Oleh-Oleh Khas Surabaya

23 Apr 2021 13:23 298 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Siapa yang suka jalan-jalan ke Surabaya  untuk  membeli  beragam jenis oleh-oleh khas Surabaya ? Surabaya seperti halnya Jakarta mempunyai beragam jenis wisata kuliner dimana kota ini sejak zaman dahulu dijuluki Kota Pahlawan yang menyimpan legenda ikan hiu dan buaya kerap dikunjungi oleh sebagian orang untuk beragam keperluan.

Siapa yang suka jalan-jalan ke Surabaya  untuk  membeli  beragam jenis oleh-oleh khas Surabaya ? Surabaya seperti halnya Jakarta mempunyai beragam jenis wisata kuliner dimana kota ini sejak zaman dahulu dijuluki Kota Pahlawan yang menyimpan legenda ikan hiu dan buaya kerap dikunjungi oleh sebagian orang untuk beragam keperluan.

Kota Surabaya kini selain untuk bisnis juga menyimpan keindahan alam yang menarik untuk bisa disaksikan seperti ada Taman Mundu, Taman Bungkul, Taman Surya, Taman Pelangi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Apabila sewaktu-waktu anda berencana liburan ke Surabaya maka jangan lupa untuk menikmati pariwisata dan kuliner khasnya yang cocok digunakan sebagai buah tangan untuk dibawa pulang. Nah agar tidak bingung dalam memilih oleh-oleh apa yang cocok untuk diberikan kepada keluarga di rumah maka melalui artikel ini kami berikan beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya yang menarik antara lain sebagai berikut :

1/ Almond Crispy Cheese

Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini renyah dengan cita rasa keju dan almond yang sangat kuat sebagai rasa dan bahan utama pembuatannya. Selain rasa original, masih ada varian rasa lain yang ditawarkan meliputi rasa green tea, cokelat, blueberry, strawberry, dan durian. Rata-rata bentuknya tipis, bulat, dan lembut di mulut, sangat cocok untuk dimakan ketika kumpul bersama dengan keluarga atau hanya dijadikan cemilan dan teman minum kopi. Bahan utama membuatnya adalah kacang almond, keju, gula, mentega, tepung, dan bahan-bahan lain diolah dengan memakai metode tertentu.

Harga yang ditawarkan kisaran mulai dari Rp.45.000 per kotak tetapi beda toko kadang-kadang beda juga harganya dimana dalam satu kotak telah diisi kue ini dengan memakai pengemasan yang mewah dan siap dibawa sebagai oleh-oleh khas Surabaya yaitu berlabel Almond Crispy Cheese.

2/ Kue Lapis Surabaya

Kue lapis Surabaya memiliki warna-warna yang khas yaitu ada warna kuning, cokelat hingga belang kuning cokelat dan di tengahnya terdapat selai strawberry yang berfungsi sebagai perekat. Rasa kue yang satu ini sangat enak, empuk, dan lembut ketika dimakan di mulut ditambah aroma wangi bahan-bahan lainnya akan muncul saat anda memakannya. Sekilas pandang kue lapis ini menyerupai dengan sponge cake namun kue lapis bertekstur lebih empuk dan sangat halus terutama saat disentuh akan tersaa lebih basah atau lembab.

Meskipun kue ini termasuk ke dalam makanan tradisional tetapi kenyataannya kue lapis Surabaya adalah kue-kue yang disajikan dengan rasa premium dimana dalam proses pengolahannya tidak membutuhkan bahan-bahan yang cukup banyak. Dalam satu resep pembuatannya bisa menghabiskan telur sebanyak 20 buah guna menciptakan rasa yang lebih melekat. Hal inilah yang menyebabkan harga oleh-oleh khas Surabaya ini menjadi sangat terkenal dan dijual dengan harga yang cukup mahal jika kuenya diberi tambahan berupa irisan buah segar di atasnya atau memakai selai yang beraneka ragam dan tebal.

3/ Kue Mente

Kue ini merupakan salah satu jenis kue tradisional dengan bahan utama membuatnya adalah tepung, mentega, garam, telur, gula, minyak nabati, dan bahan utamanya yaitu mente atau mete. Memiliki bentuk bulat agak pipih, kue ini mempunyai cita rasa yang enak dan lembut apabila masuk ke dalam mulut. Pada bagian bawahnya tampak seperti gosong namun ini disebabkan karena sisa memasak yang memang dibuat seperti gosong namun pada kenyataannya tidaklah gosong sehingga ketika dimakan tidak ada rasa pahit sedikitpun. Kacang mete di dalam kue sangat terasa karena diberi dalam potongan-potongan yang amat banyak. Adapun salah satu produsen terbaik kue mente di Kota Surabaya adalah produsesn kue dengan nama mereknya adalah Wisata Rasa memiliki kemasan khas berwarna hijau atau merah bergambar ikan hiu dan buaya.

4/ Sambal Bu Rudy

Oleh-oleh yang satu ini merupakan sambal super pedas yang dibuat oleh keluarga Ibu Rudy di Surabaya sudah dikenal oleh banyak orang karena mempunyai cita rasa benar-benar pedas, nikmat, dan dipadu dengan rasa udang yang kuat menyebabkannya menjadi terkenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Kota Surabaya. 

Bu Rudy sudah menjual beraneka ragam sambal yang dikemas dalam bentuk kemasan yang serba praktis agar konsumen mudah membawanya.

Adapun varian sambal Bu Rudy tersebut di atas adalah sambal bawang, sambal udang, dan sambal bajak yang masing-masing memiliki harga mulai Rp.25.000 per kemasan dimana harga ini tepat diberikan untuk rasa yang ditawarkan sangat enak di lidah. Meskipun agak mahal namun kualitas dari cita rasa yang diberikan bisa menjelaskan bahwa harga tersebut sangatlah pantas.

Ibu Rudy sendiri merupakan produsen sambal yang menjadi produsen pertama memakai kemasan praktis sebelum ada banyak pengikut lainya menggunakan metode ini. Memesan sambal ini anda bisa menuju alamat depot Bu Rudy yang ada di tiga tempat berbeda yaitu di Jalan Dharmahusada 140 Surabaya, Jalan Kupang Indah 31 Surabaya, dan Jalan Anjasmoro 45 Surabaya.

5/ Kaos Cak Cuk

Jika suatu hari anda sedang berlibur ke Bali maka yang terlintas adalah untuk membeli kaos Joger yang sudah sangat terkenal dan menjadi ikon di pulau Dewata. Tetapi kalau ke Surabaya maka oleh-oleh khas yang bisa dibawa adalah kaos Cak Cuk yaitu sejenis kaos oblong yang usahanya sudah dirintis sejak tahun 2005 oleh Hendra Wardhana dan Dwita Roesmika.

Adapun baju-baju Cak Cuk yang dijual di pasaran mempunyai desain-desain unik yang menyangkut kehidupan masyarakat sehari-hari misalnya kaos-kaos dengan tulisan ‘Surabaya kota esek-esek’. Ada juga beberapa kata ataupun tulisan lain seperti tentang sejarah kota Surabaya hingga gambaran Surabaya saat ini seperti pasar malam Dolly, Boneka Mania bahkan mempopulerkan masakan-masakan asli Surabaya.

Harga yang ditawarkan mulai kisaran dari Rp.44.000 untuk anak-anak sedangkan untuk orang dewasa senilai Rp.64.000. Untuk membelinya anda harus menuju ke outlet-outlet resmi Cak Cuk di Jalan Mayjen Sungkono 35, Jalan Kedungcowek 71, Jalan Ahmad Yani 263 Surabaya, dan Bandara Juanda (depan Gate 4).

6/ Kopi Bandrek

Kopi bandrek adalah salah satu minuman tradisional yang kini telah tersebar di seluruh penjuru Indonesia terutama Kota Surabaya. Masing-masing tempat memiliki perbedaan yaitu dari bahan yang digunakan dan cara pengolahan yang juga berbeda-beda. Tetapi yang paling terkenal adalah kopi bandrek khas Surabaya yang memakai kopi sebagai bahan utama pengolahan ditambah dengan jahe sebagai bahan wajib pembuatannya.

Di samping kedua bahan-bahan tersebut, masih ada bahan lain untuk menciptakan kopi bandrek seperti gula dan rempah-rempah yang porsinya berbeda-beda antar wilayah. Dimana kopi ini menyebabkan yang meminumnya tidak mudah mengantuk berkat adanya campuran kopi dan jahe yang membantu memberikan kehangatan bagi si peminum.

Salah satu produsen kopi bandrek yang sangat terkenal di Kota Surabaya adalah Kopi Bandrek Sreg yang memberikan varian rasa dua jenis yaitu yang original dan coffee cream dengan memberikan bahan-bahan tambahan berupa krim nabati agar rasanya semakin enak. Di dalam 1 pack kemasan kopi ada 5 sachet kopi yang mampu bertahan selama 6 bulan tanpa bahan pengawet apapun. Harga satu pack Kopi Bandrek Sreg adalah Rp.19.500 dengan kemasan yang keren. Minuman ini cocok diseruput saat pagi hari atau ketika cuaca sedang hujan karena membantu menghangatkan tubuh.

7/ Sambal CUK

Sambal adalah salah satu makanan pelengkap makan nasi yang paling banyak disukai oleh orang Indonesia. Inilah yang menyebabkan Mujiati membuat usaha sambal CUK karena mempunyai pasar yang jelas dengan bahan baku mudah ditemukan dan pengolahan yang sederhana namun menghasilkan cita rasa sambal yang lezat. Ke masa depan sambal ini semakin berkembang dan berhasil mengeluarkan 13 varian sambal yang super pedas dan mantap. Varian-varian sambal tersebut adalah korek bebek Madura, udang ebi, sambal bawang, ijo teri Medan, roa asap, ikan asin klotok, klotok pete, original cabai, bajak, rica tuna asap, bawang pete, dan matah Bali. Yang termahal adalah jenis roa asap yaitu Rp.27.000 setiap satu wadah, kemudian klotok pete dan matah Bali masing-masing seharga Rp.24.000 dan Rp.22.000.

8/ Fruit Cake Glory

Fruit Cake Glory adalah salah satu merek roti yang memberikan beragam jenis roti dengan cita rasa buah-buahan mulai dari rasa nanas, apel, strawberry, mangga, pisang, jeruk, dan durian. Varian lainnya yang tak kalah enak juga tersedia seperti jenis red velvet dan pia keju. Roti ini banyak memiliki peminat baik itu dari Kota Surabaya maupun di luar kota ini dimana buah di dalam roti kaya akan kandungan gizi seperti vitamin dan serat.

Untuk memperoleh sekotak oleh-oleh khas Surabaya ini bisa dengan hanya mengeluarkan uang antara Rp.60.000 sampai dengan Rp.75.000 tergantung dari varian yang dibeli. Roti ini dikemas dengan apik sehingga isinya sulit ditembus oleh udara luar yang memiliki tujuan agar kondisi roti tetap awet walaupun melakukan perjalanan jauh ditambah dengan rasa enak dan lezat serta varian yang banyak menyebabkan tidak mudah bosan mengkonsumsinya.

9/ Kue Bikang Peneleh

Bikang adalah salah satu jenis kue basah yang sangat populer di Indonesia dan telah tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia dengan cara memasak, rasa hingga komposisi bahan dasar yang berbeda-beda. Rata-rata bentuk kue bikang adalah bulat dengan variasi warna yang beraneka ragam. Di Kota Surabaya tepatnya di daerah Peneleh ada kue bikang istimewa yang diciptakan oleh Toko Kue Bikang Peneleh. Perbedaan dari bikang lainnya adalah rasa yang khas dengan dibuat dari bahan-bahan sederhana namun mampu menghasilkan bikang istimewa. Bahan utama membuat bikang ini adalah tepung beras, santan, dan gula serta diberi pewarna alami yang dibuat sendiri seperti hijau dari daun pandan dan cokelat dari bubuk cokelat plus moka.

Rasa yang ditawarkan dari toko ini adalah rasa manis karena gula dengan aroma khas dari santan. Sepotong kue bikang peneleh dihargai Rp.3.500 yang bisa anda beli di Jalan Peneleh 32-34, Surabaya yang juga dijumpai pada tempat penjualan lainnya yang berada di Pasar Atum stand promosi tahap III, Surabaya.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai oleh-oleh khas Surabaya yang kami rangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi pembaca artikel ini.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 36
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel