Oleh-Oleh Khas Bogor

16 Apr 2021 16:00 436 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Apakah yang terlintas di dalam pikiran anda saat mendengar kata Bogor ? Kota ini di Indonesia terkenal diberi julukan sebagai kota hujan. Julukan ini sebenarnya mengacu kepada curah hujan di kota ini rata-rata cukup tinggi. Sehingga tidak mengherankan apabila kota ini mendapatkan julukan seperti itu. Pada zaman dahulu kota ini lebih dikenal sebagai wisata pendidikan sebab ada beberapa universitas ternama yang berdiri di kota ini. Jika suatu hari anda sedang berkunjung ke kota ini maka jangan lupa pulangnya untuk berburu buah tangan khas di kota hujan. Jangan bingung-bingung melakukannya karena tersebut di bawah ini kami rekomendasikan beberapa pilihan tepat untuk anda bawa pulang sebagai oleh-oleh khas kota Bogor buat keluarga tercinta.

Apakah yang terlintas di dalam pikiran anda saat mendengar kata Bogor ? Kota ini di Indonesia terkenal diberi julukan sebagai kota hujan. Julukan ini sebenarnya mengacu kepada curah hujan di kota ini rata-rata cukup tinggi. Sehingga tidak mengherankan apabila kota ini mendapatkan julukan seperti itu. Pada zaman dahulu kota ini lebih dikenal sebagai wisata pendidikan sebab ada beberapa universitas ternama yang berdiri di kota ini. Jika suatu hari anda sedang berkunjung ke kota ini maka jangan lupa pulangnya untuk berburu buah tangan khas di kota hujan. Jangan bingung-bingung melakukannya karena tersebut di bawah ini kami rekomendasikan beberapa pilihan tepat untuk anda bawa pulang sebagai oleh-oleh khas kota Bogor buat keluarga tercinta.

1/ Strudel

Makanan pertama wajib anda bawa pulang ketika berkunjung ke Bogor adalah strudel. Mungkin nama makanan yang satu ini belum cukup familiar bagi anda dalam hal rupa dan bentuk makanan yang satu ini. Ini sebenarnya merupakan perpaduan sempurna antara pastri dan juga asinan yang rasanya sangat lezat yaitu pastry membungkus asinan untuk kemudian dipanggang dengan sempurna yang mampu menggugah selera makan anda. Oleh-oleh khas Bogor yang pertama ini diproduksi oleh toko makanan yang dikelola oleh keluarga Shireen Sungkar yang meskipun masih baru namun sensasinya sudah sangat menggugah selera. Buah-buahan segar sebagai asinan yang dipotong kotak-kotak kemudian dibungkus kulit pastri yang lembut membuat makanan ini sangat cocok disantap saat sedang bersantai. Warna segar dari asinan ditambah dengan kelembutan pastri menyebabkan camilan ini semakin menggugah selera makan anda yang bisa juga diberikan kepada anak-anak.

2/ Lapis Talas

Talas adalah merupakan salah satu komoditas umbi-umbian yang banyak dijumpai di kota Bogor. Tanaman umbi ini mempunyai rasa yang khas membuat umbi yang satu ini wajib untuk dicicipi jika secara kebetulan anda sedang berkunjung ke kota Bogor. Kue lapis talas terbuat dari bahan utama yaitu umbi talas dimana banyak dijual di toko-toko makanan dengan harga per kotaknya Rp.50.000. Rasanya khas dengan tampilan warna yang cantik menyebabkan kue ini banyak memiliki peminat sehingga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk orang-orang yang ada di sekitar anda.

3/ Keripik Pisang Kepok 

Pastilah anda sudah cukup familiar dengan jajanan yang satu ini, namanya adalah keripik pisang. Keripik yang bahan utamanya terbuat dari pisang kepok yang setengah matang ini diiris tipis-tipis dan digoreng garing dan kering menyebabkan makanan ini menjadi khas bertekstur renyah. Sangat mudah menemukan makanan ini dimana-mana di seputaran kota Bogor seperti di mall-mall atau toko-toko makanan.

4/ Asinan

Asinan Bogor merupakan salah satu makanan khas kota Bogor yang sejak dahulu sudah sangat populer. Kepopuleran asinan ini menyebabkan siapa saja menyukainya. Bahan utama membuat kudapan ini adalah sayuran dan juga buah-buahan segar yang direndam dalam bumbu berkuah segar membuat asinan ini menjadi salah satu makanan yang wajib untuk anda cicipi ketika berkunjung ke Bogor dan bisa dibawa ke rumah sebagai oleh-oleh. Rata-rata asinan dikemas dalam wadah yang terbuat dari plastik tebal dimana kuah asinan dikenal bercita rasa pedas merupakan rasa yang ditimbulkan dari cabe merah yang jumlahnya cukup banyak. Meskipun rasanya terlalu pedas, dijamin anda bisa ketagihan untuk menghabiskan sekotak asinan Bogor yang kini sangat terkenal dan menyehatkan karena terbuat dari sayuran dan buah segar.

5/ Bika

Jika di kota Medan terkenal oleh-oleh khas Medan berupa bika ambon maka ketika anda berkunjung ke Bogor wajib mencoba bika khas kota ini yang terbuat dari umbi talas. Bika bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bogor yang bisa anda bawa pulang buat dibagi-bagikan kepada keluarga di rumah. Rasa kue bika ini sangat kuat umbi talasnya bisa menjadi alternatif pilihan buat anda yang menggemari ragam olahan makanan dari talas.

Bika dikemas dalam bentuk box yang dalam satu kotak berisikan 10 potong bika yang terdiri dari beberapa varian rasa antara lain nangka, talas, coco pandan, cokelat dan green tea. Kesemuanya bisa anda jadikan sebagai pilihan sesuai dengan kesukaan masing-masing yang masing-masing rasanya sangat nikmat sebagai kudapan ringan teman ngeteh atau ngopi.  

6/ Roti Muli

Saat pertama kali melihat bentuk roti ini pastilah anda akan mengira bahwa ini adalah pisang. Anda salah, roti ini adalah murni roti bolu yang dibuat dengan memakai cetakan berbentuk pisang kemudian diberi warna menyerupai pisang matang. Roti ini dikemas dalam kemasan satuan sehingga praktis dibawa kemana-mana bagi anda yang mau membawanya sebagai oleh-oleh khas kota Bogor.

Kue ini mempunyai rasa bolu yang menyengat disertai dengan wangi cream yang melelh di mulut saat anda mencobanya, menjadikan roti ini sebagai salah satu makanan wajib harus anda cicipi ketika anda berkunjung ke Bogor. Kelezatannya sanggup mengalahkan wanginya buah pisang matang yang sangat menggoda.

7/ Ambrosia

Satu lagi oleh-oleh khas Bogor yang kekinian yaitu namanya ambrosia. Ambrosia adalah sebuah nama untuk produk pastri berupa pie ukuran jumbo yang mempunyai isian cukup beragam. Pie ini dipanggang hingga benar-benar matang dengan sempurna kemudian diberikan isian berupa fla yang menjadi ikon makanan ringan ini dan bisa anda bawa pulang sebagai oleh-oleh khas kota Bogor.

Pie ambrosia cocok sebagai kue ulang tahun dimana tersedia beberapa varian toping yang spesial seperti toping oreo, toping cokelat, dan beragam toping lainnya rata-rata mempunyai cita rasa lezat. Ukuran yang besar mengharuskan anda wajib memotongnya terlebih dahulu supaya bisa menikmati bersama dengan anggota keluarga.

8/ Kacang

Kacang khas kota Bogor ini bisa anda pilih sebagai oleh-oleh saat anda melakukan kunjungan ke Bogor untuk beragam keperluan. Kacang ini mempunyai rasa yang istimewa.

Keistimewaan dari kacang ini adalah kacang diolah dengan cara di oven tanpa di goreng. Tentu saja hasilnya menjadi bercita rasa lebih gurih dan menyehatkan tubuh meskipun dimakan dalam porsi besar. Kacang Bogor sangat populer di seputaran kota ini sebagai oleh-oleh khas yang wajib untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Dalam satu kantong plastik ukuran sedang, kacang ini dihargai per bungkus Rp.17.000. Rasanya sangat istimewa yaitu ada rasa keju, rasa balado, hingga rasa barbeque yang sangat istimewa. Disertai dengan kemasan yang elegan menyebabkan kacang ini ramai diburu pengunjung.

9/ Makaroni Panggang

Makanan terakhir yang wajib anda coba ketika berkunjung ke kota Bogor adalah macaroni panggang. Makaroni merupakan pasta kering yang memiliki tekstur garing dan renyah. Sajian makaroni ini dimasak dengan cara dipanggang agar memiliki tekstur yang diinginkan dan rasa yang sangat enak. Didukung oleh penampilan yang sangat menggugah selera makan siapa saja yang menyantapnya sebagai camilan ringan, dimana ketika dipotong-potong terlihat kejunya akan meleleh dan siap dimasukkan ke mulut. Memiliki ciri khas rasa daging, keju dan macaroni yang dipanggang menyebabkan semakin mantap di mulut. Cocok dijadikan sebagai makanan pembuka sebelum menyantap makanan utama.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai oleh-oleh khas Bogor yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca artikel ini.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 37
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel