Beberapa Tips Untuk Menghindari Petir Ketika Musim Hujan

17 Apr 2021 12:00 925 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Petir muncul sebagai akibat adanya awan yang mengandung muatan positif dan negatif dimana awan tersebut memiliki beda potensial yang amat besar sehingga akan menyebabkan terjadinya pembuangan muatan negatif dari awan ke Bumi. Adapun muatan positif terbesar berada pada bagian atas awan, muatan negatif besar pada bagian tengah dan muatan – muatan – muatan postif kecil terdapat di bagian bawah. Muatan – muatan tersebut ditemukan pada tetesan air, partikel es atau bahkan keduanya. 

Yang dimaksud dengan petir adalah merupakan salah satu fenomena alam yang umumnya muncul bersamaan dengan hujan.

Petir muncul sebagai akibat adanya awan yang mengandung muatan positif dan negatif dimana awan tersebut memiliki beda potensial yang amat besar sehingga akan menyebabkan terjadinya pembuangan muatan negatif dari awan ke Bumi. Adapun muatan positif terbesar berada pada bagian atas awan, muatan negatif besar pada bagian tengah dan muatan – muatan – muatan postif kecil terdapat di bagian bawah. Muatan – muatan tersebut ditemukan pada tetesan air, partikel es atau bahkan keduanya. 

Tidak hanya itu saja, kondisi udara yang mengandung air tinggi akan membuat daya isolasi menurun atau berubah menjadi konduktor sehingga arus menjadi mudah mengalir.

Petir Yang Berbahaya Bagi Manusia

Petir merupakan salah satu bentuk dari fenomena alam semesta yang berbahaya erat hubungannya dengan cuaca dan terjadi dengan tingkat rata – rata mencapai 50 sampai dengan 100 debit per detik di seluruh dunia. Maka dari itu diciptakanlah penangkal petir dan konduktor logam yang dipasang di bagian bangunan atau gedung tinggi guna melindungi manusia di dalamnya dari tersambar petir dengan cara mengalirkan arus petir masuk ke dalam tanah semaksimal mungkin. 

Petir tetap saja bisa memberikan resiko kematian jika manusia secara tak sengaja tersambar. Banyak korban menjadi tidak sadar dan mengabaikan bahaya petir. Rata – rata dari mereka justru sedang melakukan kegiatan atau gerakan yang memancing atau memicu tersambarnya petir ke arahnya.

Tips Menghindari Petir

Lalu apa saja yang bisa dilakukan guna menghindari sambaran petir ? Marilah disimak beberapa tips berikut ini.

1/ Hindari untuk berteduh di bawah pohon yang menjulang tinggi

Ketika hujan turun secara tiba – tiba, sebagian besar orang akan berusaha untuk menemukan tempat untuk berteduh guna melindungi diri dari terpaan air hujan. Salah satu tempat terbanyak menjadi pilihan adalah di bawah pohon terutama pohon – pohon besar dan tinggi. Pada kenyataannya berbahaya sekali berteduh di bawah pohon ketika sedang hujan lebat yang disertai dengan petir. Pohon menjadi media terbaik untuk menyalurkan petir ditambah kondisi pohon yang tinggi menyebabkan pohon menjadi target utama tersambar petir. Jika kebetulan sedang berada di tengah hutan sebaiknya berteduhlah di bawah pohon yang lebih pendek daripada sekitarnya.

2/ Segera mencari perlindungan di dalam ruangan

Apabila anda mendengar suara Guntur yang sangat keras, jangan pernah mencoba untuk keluar ruangan guna melihat kejadian yang sebenarnya. Awal mula terjadinya petir adalah biasanya muncul kilatan cahaya kemudian disusul dengan suara bergelegar di langit. Apabila sudah begitu segeralah hentikan segala bentuk aktivitas di luar ruangan dan cepat mencari tempat perlindungan. Bila terpaksa harus berpindah tempat sebaiknya gunakan kendaraan atau transportasi tertutup seperti di dalam mobil atau bis guna menghindari dari sambaran petir yang bisa datang secara tiba – tiba.

3/ Jangan menghidupkan peralatan elektronik

Semua peralatan elektronik baik itu yang berada di dalam rumah atau ruangan apapun bisa memicu sambaran petir karena memiliki aliran listrik di dalamnya. Sangat disarankan untuk segera memutus aliran listrik dengan tidak menggunakan alat – alat elektronik apapun jika sedang terjadi hujan dan petir.

4/ Tidak ada salahnya mencabut kabel telepon

Mungkin sebagian dari anda mempunyai telepon yang tersambung dengan kabel di dalam rumah. Disarankan untuk tidak memakai dan cabut terlebih dahulu kabel yang menghubungkan telepon ketika terjadi hujan dan petir. Perlu diketahui bahwa jika saluran atau kabel telepon bersangkutan mengandung bahan yang mudah menghantarkan aliran listrik dan kemungkinan besar bisa memicu terjadinya sambaran oleh petir.

5/ Hindari tempat yang banyak terdapat air 

Untuk para penggemar olahraga air seperti berenang sangat disarankan untuk berhenti sejenak melakukan kegiatan saat sedang terjadi hujan dan petir. Segeralah keluar dari kolam renang dan menjauhi tempat tersebut. Seperti yang anda ketahui bahwa air menjadi media terbaik untuk mengalirkan arus listrik. Selain berenang, beberapa aktivitas lain yang berhubungan dengan air seperti memancing, mencuci, dan mandi untuk segera berhenti sejenak hingga petir tidak lagi bermunculan.

6/ Gunakan selalu alas kaki

Jangan sesekali mencoba untuk melepas alas kaki ketika petir sedang bergemuruh. Kondisi tanah yang basah karena air hujan menjadi media bagus bagi petir untuk menghantarkan arus listrik apabila petir jatuhnya di sekitar wilayah anda berdiri. Hindari memakai alas kaki yang terdapat besi di dalamnya. Sebaiknya gunakan alas kaki berbahan plastik atau karet guna meredam arus listrik jika sedang terjadi hujan yang disertai petir.   

7/ Hindari berada di tempat terbuka

Adan banyak tempat yang bisa menyebabkan seseorang tersambar petir terutama di tempat – tempat terbuka. Petir memiliki sifat mencari atau memburu objek tertinggi guna menghantarkan listriknya. Ketika anda sedang berada di ruang terbuka, tubuh manusia adalah objek tertinggi yang mudah sekali untuk tersambar petir. Segera temukan tempat perlindungan terdekat jika anda sudah mendengar suara gemuruh dari kejauhan. Bila sedang berada di padang rumput, temukan dataran yang lebih rendah dan posisikan tubuh untuk berjongkok dengan kedua tangan menempel lutut dan kepala diapit atau berada diantara kedua tangan.

8/ Lepas aksesoris yang mengandung logam

Aksesoris yang menempel di tubuh terutama yang berbahan logam bisa dengan mudah menjadi bahan penyalur arus listrik bila sedang terjadi petir. Guna menghindari hal yang tidak diinginkan sebaiknya segera lepas semua aksesoris bersangkutan terutama apabila anda sedang berada di luar ruangan dengan kondisi hujan dan petir kemudian masuklah ke dalam bangunan atau tempat berlindung yang aman.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai beberapa tips untuk menghindari petir ketika musim hujan yang kami rangkum dari beberapa sumber berita. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel