Oleh-Oleh Khas Makassar

15 Apr 2021 15:30 174 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sejak dahulu kota Makassar merupakan salah satu kota yang cukup terkenal akan wisata kulinernya. Salah satu oleh-oleh khas Makassar yang paling terkenal adalah berupa olahan makanan dan minuman yang dikemas cantik dan apik dalam wadah seperti kantong-kantong plastik, kotak atau botol.

Sejak dahulu kota Makassar merupakan salah satu kota yang cukup terkenal akan wisata kulinernya. Salah satu oleh-oleh khas Makassar yang paling terkenal adalah berupa olahan makanan dan minuman yang dikemas cantik dan apik dalam wadah seperti kantong-kantong plastik, kotak atau botol.

Meskipun menjadi salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia, khususnya di bagian timur Indonesia, kota Makassar terkenal dengan adat Bugisnya yang sangat kental. Mungkin inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang suka berkunjung ke kota ini untuk beragam alasan seperti berwisata, sekedar mengisi hari libur, urusan bisnis hingga ada yang merantau di kota ini. Nah apapun yang menjadi alasannya, pastilah anda akan merasa ingin pulang ke tempat asal dengan membawa oleh-oleh khas kota Makassar sebagai buah tangan untuk keluarga dan orang-orang terdekat.

Selain terkenal akan oleh-olehnya yang khas, ada beberapa tempat di kota ini yang menjadi favorit pengunjung untuk disinggahi setiap berkunjung ke kota Makassar seperti Pantai Losari merupakan salah satu icon tempat wisata yang sangat terkenal.

Nah erat hubungannya dengan penjelasan dari kami tersebut di atas, di bawah ini kami berikan beberapa rekomendasi oleh-oleh yang mudah ditemukan di seputaran kota Makassar antara lain sebagai berikut :

1/ Baruasa

Apakah anda merasa asing dengan kuliner oleh-oleh yang satu ini ? Namanya adalah baruasa yaitu sejenis kue tradisional khas suku Bugis yang terbuat dari bahan utama campuran tepung beras, kelapa dan telur. Anda wajib menjadikan baruasa sebagai oleh-oleh karena makanan ini hanya bisa anda jumpai di banyak sudut kota Makassar hingga toko-toko kue dan mall-mall seputaran kota Makassar.

2/ Otak-Otak Ikan Tenggiri

Dari namanya saja anda pasti merasa ngiler dengan makanan yang satu ini. Oleh-oleh yang kerap dijumpai di pasar-pasar tradisional ini namanya otak-otak bandeng atau otak-otak ikan tenggiri. Makanan olahan ini dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar dan merupakan pilihan terbaik apabila anda membelinya sebagai oleh-oleh yang khas berbau tradisional.

Di sepanjang Pantai Losari anda bisa dengan mudah menjumpai salah satu kuliner khas kota Makassar yang sangat terkenal di seputaran kota. Disantap dengan dicocol saos sambal kacang super pedas, jika anda ingin mendapatkan otak-otak ikan tenggiri dengan cita rasa asli khas kota Makassar ini maka datanglah ke Jalan Kijang dimana di sini berdiri kios makanan otak-otak tenggiri Ibu Elly atau toko makanan yang berada di Jalan Lasinrang dengan otak-otak ikan tenggiri khas Ibu Sanny.

3/ Bannang-Bannang

Sebagai orang yang menetap di luar kota Makassar tentulah terasa asing sekali dengan makanan yang satu ini dikenal dengan nama khas yang unik yaitu bannang-bannang. Disebut dengan nama bannang-bannang karena mempunyai bentuk yang menyerupai benang kusut yang dilipat-lipat. Bannang-bannang bercita rasa sangat manis dan legit sehingga cocok sekali dimanfaatkan sebagai teman ngeteh atau ngopi. 

4/ Kue Kurma

Meskipun kue ini tidak terbuat dari bahan kurma atau tidak memakai toping dari buah kurma namun diberi nama sebagai kue kurma karena proses pembuatan kue yang dibalut dengan karamel sehingga tampilan luarnya menyerupai buah kurma ditaburi dengan cincangan kacang. 

Di dalam kue terdapat tambahan berupa pasta kacang yang rasanya manis dan sangat gurih. Jika anda penasaran dengan yang namanya kue kurma ini maka silahkan mengunjungi kota Makassar untuk membelinya yang bisa ditemukan di toko-toko oleh-oleh atau toko makanan.

5/ Kacang Sembunyi

Oleh-oleh khas Makassar selanjutnya adalah camilan yang kini sangat populer di seputaran kota Makassar yaitu diberi nama kacang sembunyi. Namanya unik sesuai dengan bentuk sajian ini unik tetapi menarik karena menyimpan rasa yang enak. Camilan ini terbuat dari kacang tanah yang dibalut dengan tepung berbumbu khusus sehingga memunculkan cita rasa khas dan gurih. Harganya juga terjangkau dan sangat mudah ditemukan dimana-mana sehingga pas dijadikan sebagai oleh-oleh dalam jumlah banyak. Juga kacang sembunyi tidak menggunakan bahan pengawet namun tetap saja mampu tahan lama hingga berbulan-bulan lamanya.

6/ Kopi Toraja

Yang namanya oleh-oleh pastilah sesuatu yang menjadi kesukaan anda. Nah bagi anda yang memiliki hobi minum kopi atau pecinta kopi maka bawalah kopi toraja khas Makassar sebagai oleh-oleh. Kopi Toraja ini dikenal memiliki tiga varian rasa diantaranya adalah special blend, arabica, dan robusta. Anda tinggal memilih salah satu diantaranya atau pilih semua untuk digunakan sebagai oleh-oleh khas dari Makassar buat keluarga di rumah atau orang-orang terdekat.

7/ Sirup DHT

Secara umum pisang ambon lebih banyak diolah menjadi aneka camilan atau sebagai makanan penutup usai makan besar. Namun lain halnya dengan kota Makassar karena di sini pisang ambon diolah menjadi sirup yang rasanya sangat menyegarkan. Sirup yang dihasilkan dikenal dengan nama Sirup DHT yang mana cita rasa hingga tingkat keasamannya tak pernah berubah dari masa ke masa.

Nah jika anda berkunjung ke kota Makassra maka jangan lupa untuk mencoba dan mencicipi rasa dari sirup yang terbuat dari pisang ambon ini maka dijamin anda pasti akan ketagihan.

8/ Abon Raos

Abon khas orang Bugis ini rasanya enak yang pada umumnya dijadikan sebagai lauk teman makan nasi yang sifatnya praktis. Bagi anda yang lebih senang dengan hal-hal yang sifatnya praktis, maka akan sangat cocok sekali apabila menjadikan abon ini sebagai oleh-oleh. Cita rasanya yang gurih cocok sekali dimakan dengan nasi hangat. Abon raos terbuat dari bahan daging sapi pilihan sehingga menghasilkan makanan olahan yang rasanya sangat gurih. Tidak sulit untuk menemukannya karena di setiap toko makanan atau toko oleh-oleh hingga pasar-pasar tradisional menjual abon ini dalam beragam berat.

9/ Sirup Markisa

Bukan hanya buah-buahan segar atau sirup DHT saja yang dapat anda bawa pulang sebagai oleh-oleh karena kota Makassar sejak jaman dahulu terkenal akan tempat sebagai pusat memproduksi sirup markisa yang rasanya tak kalah enak dan segar dari sirup markisa kota Medan. Sirup ini terbuat dari bahan buah markisa asli yang dicampur dengan pengawet, pewarna dan bahan-bahan kimia lainnya serta gula putih sehingga menghasilkan minuman olahan yang berkualitas dan terjamin.

10/ Kain Tenun Dan Sarung Khas Bugis

Bukan hanya makanan dan minuman saja yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Makassar, jika anda ingin memperoleh oleh-oleh sekaligus bisa difungsikan sebagai kenang-kenangan maka pilihan yang paling tepat adalah membeli kain tenun dan sarung khas suku Bugis. Kain dan sarung ini mempunyai corak dan motif yang unik namun rata-rata menarik dengan harga bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Demikian kami membahas tentang oleh-oleh khas Makassar yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tags Keluarga

About The Author

Kadek Nila Utami 21
Novice

Kadek Nila Utami

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel