Rahasia Awet Muda Hingga Rambut Sehat Dengan memanfaatkan Minyak Zaitun

22 Apr 2021 13:55 657 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Minyak zaitun sebenarnya adalah merupakan ekstrak dari buah zaitun atau bahasa ilmiahnya adalah olea europaea yang memiliki pohon sangat mudah ditemukan di daerah-daerah Mediterania atau di wilayah Laut Tengah. Selama bertahun – tahun ekstrak buah zaitun memang populer dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dasar meracik beberapa jenis obat – obatan, sabun, bahkan hingga produk-produk kecantikan.

Apakah anda sedang berusaha untuk menemukan salah satu obat alami yang bisa membantu anda melawan penuaan dini ? Maka jawabannya adalah minyak zaitun.

Minyak zaitun sebenarnya adalah merupakan ekstrak dari buah zaitun atau bahasa ilmiahnya adalah olea europaea yang memiliki pohon sangat mudah ditemukan di daerah-daerah Mediterania atau di wilayah Laut Tengah. Selama bertahun – tahun ekstrak buah zaitun memang populer dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dasar meracik beberapa jenis obat – obatan, sabun, bahkan hingga produk-produk kecantikan.

Adalah Ratu Cleopatra dari Mesir diketahui sebagai pemakai rutin minyak zaitun semasa hidupnya sehingga tidak mengherankan jika beliau disebut sebagai perempuan yang memiliki kecantikan yang abadi alias awet muda.

Manfaat Dari Minyak Zaitun Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Menurut penelitian yang dilakukan oleh pakar kecantikan dan pakar kesehatan menjelaskan bahwa ada banyak sekali manfaat kecantikan dan kesehatan yang bisa dengan mudah anda peroleh dari memakai minyak zaitun. Penasaran apa saja manfaat yang dimaksudkan ? Simak penjelasan singkat dari kami tersebut di bawah ini :

1/ Menghindari kulit keriput

Seperti diketahui bahwa pertambahan usia disertai kebiasaan hidup sehari – hari sangat memberikan pengaruh besar terhadap kemunculan kerutan – kerutan pada kulit wajah anda. Apabila kulit wajah anda dibiarkan begitu saja tanpa perawatan bukan tidak mungkin akan dengan mudah munculnya keriput pada wajah, leher, dan pundak menjadi lebih cepat dari proses normalnya. Untungnya hal ini bisa dicegah dan menghindarinya dengan menggunakan minyak zaitun.

2/ Melindungi wajah dari kerusakan

Kondisi lingkungan dimana anda tinggal bisa memberikan pengaruh besar terhadap kesehatan kulit. Contohnya adalah bagi anda yang tinggal di kota-kota besar maka polusi udara yang tinggi bisa merusak kulit tubuh dan wajah. Namun janganlah ini menjadikan anda khawatir berlebihan karena dengan minyak zaitun sudah bisa mengatasi masalah yang muncul sebab minyak zaitun memiliki manfaat untuk melindungi sel-sel kulit wajah dari kerusakan sebagai akibat polusi karena kandungan berupa anti oksidan di dalamnya.

3/ Mempersempit pori–pori wajah

Pori-pori wajah yang agak melebar akan menyebabkan wajah anda tampil kurang sempurna dan mudah terlihat tua lebih dini. Ini bisa diatasi dengan memanfaatkan minyak zaitun yang ampuh untuk mengecilkan pori – pori wajah. Apabila anda mengalami hal ini maka segeralah oleskan wajah dengan memakai minyak zaitun. Karena minyak zaitun mengandung zat linoleic yang mampu mengecilkan pori-pori wajah sehingga menjadikan wajah anda tampil muda.

4/ Sebagai obat jerawat alami

Jangan khawatir berlebihan dengan jerawat membandel yang selalu muncul menghiasi wajah anda. Sebab anda bisa mengatasi masalah ini lebih cepat dengan mengusapkan minyak zaitun ke wajah yang bermasalah secara rutin. Minyak zaitun dalam hal ini berkhasiat sebagai obat jerawat alami berkat kandungan vitamin, anti racun, dan infeksi, disertai anti bakteri serta anti inflamasi.

5/ Mencegah rambut bercabang-cabang

Jika anda memiliki rambut yang kasar, bercabang dan susah untuk diatur, maka minyak zaitun bisa menjadi senjata tepat untuk melawannya.

Caranya adalah pijat kulit kepala anda dengan lembut memakai minyak zaitun hangat lalu biarkan meresap selama satu jam dan selanjutnya bersihkan rambut dengan shampoo dan conditioner seperti biasa. Lakukan dengan rutin seminggu tiga kali maka anda akan merasakan manfaatnya.

6/ Menghilangkan ketombe

Apakah anda memiliki masalah ketombe yang sangat mengganggu penampilan sehari – hari anda ? Maka bisa diatasi dengan memanfaatkan minyak zaitun guna menghilangkan ketombe. Caranya adalah dengan dioles di bagian kulit kepala lalu diratakan dengan sisir. Bila dianggap perlu tambahkan perasan air jeruk lemon agar hasil yang diperoleh menjadi lebih maksimal. Jika sudah selesai maka keringkan dengan membilas memakai air bersih atau keramas seperti biasa.

7/ Memerangi penyakit alzheimer

Yang dimaksud dengan alzheimer’s disease atau dementia adalah salah satu penyakit lupa ingatan yang sering menghantui rata – rata 60 s/d 80 persen orang lanjut usia di dunia. Dimana di Indonesia sendiri hingga saat ini sudah terkumpul sekitar 2 juta kasus alzhemier yang terjadi hampir setiap tahun.

Kabar baik dijelaskan oleh tim dokter di bawah kepemimpinan dr. Domenico Pratico menemukan bahwa dengan rutin mengonsumsi minyak zaitun maka terbukti ampuh untuk mengurangi resiko terserang penyakit yang satu ini. Ini terjadi karena minyak zaitun bisa untuk mengurangi produksi amyloid plaque dan phosporylated, dua jenis protein jahat yang menjadi penyebab utama terjadinya kerusakan pada bagian otak yang bertanggung jawab atas penyimpanan memori dan fungsi mental tubuh.

8/ Bisa untuk meredakan peradangan dan rasa sakit

Manfaat minyak zaitun selanjutnya adalah untuk mengurangi munculnya peradangan atau rasa sakit. Dimana ada banyak sekali penyakit – penyakit kronis yang kemunculannya diawali oleh peradangan di dalam tubuh contohnya adalah berbagai jenis kanker, cardiovascular disease hingga rheumatoid arthritis. Dalam hal ini minyak zaitun mengandung bahan – bahan antioksidan seperti oleic acid dan oleochantal yang terbukti ampuh guna melawan peradangan tersebut. Didukung oleh sebuah penelitian mengenai manfaat minyak zaitun terhadap kesehatan yang diterbitkan oleh British Journal of Medicine (2005) menyatakan bahwa 50 ml extra virgin olive oil berfungsi sama baiknya dengan 10 persen ibuprofen yaitu obat pengurang rasa sakit.

9/ Bisa untuk mencegah penyakit kanker

Seperti sudah dijelaskan tersebut di atas bahwa kandungan di dalam minyak zaitun mempunyai sifat-sifat antioksidan yang sangat tinggi sehingga menyebabkannya bisa dimanfaatkan untuk memerangi penyebab penyakit kanker. Ini berlaku terutama untuk penyakit kanker payudara dan kanker kulit.

10/ Bisa untuk melembabkan kulit kering

Apakah anda bermasalah dengan kulit wajah, tubuh atau kulit kepala yang terlalu kering ? Sehingga mudah memicu munculnya rasa gatal – gatal ? Maka cobalah cari produk kecantikan yang di dalamnya mengandung minyak zaitun. Karena minyak zaitun dapat bersifat menyerap hingga ke lapisan paling dalam kulit sehingga bagus sekali dimanfaatkan sebagai night cream atau pelembab malam setiap hari.

Adapun pemakaian minyak zaitun secara rutin berguna untuk menjaga kulit agar terlindungi dari partikel – partikel asing dan pemenuhan kebutuhan kulit terhadap cairan setiap hari.

Untuk melembabkan kulit agar terlihat makin segar dan cerah, kombinasikan minyak zaitun dengan lemon dalam produk – produk kecantikan akan sangat membantu jika dilakukan dengan rutin setiap hari.

11/ Bisa untuk menunda proses penuaan dini pada kulit

Minyak zaitun sejak zaman dahulu disebut – sebut sebagai salah satu bahan tradisional yang alami dan cukup efektif guna menunda hadirnya tanda – tanda penuaan dini seperti keriput dan flek-flek hitam. Ini terjadi karena di dalam minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan vitamin K dalam jumlah tinggi dimana kedua vitamin tersebut memiliki fungsi sebagai antioksidan yang sangat bagus di dalam melindungi permukaan kulit dari kerusakan karena adanya polusi udara. Gunakan minyak zaitun secara rutin akan dapat menjadikan kulit anda menjadi halus dan lembut.

12/ Melindungi kulit dari sinar matahari

Apabila anda terlalu sering melakukan aktivitas di luar ruang apalagi pada waktu siang hari, anda bisa memanfaatkan minyak zaitun sebagai pelindung kulit. Lakukan perawatan dengan rutin maka niscaya kulit anda terhindar dari bahaya sinar ultraviolet.

13/ Sebagai obat untuk mengobati gatal-gatal

Di samping memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari panasnya sinar matahari, minyak zaitun berkhasiat untuk mengobati gatal-gatal pada kulit. Ini bisa terjadi karena minyak zaitun mengandung sifat anti inflamasi.

14/ Meregenerasi kulit anda yang berusia tua

Lakukanlah scrubbing dengan cara teratur yaitu dengan mencampurkan minyak zaitun dengan gula pasir. Oleskan pasta ini setiap hari sebelum tidur pada kulit wajah dan leher anda, biarkan beberapa menit lalu bilas dengan memakai air hangat . Nah jika anda melakukannya dengan teratur maka dalam waktu singkat anda akan memiliki kulit yang dengan mudah beregenerasi dan anda terlihat tampil lebih muda.

15/ Menjadikan kulit bibir lebih merah alami

Apabila kulit bibir anda terlihat gelap maka anda bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk mencerahkan dan menjadikan bibir anda tampil lebih sehat. Kandungan nutrisi di dalam minyak zaitun mempunyai banyak manfaat yang bisa menjadikan bibir anda lebih merah dan segar. Lakukan perawatan dengan rutin.

16/ Mencegah kondisi buruk pada bibir yaitu pecah-pecah

Kondisi bibir yang terlalu kering dan pecah-pecah bisa diatasi dengan hanya mengoleskan minyak zaitun secara rutin setiap hari selama anda sakit di bagian yang bermasalah. Jadikanlah minyak zaitun sebagai scrub bibir yang sifatnya alami. Ini akan menyebabkan sel-sel kulit mati akan mengelupas dan dengan segera digantikan oleh sel-sel baru yang lebih sehat.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang rahasia awet muda hingga rambut sehat dengan memanfaatkan minyak zaitun yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 44
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel