Manfaat Madu

14 Apr 2021 14:20 1119 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Manfaat madu untuk kesehatan tubuh diperoleh dari kandungan nutrisi yang jenisnya beragam di dalam cairan madu. Ada gula yang menyebabkannya terasa manis, madu juga mengandung banyak sekali senyawa aktif seperti vitamin A (retinol), vitamin E (tocopherol), vitamin K, vitamin B kompleks, vitamin C serta flavonoid, asam fenolik dan karotenoid. Masing – masing kandungan tersebut ditemukan pada produk lain yang dihasilkan lebah seperti propolis.

Dikenal ada beragam manfaat madu bagi kesehatan yaitu bisa untuk meningkatkan stamina, dimana cairan manis yang diproduksi oleh lebah ini berkhasiat dalam menjaga imunitas tubuh, meredakan batuk, hingga memelihara kesehatan jantung.

Manfaat madu untuk kesehatan tubuh diperoleh dari kandungan nutrisi yang jenisnya beragam di dalam cairan madu. Ada gula yang menyebabkannya terasa manis, madu juga mengandung banyak sekali senyawa aktif seperti vitamin A (retinol), vitamin E (tocopherol), vitamin K, vitamin B kompleks, vitamin C serta flavonoid, asam fenolik dan karotenoid. Masing – masing kandungan tersebut ditemukan pada produk lain yang dihasilkan lebah seperti propolis.

 

Beragam Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Rasa manis yang dihasilkan oleh madu berasal dari kandungan gula yang membuatnya sangat bagus untuk meningkatkan stamina tubuh terutama saat anda sedang melakukan olahraga atau bekerja. Di samping itu manfaat madu yang lainnya bisa anda peroleh adalah sebagai berikut :

1/ Bisa untuk menangkal radikal bebas

Senyawa fitonutrien dan beberapa jenis vitamin di dalam cairan madu merupakan antioksidan alami yang bisa menangkal radikal bebas berlebihan dalam tubuh. Khasiat madu ini sifatnya sangat kompleks yang berguna untuk mencegah kerusakan sel – sel dan jaringan tubuh yang disebabkan oleh aktivitas oksidasi.

Manfaat madu dalam hal ini adalah memperkuat sel – sel imun tubuh, mencegah dan meredakan peradangan, mencegah reaksi alergi, serta mencegah diabetes, serangan jantung hingga kanker.

2/ Bisa untuk meningkatkan imunitas tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa senyawa fitonutrien yang terkandung di dalam madu bisa untuk memperkuat sel – sel imun di dalam tubuh. Hal ini tentunya akan memperkecil kemungkinan terjadinya penyakit infeksi, ditambah lagi madu diketahui mempunyai khasiat sebagai antibakteri dan antijamur.

3/ Bisa untuk meredakan batuk 

Rasa manis dalam madu bisa memicu produksi air liur menjadi banyak guna melembabkan tenggorokan yang kering sehingga mengurangi rasa gatal di tenggorokan yang menyebabkan anda ingin batuk – batuk. Di samping itu berbagai antioksidan di dalam madu bermanfaat untuk meredakan peradangan yang bisa memicu batuk.

Manfaat dan khasiat madu sebagai obat batuk telah lama dibuktikan keampuhannya oleh banyak penelitian kesehatan. Dari penelitian – penelitian tersebut disimpulkan bahwa madu bisa menjadi obat batuk alami yang tak kalah ampuh dari obat batuk medis yang biasanya diresepkan oleh dokter untuk dewasa dan anak – anak berusia di atas 2 tahun.

4/ Bisa untuk mempercepat penyembuhan luka

Beberapa penelitian kesehatan menjelaskan bahwa madu sangat efektif dalam mempercepat penyembuhan luka. Madu atau produk – produk yang mengandung madu seperti beeswax diketahui ampuh untuk membantu menyingkirkan jaringan yang mati, membunuh bakteri yang ada pada luka dan merangsang terjadinya pembentukan kulit baru untuk menutup luka.

Adapun beberapa jenis luka yang mungkin dapat dengan mudah disembuhkan oleh madu adalah luka bakar, lecet – lecet, dan luka diabetes. Namun sebelum memakainya pastikan kondisi madu terjamin steril.

5/ Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Sejumlah penelitian kesehatan menyebutkan bahwa madu merupakan prebiotik sehingga bisa mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Sifat madu ini dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

6/ Menjaga kesehatan jantung

Adapun senyawa fitonutrien di dalam madu diperkirakan bisa untuk meningkatkan kesehatan jantung melalui cara melancarkan aliran darah dan mencegah terbentuknya aterosklerosis. Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa madu bisa untuk menurunkan tekanan darah serta kadar kolesterol jahat dan lemak di dalam darah.

Apakah Manfaat Madu Bisa Untuk Semua Orang ?

Pada umumnya madu tergolong aman dan tidak memunculkan efek samping bagi yang mengkonsumsinya. Namun madu masih dilarang diberikan kepada bayi atau anak – anak usia di bawah 1 tahun karena beresiko menyebabkan kondisi botulisme.

Botulisme adalah kondisi keracunan yang menyerang bagian saraf tubuh dan berpotensi fatal. Ini wajib diwaspadai oleh ibu – ibu hamil yang mempunyai masalah pencernaan atau penyakit yang melemahkan sistem imun tubuh.

Satu hal yang perlu diingat adalah madu bisa menimbulkan reaksi alergi terhadap orang – orang yang memiliki alergi terhadap serbuk sari. Juga dikenal ada beberapa jenis madu yang pemakaiannya patut diwaspadai yaitu madu rhododendron atau dikenal dengan istilah madu gila / mad honey. Madu ini bercita rasa khas yaitu manis agak pahit yang berasal dari ekstraksi nectar bunga rhododendron.

Mad honey menyimpan aktivitas antiradical bebas dalam jumlah besar sehingga dipercaya memiliki manfaat sebagai obat hipertensi, obat diabetes, dan penambah gairah seksual. Tetapi madu jenis ini juga beresiko menyebabkan keracunan yang gejala awalnya yaitu muntah – muntah, diare, nyeri dada, pingsan hingga koma.

Melihat uraian kami tersebut di atas maka tak diragukan lagi manfaat madu untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Meskipun begitu konsumsi madu tidak boleh secara berlebihan mengingat cairan ini tinggi kandungan kalori dan gula. Pastikan bahwa madu yang akan anda konsumsi sudah terdaftar di BPOM RI.

Apabila anda bermaksud memakai madu untuk pengobatan penyakit tertentu yang sudah dalam kondisi parah seperti untuk menyembuhkan luka berat maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda guna memastikan keamanan dan efektivitas madu terhadap kondisi sakit anda.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai manfaat madu yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat.

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel