Kunci Sehat Penyakit Tak Berani Mendekat dengan Makan Apel

23 Apr 2021 15:40 665 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

An apple a day keeps the doctor away adalah istilah populer di dalam Bahasa Inggris yang bisa diartikan sebagai berikut yaitu dengan mengonsumsi sebutir apel per hari bisa menjauhkan anda dari dokter (terhindar dari penyakit). Perumpamaan ini muncul pada awal abad 20 dimana buah ini ternyata sudah lama sekali digunakan dalam pengobatan Ayurvedic tradisional di Asia Selatan yaitu sejak 1.500 tahun yang lalu. 

An apple a day keeps the doctor away adalah istilah populer di dalam Bahasa Inggris yang bisa diartikan sebagai berikut yaitu dengan mengonsumsi sebutir apel per hari bisa menjauhkan anda dari dokter (terhindar dari penyakit). Perumpamaan ini muncul pada awal abad 20 dimana buah ini ternyata sudah lama sekali digunakan dalam pengobatan Ayurvedic tradisional di Asia Selatan yaitu sejak 1.500 tahun yang lalu. 

Meskipun dalam penelitian menjelaskan bahwa makan lebih banyak apel sebenarnya tidak bisa dihubungkan dengan sedikit kunjungan ke doter namun dengan rutin mengkonsumsi buah apel bisa membantu memberikan banyak manfaat seperti bisa untuk meningkatkan imunitas tubuh hingga menurunkan risiko diabetes dan kanker.

Buah Apel Dan Kandungan Gizi Di Dalamnya

Tidak terbayang bahwa di dalam buah berukuran segenggam tangan ini ternyata menyimpan banyak nutrisi yang bisa mengatasi penyakit dan menunjang gaya hidup yang sehat.

Tersebut di bawah ini kandungan dalam setiap 182 gram (g) buah apel berukuran sedang sebagai berikut : kalori sebesar 94,6, air sebanyak 156 g, karbohidrat sebesar 25,1 g, serat sebanyak 4,37 g, gula total sebesar 18,9 g, kalsium sebanyak 10,9 mg, magnesium sebanyak 9,1 mg, fosfor sebesar 20 mg, kalium sebanyak 195 mg, vitamin C sebanyak 8,37 mg, folat atau vitamin B9 sebesar 5,46 mcg, beta karoten sebesar 49,1 mcg, dan kandungan lainnya seperti protein, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, zinc, tembaga, zat besi, natrium, kolin, vitamin A, vitamin E, vitamin D, vitamin K, lutein, zeaxanthin, dan asam ursolat.

Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Dengan banyaknya manfaat vitamin, serat, dan nutrisi lainnya yang terkandung di dalam sebutir buah apel maka tak mengherankan jika apel sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan gizi di dalam buah terbukti ampuh untuk menangkal berbagai ragam penyakit mulai dari menjaga kesehatan jantung, melindungi kekokohan tulang, hingga melawan asma. Berikut di bawah ini kami berikan manfaat buah apel untuk kesehatan antara lain sebagai berikut :

1/ Membantu menurunkan berat badan

Buah apel kaya akan kandungan serat dan air yang membuat orang yang mengonsumsi buah ini akan cepat merasa kenyang. Di samping itu beberapa senyawa alami di dalamnya bisa untuk media menurunkan berat badan.

Dalam sebuah penelitian menjelaskan bahwa orang – orang yang makan irisan apel secara rutin setiap hari sebelum makan akan merasa lebih kenyang jika dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi saos apel, jus apel atau tidak mengkonsumsi produk apel sama sekali.

2/ Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Menurut penelitian yang dilakukan pada hewan menjelaskan bahwa pola makan yang mengandung serat akan membantu mengubah sel – sel kekebalan tubuh yang bersifat pro – inflamasi menjadi anti – inflamasi yang bisa menunjang kekebalan tubuh. Terlebih lagi kandungan vitamin C di dalam buah apel ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh seperti yang diulas oleh jurnal Nutrients pada bulan November 2017 menemukan bahwa vitamin C memainkan banyak peran di dalam membantu fungsi sistem kekebalan berjalan dengan sehat.

3/ Membantu menurunkan kolesterol

Buah apel berukuran sedang rata – rata mengandung 5 gram serat yang bisa untuk membantu mengurangi kolesterol. Sedangkan pektin mencegah kolesterol menumpuk di lapisan dinding pembuluh darah sehingga mengurangi resiko aterosklerosis dan penyakit jantung.

4/ Baik untuk menjaga kesehatan jantung  

Mengkonsumsi buah apel berhubungan dengan penurunan resiko penyakit jantung. Alasannya adalah karena buah apel mengandung serat larut yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah dimana di dalam daging buah ini juga mengandung polifenol yang memiliki efek antioksidan. Analisi penelitian menemukan bahwa asupan tinggi flavonoid erat kaitannya dengan berkurangnya resiko stroke menjadi 20% lebih rendah. Flavonoid dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah dan mengurangi oksidasi LDL buruk.

5/ Membantu menurunkan resiko diabetes  

Penelitian kesehatan menjelaskan bahwa makan apel secara rutin setiap hari bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga menjadi 28% lebih rendah dibandingkan dengan tidak makan apel. Bahkan hanya dengan mengonsumsi beberapa biji buah apel per minggu memiliki efek perlindungan yang serupa. Ada kemungkinan polifenol di dalam buah apel membantu mencegah kerusakan jaringan pada sel beta di pankreas. Sel beta akan menghasilkan insulin di dalam tubuh yang seringkali mengalami kerusakan pada penderita diabetes tipe 2. 

6/ Menurunkan resiko kanker

Dengan rutin mengonsumsi makanan kaya antioksidan bisa membantu mencegah stres oksidatif yang menyebabkan kerusakan sel dan juga menjadi penyebab perkembangan kanker tertentu menjadi lebih berbahaya. Apel merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat baik. Penelitian kesehatan menjelaskan bahwa dengan rutin mengonsumsi buah apel bisa membantu menurunkan resiko kanker paru – paru, kanker payudara dan kanker kolorektal. Serat di dalam buah apel membantu mengurangi resiko kanker usus besar.

7/ Melindungi tulang

Buah apel efektif di dalam memperkuat tulang dan bisa memainkan peran penting di dalam menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan. Para peneliti mempercayai bahwa flavonoid yang disebut phloridzin hanya ditemukan di dalam buah apel yang bisa melindungi wanita pasca menopause dari osteoporosis dan juga bisa untuk meningkatkan kepadatan tulang dan memperkuat tulang.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang kunci sehat penyakit tak berani mendekat dengan makan apel, dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 36
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel