat dari buah durian dan kandungan gizi di dalam daging buah ini. Namun tunggu dulu, anda jangan terburu – buru asal melahap buah lezat ini. Meskipun memiliki aroma dan cita rasa yang sangat menggoda, apabila anda mengkonsumsinya secara berlebihan maka buah ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman di perut seperti perut terasa kembung, muntah – muntah bahkan diare.

Untuk anda yang menderita penyakit diabetes, sebaiknya urungkan niat anda untuk mengkonsumsi buah ini dalam jumlah yang terlalu banyak. Buah durian mengandung kadar gula yang cukup tinggi dan apabila dikonsumsi tanpa pengawasan medis alias berlebihan maka akan berpotensi mengganggu kestabilan kadar gula darah. Di samping penderita diabetes, ibu – ibu menyusui dan ibu hamil juga disarankan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi buah ini.

Juga ketika anda sedang makan buah durian disarankan untuk tidak minum minuman mengandung alkohol secara bersamaan dengan buah ini karena durian mengandung zat yang bisa menghambat kinerja enzim di saluran cerna dalam mencerna alkohol. Jika dikonsumsi bersamaan maka akan menimbulkan rasa mual lalu muntah disertai jantung berdebar.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai manfaat dan khasiat buah durian yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel