Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

23 Apr 2021 14:30 428 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Bawang putih adalah salah satu jenis bumbu dapur yang wajib ada dalam setiap masakan. Bawang putih memiliki nama latin yaitu allium sativum yang memiliki banyak manfaat dimana yang paling menonjol adalah memberikan rasa sedap terhadap masakan yang dibuat dan meningkatkan aroma yang menggiurkan. Di dalam sebutir bawang putih mengandung beragam zat gizi yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Bawang putih adalah salah satu jenis bumbu dapur yang wajib ada dalam setiap masakan. Bawang putih memiliki nama latin yaitu allium sativum yang memiliki banyak manfaat dimana yang paling menonjol adalah memberikan rasa sedap terhadap masakan yang dibuat dan meningkatkan aroma yang menggiurkan. Di dalam sebutir bawang putih mengandung beragam zat gizi yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

1/ Mencegah kanker 

Senyawa sulfur bioaktif yang terdapat di dalam bawang putih diyakini mempunyai efek terhadap masing – masing tahap pembentukan kanker. Senyawa ini bisa memberikan pengaruh besar terhadap proses biologis sehingga kanker tidak jadi terbentuk di dalam tubuh. Ini juga dikarenakan kandungan berupa PhIP di dalamnya menjadi salah satu bentuk dari amina heterosikli (HCA) yang memicu kanker payudara pada kelompok perempuan akan dihambat pertumbuhan dan perkembangannya lalu selanjutnya diubah menjadi karsinogen yang dilakukan oleh zat bernama diallyl sulfida.

2/ Mengobati infeksi paru – paru 

Sifat – sifat anti bakteri dan anti mikroba dalam bawang putih ampuh untuk melawan kuman, bakteri, dan mikroba yang menjadi penyebab munculnya infeksi paru – paru. Maka dari itu rajin – rajinlah mengkonsumsi bawang putih 2 siung setiap hari.

3/ Menurunkan tekanan darah tinggi

Bawang putih banyak mengandung zat antioksidan dan allicin dimana kedua senyawa ini mempunyai kemampuan tajam untuk menurunkan tekanan darah tinggi disertai dengan melancarkan sistem peredaran darah dan menyehatkan arteri.

4/ Membasmi kolesterol jahat

Dengan rutin mengkonsumsi bawang putih secara teratur terbukti ampuh untuk meningkatkan produksi insulin pada tubuh anda. Dimana ini secara signifikan bisa memangkas kolesterol jahat atau LDL hingga mencapai tingkat 15 persen. Juga bawang putih tidak akan mempengaruhi kolesterol baik (HDL).

5/ Mengobati keputihan

Sejak jaman dahulu bawang putih ampuh dimanfaatkan sebagai salah satu resep herbal dikarenakan zat – zat yang dikandung di dalamnya bersifat anti bakteri dan anti jamur. Ini bermanfaat untuk mengobati keputihan yang sangat efektif. Konsumsi bawang putih dengan rutin maka bisa menghambat bakteri masuk pada area kewanitaan anda.

6/ Mencegah penyakit Alzheimer dan demensia

Makan bawang putih dalam jumlah besar secara teratur dapat meningkatkan enzim antioksidan pada tubuh dimana hal ini akan memberikan dukungan mekanisme tubuh terhadap kerusakan – kerusakan oksidatif sehingga bisa mencegah alzheimer dan demensia.

7/ Mengobati sakit gigi

Sakit gigi pada umumnya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Anti bakteri di dalam bawang putih bisa dengan bagus menngurangi rasa sakit pada bagian sakit gigi yang sedang anda derita. Kandungan analgesiknya ampuh untuk mengurangi rasa sakit sebagai akibat sakit gigi.

8/ Meningkatkan metabolisme tubuh

Enzim yang bersifat alami terkandung di dalam bawang putih ampuh untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh anda.

9/ Membantu menurunkan berat tubuh

Bawang putih membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh dimana lemak yang menumpuk di bagian tertentu pada tubuh akan menjadi berkurang karena kini anda memiliki sistem metabolisme tubuh yang lebih kuat.

10/ Mengobati sakit sinusitis

Sifat – sifat anti bakteri di dalam bawang putih membantu mengurangi radang pada bagian rongga hidung sehingga ketika anda bernafas menjadi lega dan sekaligus mengurangi sakit kepala yang muncul karena disebabkan oleh sinusitis.

11/ Mengobati sakit flu

Tidak hanya sinusitis saja, bawang putih bagus untuk mengobati flu. Di dalamnya ada sifat – sifat anti bakteri dan anti mikroba yang akan membasmi bakteri dan mikroba penyebab flu.

12/ Mengobati penyakit psoriasis

Yang dimaksud dengan sakit psoriasis adalah salah satu penyakit kulit yang terjadi karena adanya peradangan seperti gatal – gatal, kulit mengelupas, dan disertai rasa nyeri. Nah sifat – sifat anti inflamasi pada bawang putih bisa untuk mengobati penyakit ini. Caranya sangat sederhana yaitu dengan memakan mentah bawang putih secara rutin selama sakit untuk pengobatan dari dalam tubuh atau dengan mengoles pasta bawang putih pada bagian kulit yang mengalami peradangan.

13/ Mengobati jamur pada kaki

Sifat anti inflamasi di dalam bawang putih ampuh untuk mengobati jamur kaki hingga mengeringkan luka dan menyamarkan bekas jamur kaki.

14/ Meningkatkan gairah seksualitas untuk kelompok pria

Manfaat bawang putih yang keempat belas untuk kesehatan tubuh terutama bagi pria adalah menambah gairah seksualitas. Karena di dalam sebutir bawang putih mengandung zat aliccin yaitu zat yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah terhadap organ seksual. Cara memanfaatkannya adalah dengan mencampur bawang putih dengan telur ayam kampung dan madu lalu minum ramuan tradisional ini secara rutin.

 

Manfaat Dan Khasiat Bawang Putih Untuk Kecantikan

1/ Menyuburkan rambut

Rambut anda secara rutin bisa dirawat dengan cara tradisional yaitu memakai bawang putih yang memiliki fungsi memperkuat akar rambut sehingga meminimalisir kerontokan, mengobati kulit kepala yang berketombe, dan menyebabkan rambut tumbuh lebih tebal serta berkilau. Caranya adalah dengan menyiapkan bawang putih secukupnya kemudian diblender hingga membentuk pasta halus lalu gunakan sebagai masker rambut.

2/ Mengurangi tumbuhnya jerawat

Bosan dengan masalah jerawat yang selalu tumbuh dengan subur di wajah anda maka bisa diatasi dengan cara tradisional yang sangat sederhana tetapi ampuh untuk mematikan jearawat hingga ke bagian akarnya yakni secara langsung membersihkan darah di area kepala. Caranya adalah dengan rutin makan bawang putih sebanyak 1 sampai dengan 2 siung bawang putih setiap hari.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai manfaat bawang putih untuk kesehatan dan kecantikan yang kami rangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca artikel ini.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 36
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel