Memilih Tanaman Bonsai untuk Hiasan Interior

5 Apr 2021 17:00 418 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Ada beberapa macam pohon yang bisa dikreasikan jadi bonsai dalam ruang.

Ada beberapa macam pohon yang bisa dikreasikan jadi bonsai dalam ruang. Tipe pohon yang umum diputuskan masyarakat untuk jadi tanaman bonsai indoor ialah tipe Ficus Bonsai, merujuk situs Bonsaikita.

Tanaman dengan daun serupa jarum tipis ini dikenali sebagai tanaman yang gampang berkembang dan mempunyai akar yang kuat. Ficus Bonsai tolerir pada temperatur ruang yang umumnya mempunyai tingkat kelembapan yang lebih rendah dan bisa simpan air dengan jumlah banyak. Tipe tanaman ini benar-benar pas untuk pembudidaya bonsai pemula.

Kecuali tipe di atas, tipe bonsai yang lain kerap jadi tanaman hias dalam ruang diantaranya tanaman Crassula atau Jade, Carmona atau teh fukien, Schefflera Arboricola atau tanaman Walisongo, dan Sageretia atau plum manis cina.

 

Langkah Membuat Tanaman Bonsai

Tingkatan seterusnya sesudah ketahui tipe tanaman bonsai yang bagus untuk dalam ruang, Anda tinggal mengikut cara menanam bonsai yang benar dan baik. Berikut langkah membuat tanaman bonsai.

1. Peralatan Khusus Bonsai

Saat sebelum membuat bonsai, Anda harus mempersiapkan perlengkapan khusus yang khusus, seperti pot, kawat, alat ukir, gunting, dan beberapa macam tang. Siapkan perlengkapan dan beberapa bahan yang dibutuhkan untuk bikin bonsai, dimulai dari pot, tang, gergaji dahan, gergaji daun, gunting daun, kawat, perlengkapan ukir, span screw, screw clamps dan tali rafia.

Supaya memetik hasil yang optimal, alat yang dipakai sebaiknya dibuat berbahan berkualitas tinggi seperti baja hitam atau stainless steel. Cara ini penting supaya tanaman terbebas dari kerusakan. Sekarang ini sudah beberapa pilihan peralatan menjaga bonsai yang ada di toko tanaman sampai toko perlengkapan bangunan.

2. Tanah Bernutrisi

Langkah membuat tanaman bonsai seterusnya yaitu alihkan pohon bonsai ke tempat tanam yang sudah berisi tanah. Harus diingat, masing-masing tanaman bonsai mempunyai keperluan tanah yang berbeda. Supaya tanaman bonsai bisa tumbuh dengan prima, khususnya yang ada dalam ruang, bagusnya pakai tanah yang mengandung gizi tinggi.

Anda bisa memakai tanah lempung berpasir. Tipe tanah ini benar-benar bagus untuk sejumlah besar tanaman bonsai karena bisa meredam gizi dan air dan bisa menyalurkan kelebihan air dan komponen lain. Tanah lempung berpasir dapat tingkatkan perputaran oksigen pada tanaman. Pada bagian atas pot bisa juga ditambah batu-batuan kecil, pasir, kerikil dan komponen memiliki ukuran kecil yang lain untuk menahan penyumbatan pada tanah, tingkatkan perputaran udara dan percepat drainase.

3. Terkena Sinar Matahari

Contoh. Langkah membuat tanaman bonsai tumbuh secara baik ialah pastikan terkena sinar matahari yang cukup. Anda dapat meletakkannya di tingkat jendela. Sesudah ditaruh dalam pot berisi tanah, langkah membuat tanaman bonsai agar tumbuh secara baik yaitu beri supply sinar matahari yang ideal.

Walau di taruh dalam ruang, tanaman bonsai masih memerlukan konsumsi cahaya matahari untuk berkembang dan tumbuh. Ini karena sinar matahari penting pada proses fotosintesis sebagai sumber makanan dan energi pada tanaman.

Oleh karena itu, yakinkan sinar matahari masih bisa masuk di dalam ruang dan berkenaan tanaman bonsai Anda tanpa terhambat benda apa saja. Anda bisa meletakkannya di dekat jendela yang menghadap ke matahari atau pojok lain yang terima pancaran cahaya matahari.

4. Sirami Bonsai

Kecuali sinar matahari, langkah membuat tanaman bonsai agar tumbuh dengan sehat ialah teratur menyirami pohon bonsai sama air bersih dengan teratur. Tipe air yang bisa Anda pakai dapat berbentuk air sumur, air PAM sampai air hujan.

Harus diingat bonsai ialah tanaman yang bisa bertahan hidup di lingkungan kering, hingga agenda penyiraman harus juga jadi perhatian. Ini jadi penting karena bila sering disiram, bisa memacu perkembangan jamur yang bakal memunculkan kerusakan pada akar dan tangkai pohon tanaman.

Saksikan :Asal Saran Nama Tanaman Janda Berlubang dan Lidah Mertua

5. Pupuk N-P-K

Langkah membuat tanaman bonsai tumbuh baik dalam ruang ialah jaga keperluan nutrisinya. Seperti tumbuhan biasanya, tanaman bonsai memerlukan pupuk supaya terbebas dari penyakit. Tetapi, keperluan gizi masing-masing bonsai berbeda bergantung pada tipe pohon bawaan.

Pupuk bagus untuk umumnya pohon bonsai ialah pupuk N-P-K. Pupuk ini mempunyai kandungan pH imbang dan mempunyai nutrisi-nutrisi penting yang diperlukan tanaman seperti Nitrogen, Fosfor, dan Kalium. Karena itu saat sebelum beli pupuk, yakinkan info info kandungan pupuk pada cap paket. Disamping itu, mengatur agenda pemberian pupuk untuk menghindar kekurangan dan kelebihan jumlah pada tanaman.

6. Langkah Membuat Bonsai dengan Memangkas Akar dan Cabang

Langkah membuat tanaman bonsai supaya mempunyai wujud yang memikat ialah teratur memotong daun, akar, dan cabangnya. Sesudah memenuhi keperluan gizi pada tanaman, kita masuk pada tingkatan langkah membuat tanaman bonsai dalam ruang Anda mempunyai wujud yang unik dan menarik.

Dalam tingkatan ini, Anda bisa memotong beberapa cabang dan akar tanaman seperti wujud yang diinginkan. Nanti sekian hari sesudah dipotong, tangkai dan akar pohon cukup melunak dan lemas hingga gampang dibuat seperti keinginan.

Tehnik ini bisa dilaksanakan kapan pun seperti keperluan. Tetapi ada baiknya kalau pemotongan dilaksanakan secara terencana dan disamakan dengan keadaan tanaman hingga tidak mengusik pergantian bonsai Anda.

7. Teratur Menukar

Paling akhir hal yang penting diingat berkaitan langkah membuat tanaman bonsai yang baik untuk hiasan ruang ialah menukar pot bonsai secara periodik. Ini bisa Anda kerjakan secara menyaksikan perkembangan ukuran tangkai pohon dan akar pada tanaman.

Menukar pot secara periodik mempunyai tujuan untuk menahan perkembangan tangkai dan akar tanaman bonsai supaya tidak tembus keluar pot.

Dengan begitu, tanaman bisa kelihatan rapi dan elok untuk tersimpan dalam ruang. Anda bisa juga memakai pot berbahan keramik supaya berkesan eksklusif sekalian menawan. Kecuali beberapa tehnik di atas, membuat tanaman bonsai yang baik sebagai hiasan ruang bisa juga Anda peroleh dengan memperbanyak latihan tingkatkan ketrampilan.

Ini bisa Anda kerjakan secara rajin bertandang ke pameran dan acara berkaitan bonsai yang bermanfaat untuk menolong Anda tingkatkan kemampuan membuat bonsai. Atau tergabung ke komune bonsai untuk belajar dan share info sekitar tehnik membuat tanaman bonsai yang benar dan baik. Selamat mempraktikkan.

About The Author

Ahmad Fikri 9
Novice

Ahmad Fikri

Penulis Artikel Bonsai

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel